Supaya Fungsional, Begini 5 Tips Cermat Membeli CCTV Rumah yang Tepat

Sebelum membelinya, lebih baik cari website resmi dari merek CCTV tersebut

2 Mei 2021

Supaya Fungsional, Begini 5 Tips Cermat Membeli CCTV Rumah Tepat
Freepik/welcomia

Sudah bukan zamannya lagi pemasangan CCTV (Closed Circuit Television) di beberapa sudut rumah dijadikan simbol kemewahan semata.

Faktanya kini CCTV sangat berperan penting untuk menciptakan hunian tempat tinggal yang aman dan nyaman.

Menurut Broadsword Security Services, Jika rumahmu adalah korban perampokan tanpa diamankan oleh CCTV maka penyedia asuransi rumah dapat mempertanyakan klaim tersebut dan menolak mengembalikan uangmu atas kerugian apa pun.

Di mana kegunaan dari kamera keamanan tersebut, dapat difungsikan sebagai alat pencegahan dan penyelidikan tindak kriminalitas di rumah. Semua kegiatan tindak kejahatan yang terekam CCTV dapat dijadikan bukti.

Nah, dalam kesempatan kali ini Popmama.com akan memberikan 5 cara tepat membeli CCTV yang bisa membuat rumah kamu semakin aman.

Berikut ulasannya ya, Ma!

1. Mengecek review dan peringkat brand CCTV yang akan dibeli

1. Mengecek review peringkat brand CCTV akan dibeli
Freepik

Tidak sekedar canggih saja, sebelum memasang CCTV sebaiknya kamu lebih teliti.

Sebagai langkah awal kamu dapat mencari website resmi merek CCTV yang berkualitas. Lihatlah review dari para pembelinya, apakah banyak yang merasa puas atau kecewa terhadap produknya.

Kamu dapat melihat dari video review di Youtube atau media sosial lainnya. Hal ini akan membuatmu mengetahui reputasi pada produk CCTV tersebut.

Jangan lupa juga mengecek ranking brand CCTV yang akan kamu beli di internet.

Editors' Picks

2. Lihat garansi produk yang ditawarkan

2. Lihat garansi produk ditawarkan
Freepik

Sama halnya pada peralatan elektronik lainnya, perangkat CCTV juga ada kemungkinan terjadinya kerusakan selama beroperasi.

Dalam hal ini, pastikan produk CCTV yang akan kamu beli memiliki garansi. Lihatlah garansi yang ditawarkan, yakni cakupan garansi dan berapa lama garansinya.

Biasanya kamera CCTV akan digunakan untuk bisa beroperasi selama 24 jam/ hari dengan kinerja cukup berat. Oleh karenanya jangan sampai kamu membeli CCTV yang tanpa garansi.

Adanya garansi tentu akan sangat membantu jika di kemudian hari terjadi berbagai masalah pada kamera keamanan tersebut.

3. Baca spesifikasi produk CCTV secara seksama dan teliti

3. Baca spesifikasi produk CCTV secara seksama teliti
Freepik

Pada setiap produk CCTV terdapat kekurangan serta kelebihannya masing-masing, sebelum membeli jangan lupa untuk melihat keterangannya secara seksama dan teliti.

Pastikan kamu mengecek spesifikasi dari pabrikan.

Di mana spesifikasi adalah hal terpenting dalam membeli produk CCTV, hal ini untuk memastikan kamu mendapatkan kamera kemanan yang benar-benar kamu inginkan seperti resolusi gambar hingga ketajaman warna pada videonya.

Perhatikan juga, apakah produk dari CCTV tersebut memiliki kelengkapan seperti software original yang bisa diunduh atau tidak.

Dengan memastikan spesifikasi kamera CCTV yang sudah sesuai dengan keinginan, pastinya kamu akan merasa puas dan tidak merasa dirugikan.

4. Pastikan kebutuhan kamera yang akan dipasang

4. Pastikan kebutuhan kamera akan dipasang
Pexels/PhotoMIX Ltd

Tips memilih CCTV berikutnya adalah memastikan kamera keamanan yang dibeli akan ditempatkan di area mana, apakah indoor atau outdoor?

Pasalnya setiap area pemasangan berbeda perangkatnya.

  • CCTV outdoor

Biasanya CCTV di luar ruangan memiliki fitur infrared dan sudah weatherproof yang disertai topi kamera untuk menahan berbagai cuaca maupun air seperti seri IP 66/IP67. Kamera outdoor juga lebih bisa mereduksi cahaya matahari.

  • CCTV Indoor

Jika memang pemakaian untuk di dalam ruangan, kini pilihan jenis kameranya lebih banyak dan sudah dilengkapi dengan infrared maupun teknologi ICR (IR CUT Filter). Teknologi ICR tersebut otomatis akan merubah warna gambar dan video yang dihasilkan berwarna hitam putih terang.

5. Periksa ketahanannya dengan melihat demo CCTV yang akan dibeli

5. Periksa ketahanan melihat demo CCTV akan dibeli
Unplash/Paweł Czerwiński

Untuk memastikan kamera kemanan yang kamu beli berkualitas baik, maka kamu harus memeriksa ketahanan kamera CCTV tersebut.

Kamu bisa mengecek IP (Ingress Protection) rating produk tersebut. Standar internasional ini digunakan untuk menilai ketahanan barang terhadap sentuhan tangan, debu, benturan, bantingan maupun air.

IP rating yang baik ialah berisi dua nomor seperti IP 22, itu artinya tahan dari peecikan air.

Jangan ragu untuk meminta pada sang toko atau vendor tersebut untuk melakukan demo produk langsung hasil dari rekaman CCTV.

Itulah 5 tips memilih CCTV untuk rumah agar tidak mengalami kerugian saat memasangnya. Jangan lupa menghitung biaya-biaya tambahan seperti pemasangan, perawatan dan lain-lain.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.