7 Fakta Pohon Tabebuya yang Indah seperti Sakura

Tidak hanya cantik, pohon ini juga multifungsi lho, Ma

29 November 2019

7 Fakta Pohon Tabebuya Indah seperti Sakura
wikimedia.org

Akhir-akhir ini, kota Surabaya sedang viral di media sosial berkat keberadaan pohon bunga yang mirip dengan bunga sakura. Beberapa foto yang beredar menunjukan pemandangan kota yang tidak kalah cantik dengan kota di Jepang.

Faktanya, “pohon sakura” yang ada di kota Surabaya tersebut adalah pohon Tabebuya, yaitu sebuah spesies tanaman asli hutan Amazon yang berasal dari Brazil.

Pohon Tabebuya memang memiliki bunga yang cantik dan rimbun. Bahkan, saking rimbunnya, pohon tersebut tampak tidak memiliki daun.

Selain membuat pemandangan menjadi cantik, pohon ini juga mampu membuat wilayah sekitarnya teduh dan rindang.

Nah, jika Mama terpesona dengan kecantikan pohon Tabebuya, Mama bisa menanamnya sendiri di rumah. Sebelumnya, simak fakta pohon Tabebuya berikut yuk, Ma.

1. Merupakan tanaman asli hutan Amazon

1. Merupakan tanaman asli hutan Amazon
123rf.com

Seperti yang telah disebutkan, pohon Tabebuya adalah tanaman asli hutan Amazon yang ada di Brazil. Tanaman yang termasuk jenis pohon besar ini dapat tumbuh hingga lebih dari empat meter lho, Ma.

Selain itu, ia termasuk pohon yang agresif. Pasalnya, tanaman ini dapat tumbuh dengan cepat. Untuk mencapai tinggi empat meter, ia hanya membutuhkan waktu 8-18 bulan.

2. Memiliki banyak nama

2. Memiliki banyak nama
staticflickr.com

Meski terkenal dengan nama ohon Tabebuya, pohon ini sendiri memiliki banyak nama lho, Ma. Sesuai jenisnya, pohon ini juga disebut sebagai pohon terompet merah muda, cedar putih, kayu putih, tecoma, dan manjack merah muda.

Nama latin tanaman ini pun beragam. Secara umum, ia dikenal sebagai Tabebuia heterophylla. Namun ada juga yang menyebutnya, Bignonia leucoxylon, Raputia heterophylla, dan Tecoma leucoxylon.

Nama-nama tersebut mengikuti spesies pohon Tabebuya yang memang beragam, yaitu sebanyak 25 spesies asli dan lebih dari 100 spesies variasi. Bahkan, peneliti masih berusaha mengklasifikasikan setiap spesies tersebut sampai saat ini.

Jangan sampai bingung ya, Ma!

Editors' Picks

3. Memiliki warna bunga yang beragam

3. Memiliki warna bunga beragam
wikimedia.org

Tidak hanya namanya yang beragam, warna bunga dari pohon Tabebuya pun sangat beragam lho, Ma. Mulai dari warna putih, merah muda, magenta, merah, kuning, dan oranye.

Umumnya, bunga-bunga tersebut akan mulai bermekaran pada bulan September dan mencapai puncaknya pad Oktober-November.

Yang perlu Mama ketahui, setiap warna menunjukan spesies pohon yang berbeda dan satu pohon hanya memiliki satu warna. Jika Mama ingin menanamnya di rumah, pilih spesies yang tepat agar mendapatkan warna yang Mama inginkan ya.

4. Tidak membutuhkan perawatan khusus

4. Tidak membutuhkan perawatan khusus
hardwoodgenomics.org

Tabebuya termasuk pohon yang mudah tumbuh dan tidak memerlukan perawatan khusus lho, Ma. Tanaman ini bahkan mampu bertahan saat cuaca kering.

Syarat utama agar tanaman ini tumbuh subur dan cepat berbunga adalah ketersediaan cahaya matahari. Oleh karena itu, menanam tanaman ini di rumah tidak akan membuat Mama repot.

Meski demikian, Mama harus tetap menjaga pertumbuhan tanaman ini karena pertumbuhannya yang cepat berpotensi merusak lingkungan sekitar. Mama harus memangkas ujung ranting pohon jika sudah terlalu melebar.

5. Bermanfaat sebagai pupuk

5. Bermanfaat sebagai pupuk
pennington.com

Kelebihan pohon Tabebuya tidak hanya terletak pada bunganya yang cantik lho, Ma. Pohon ini juga memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai pupuk.

Cara membuat pupuk dari pohon Tabebuya pun cukup mudah. Saat bunga-bunga berguguran di tanah, kumpulkan dan biarkan membusuk selama beberapa waktu. Pupuk Tabebuya pun dapat digunakan untuk menyuburkan kebun dan taman Mama.

6. Bermanfaat sebagai teh herbal

6. Bermanfaat sebagai teh herbal
Freepik

Selain sebagai pupuk, bagian-bagian pohon Tabebuya dapat diolah menjadi teh herbal untuk mengobati beberapa penyakit lho, Ma. Bunganya dapat diolah menjadi teh lapacho yang mampu mengatasi demam, flu, hingga masalah pankreas.

Pasalnya, teh yang juga dikenal sebagai teh Inca oleh penduduk asli Amerika ini kaya akan vitamin dan mineral. Ia pun tidak mengandung kafein seperti teh pada umumnya.

7. Bermanfaat sebagai bahan furnitur

7. Bermanfaat sebagai bahan furnitur
pinimg.com

Kelebihan lain dari pohon Tabebuya adalah batang kayunya yang kuat. Oleh karena itu, tidak heran banyak produsen furnitur yang memanfaatkannya untuk dijadikan lemari, kursi ataupun meja.

Bahkan, kayu Tabebuya juga bisa dimanfaatkan sebagai material lantai lho, Ma.

Itulah beberapa fakta mengenai pohon Tabebuya yang sedang viral. Ternyata, ia tidak hanya cantik tapi juga multifungsi ya, Ma. Apakah Mama tertarik untuk menanam pohon ini di rumah? Jika ada pohon ini di rumah, pasti Mama serasa tinggal di Jepang!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.