Indah dan Bermanfaat, Ini 7 Jenis Tanaman untuk Pagar Hidup

Selain menjaga keamanan rumah, pagar tanaman hidup akan membuat rumah lebih asri

3 Desember 2019

Indah Bermanfaat, Ini 7 Jenis Tanaman Pagar Hidup
stuff.co.nz

Pagar adalah salah satu komponen yang wajib ada pada rumah. Komponen ini menjaga keamanan dan privasi rumah agar tidak sembarang orang bisa masuk.

Umumnya, jenis pagar yang digunakan adalah pagar yang terbuat dari besi maupun aluminium. Keduanya memang lebih kuat dan tahan lama.

Namun, jika Mama ingin memberikan sentuhan yang berbeda pada rumah Mama, mengapa tidak mencoba memiliki pagar tanaman hidup? Selain menjaga keamanan dan privasi, pagar ini akan menambah keasrian rumah Mama sekaligus menjadi lahan penghijauan.

Bahkan, ada beberapa tanaman pagar yang mampu menyaring polusi hingga berkhasiat sebagai obat lho, Ma.

Yuk, langsung saja simak jenis-jenis tanaman yang bisa Mama manfaatkan sebagai pagar berikut:

1. Tanaman Boxwood yang mudah dibentuk

1. Tanaman Boxwood mudah dibentuk
amazon.com

Boxwood adalah salah satu tanaman pagar yang sangat populer karena memiliki beberapa kelebihan. Ia dapat tumbuh subur dan padat dengan tinggi mencapai enam meter. Penampilannya pun sangat mudah dibentuk. Mama bisa membentuknya menyerupai lingkaran atau persegi sesuai kebutuhan Mama.

Selain itu, tanaman tanpa bunga ini akan membuat rumah Mama terlihat hijau dan asri sepanjang tahun lho! Jika Mama memiliki lahan taman yang cukup luas, Mama juga bisa membuat labirin mini dengan tanaman ini.

2. Pohon Cemara Kipas yang memiliki khasiat obat

2. Pohon Cemara Kipas memiliki khasiat obat
ydhvn.com

Pohon Cemas Kipas pertama kali dibudidayakan oleh orang Eropa, namun kini ia cukup mudah ditemukan di Indonesia.

Tanaman yang tumbuh tegak dan tinggi ini dapat Mama andalkan sebagai pagar. Selain menjaga keamanan, ia juga memberikan privasi untuk rumah Mama. Tingginya sendiri dapat mencapai empat meter lho, Ma.

Selain sebagai pagar, pohon ini memiliki kelebihan lain. Daun yang ada pada pohon ini dapat dimanfaatkan untuk mengobati, batuk, demam, hingga diare. Wah, memiliki tanaman pagar sekaligus tanaman obat tentunya praktis sekali ya, Ma!

Editors' Picks

3. Tanaman Bougenville dengan bunga yang cantik

3. Tanaman Bougenville bunga cantik
plantadvice.co.uk

Tanaman Bougenville dikenal juga sebagai bunga kertas. Pasalnya, bunga tanaman ini memiliki kelopak yang sangat tipis, bahkan hampir menyerupai daunnya sendiri. Meski demikian, bunga Bougenville dijamin dapat mempercantik rumah Mama dengan warna-warnanya yang indah.

Tergantung jenisnya, tanaman Bougenville memiliki warna yang berbeda-beda, seperti warna merah muda, ungu, putih, hingga emas.

Nah, Mama dapat memanfaatkan tanaman ini sebagai tanaman pagar yang praktis. Ia mampu tumbuh subur di iklim tropis sehingga tidak membutuhkan perawatan khusus.

4. Bunga Soka Jawa untuk memberikan sentuhan lokal

4. Bunga Soka Jawa memberikan sentuhan lokal
wikimedia.org

Bunga Soka Jawa dapat tumbuh menyerupai tanaman semak dengan tinggi 120 meter. Selain itu, ia memiliki bunga berwarna merah menyala yang sangat cantik. Menjadikan tanaman ini sebagai tanaman pagar tentu akan membuat rumah Mama terlihat asri.

Selain itu, tanaman khas Jawa ini akan memberikan sentuhan lokal pada rumah Mama.

Untuk perawatannya sendiri, Bunga Soka Jawa membutuhkan intensitas cahaya dan pengairan yang cukup. Air yang digunakan untuk menyiramnya pun tidak boleh mengandung kapur. Memang terlihat rumit, tapi sebenarnya perawatan tanaman ini cukup mudah kok, Ma.

5. Lidah Mertua yang mampu menyaring udara

5. Lidah Mertua mampu menyaring udara
meadowsfarms.com

Mama tentu pernah mendengar tanaman Lidah Mertua bukan? Tanaman ini menjadi istimewa karena mampu menyaring senyawa berbahaya yang ada di udara, seperti karbondioksida, benzene, formaldehyde, dan trichlorethylene. Dengan kata lain, memiliki tanaman ini di rumah tentu akan membuat udara lebih bersih dan segar.

Nah, selain sebagai tanaman hias, Lidah Mertua dapat dimanfaatkan sebagai tanaman pagar. Ia memiliki daun tegak yang mampu tumbuh hingga 75 cm.

Jika Mama merasa tinggi tersebut tidak cukup untuk memberikan privasi, Mama bisa memberi dudukan tambahan.

6. American Holly yang populer sebagai tanaman pagar

6. American Holly populer sebagai tanaman pagar
shopify.com

American Holly atau Ilex opaca memiiki daun hijau yang lebat seperti pohon cemara. Ia mampu tumbuh tinggi hingga 20 meter. Dengan tinggi tersebut, tanaman ini pastinya akan menjadi tanaman pagar yang baik.

Faktanya, tanaman yang berasal dari Amerika Serikat ini memang sudah dikenal sebagai tanaman pagar di seluruh dunia lho, Ma.

Selain tumbuh tinggi, ia sangat diminati karena memiliki daun yang hijau sepanjang tahun. Namun, Mama harus rajin memangkas tanaman ini akan daun-daunnya tidak tumbuh berantakan.

7. Bambu Kuning untuk pagar tinggi menjulang

7. Bambu Kuning pagar tinggi menjulang
wixstatic.com

Siapa yang tidak mengenal bambu? Tanaman yang satu ini memang terkenal sebagai tanaman multifungsi dan banyak digunakan sebagai bahan bangunan maupun untuk membuat furnitur, termasuk untuk membuat pagar.

Namun, memiliki pagar dari bambu adalah hal biasa. Mengapa tidak mencoba menanam bambu sebagai pagar tanaman hidup? Apalagi tanaman ini mampu tumbuh tinggi menjulang dan rapat untuk memberikan privasi pada rumah Mama.

Nah, jika Mama tertarik, Mama dapat menggunakan bambu kuning. Dengan batang berwarna kuning menyala dan daun berwarna hijau, tanaman ini pasti membuat rumah Mama terlihat lebih cantik.

Itulah tujuh jenis tanaman yang bisa Mama manfaatkan sebagai pagar rumah. Nah, Mama bisa memilihnya sesuai kebutuhan, ketersediaan lahan, dan cara perawatannya. Pilih yang paling sesuai ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.