5 Penyebab Nasi Cepat Basi di Rice Cooker

Nasi cepat basi tidak selalu karena rice cookernya yang bermasalah

8 September 2020

5 Penyebab Nasi Cepat Basi Rice Cooker
thespruceeats.com

Kemajuan teknologi membuat semuanya menjadi lebih mudah, termasuk aktivitas rumah tangga.

Untuk memasak nasi misalnya. Mama tidak perlu lagi menggunakan dandang secara manual dan menunggu nasi hingga masak. Mama hanya perlu menggunakan rice cooker yang akan memasak nasi secara otomatis.

Meski demikian, banyak ibu rumah tangga yang mengeluh nasi yang dimasak dengan rice cooker cepat basi. Hal tersebut tentu sangat disayangkan. Selain mubazir, pengeluaran rumah tangga menjadi lebih besar karena harus membeli beras tambahan.

Sebenarnya, apa penyebab nasi di rice cooker cepat basi? Apakah karena rice cooker Mama bermasalah? Atau karena penggunaannya yang salah? Untuk menjawab rasa penasaran Mama, Popmama.com telah merangkum jawabannya.

Yuk, simak informasi berikut!

1. Kapasitas listrik yang tidak sesuai

1. Kapasitas listrik tidak sesuai
cardosoelectrical.com

Rice cooker mengandalkan listrik untuk memasak serta memanaskan nasi. Dengan listrik tersebut, rice cooker menciptakan uap panas yang mematangkan nasi.

Umumnya, rice cooker yang dijual di pasaran membutuhkan tegangan 220 V untuk bisa berfungsi dengan baik. Nah, coba perhatikan tegangan listrik di rumah Mama. Apakah sudah memenuhi?

Jika tegangan listrik di rumah Mama sering turun atau sering mati lampu, otomatis rice cooker tidak bisa berfungsi maksimal. Nasi yang dimasak pun tidak matang sepenuhnya sehingga cepat basi.

Editors' Picks

2. Rice cooker kotor karena jarang dibersihkan

2. Rice cooker kotor karena jarang dibersihkan
whatisthebestricecooker.com

Ternyata, kebersihan rice cooker juga memengaruhi daya tahan nasi lho, Ma. Apalagi jika rice cooker tersebut pernah digunakan untuk memanaskan nasi basi. Bau dari nasi basi bisa menempel pada panci rice cooker dan memengaruhi kualitas nasi yang dimasak setelahnya.

Oleh karena itu, bersihkan rice cooker secara rutin. Pastikan tidak ada sisa-sisa nasi yang menempel pada panci rice cooker. Bersihkan juga lubang untuk pengeluaran uap. Bagian ini rawan lembap dan dipenuhi kuman dan bakteri tak terlihat yang bisa memengaruhi kualitas nasi.

3. Rice cooker sudah rusak karena pemakaian yang terlalu lama

3. Rice cooker sudah rusak karena pemakaian terlalu lama
istockphoto.com

Layaknya barang elektronik lain, rice cooker memiliki jangka waktu pemakaian.

Semakin lama digunakan, kualitas rice cooker akan menurun. Ia tidak lagi bisa menghantarkan panas dengan baik sehingga nasi yang dimasak tidak matang sempurna dan cepat basi.

Nah, coba ingat-ingat sudah berapa lama Mama menggunakan rice cooker yang sama? Jika sudah terlalu lama, inilah waktu yang tepat untuk menggantinya dengan rice cooker yang baru.

4. Rice cooker tidak tertutup rapat

4. Rice cooker tidak tertutup rapat
wordpress.com

Seperti yang telah disebutkan, rice cooker memasak dan menjaga nasi tetap hangat dengan memanfaatkan uap panas yang terkumpul di dalamnya. Nah, rice cooker harus menjaga suhu uap tersebut untuk menjaga daya tahan nasi.

Oleh karena itu, coba perhatikan tutup rice cooker Mama. Apakah sudah tertutup rapat? Pasalnya, celah yang muncul akan menjadi jalan keluar masuk udara yang akan mengganggu suhu di dalam rice cooker.

Jika suhu tersebut terganggu, nasi di dalam rice cooker pun akan cepat berair dan basi.

5. Nasi tidak segera diaduk setelah matang

5. Nasi tidak segera diaduk setelah matang
pstatic.net

Daya tahan nasi tidak hanya bergantung pada kualitas dan penggunaan rice cooker lho, Ma. Kebiasaan Mama juga menentukannya. Apakah Mama terbiasa mengaduk nasi segera setelah ia matang? Jika tidak, itulah salah satu penyebab nasi Mama cepat basi.

Pasalnya, uap air yang terperangkap di antara bulir-bulir nasi tidak bisa keluar apabila tidak diaduk. Uap air inilah yang membuat nasi cepat berair dan basi. Oleh karena itu, selalu aduk nasi setelah ia matang ya, Ma!

Itulah lima penyebab nasi cepat basi di rice cooker. Hindari hal-hal tersebut agar nasi Mama lebih tahan lama ya, Ma! Sebaiknya, Mama juga menakar kebutuhan nasi harian agar tidak ada nasi yang harus disimpan dalam waktu lama. Bagaimanapun, makan nasi yang baru saja matang pasti lebih nikmat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.