Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

15 Desain Rumah Paling Ngawur, Konsepnya Bikin Tepok Jidat

Konsep rumahnya mindblowing banget nih, Ma!

17 Januari 2023

15 Desain Rumah Paling Ngawur, Konsep Bikin Tepok Jidat
Izismile.com

Desain rumah biasanya dibuat senyaman mungkin karena akan menjadi tempat tinggal. Bahkan ada yang sampai menyewa arsitek handal untuk bisa menciptakan interior yang sesuai dengan keinginan. 

Dalam membuat rumah, pekerja bangunan juga tidak bisa sembarangan karena ada berbagai hal yang perlu diperhatikan. Apabila fondasi hingga desain rumah terkesan sembarangan, maka penghuni rumah yang justru bisa kena imbasnya. 

Kira-kira apa jadinya kalau ternyata ada desain rumah punyai interior atau eksterior yang bikin pusing sendir? Kali ini Popmama.com telah merangkum kumpulan potret desain rumah ngawur yang banyak orang geleng-geleng sendiri. 

1. Apa yang salah ya kira-kira?

1. Apa salah ya kira-kira
Izismile.com

Kalau dilihat sekilas memang tidak ada yang salah ya dari desain rumah ini. Desain lantainya sudah betul sih, atau mungkin pemilik ini awalnya ingin menjadikan ruang tempat makan menjadi kamar mandi? 

Positif thinking saja, mungkin memang ada unsur ketidaksengajaan selama proses pembuatan lantai. Jadi ya, seperti ini hasilnya.

2. Konsep rumahnya 'menghirup banyak udara'

2. Konsep rumah 'menghirup banyak udara'
Izismile.com

Desain rumah yang satu ini seolah punya konsep menghirup banya udara. Satu atau dua jendela saja seolah tidak cukup, butuh banyak jendela supaya lebih mendapatkan udara yang segar untuk para penghuninya.

Jangan tanya bakal capek atau tidak ketika satu menutup begitu banyak jendela, pemiliknya pasti sudah terbiasa. Untuk yang suka udara segar, boleh banget nih membuat rumah dengan desain seperti ini.  

3. Pembatas tangga yang salah posisi

3. Pembatas tangga salah posisi
Izismile.com

Desain rumah ngawur yang satu ini bikin kita berpikir keras, apalagi saat melihat ada pembatas di bagian ujung tangga. Biasanya pembatas atau pegangan pada sebuah tangga berada di samping, namun ini justru menutupi orang yang sedang berjalan.  

Mungkin dibuat demikian tujuannya supaya ketika ada yang jatuh dari tangga bisa ditahan oleh pembatas tersebut ya, Ma. 

4. Tiang penyanggahnya menutupi pintu

4. Tiang penyanggah menutupi pintu
Izismile.com

Kalau biasanya kita melihat tiang penyanggah ada samping kanan kiri dan tidak menutupi pintu, desain rumah di foto ini justru berbeda. 

Tiang rumah yang ukurannya juga tidak kecil ini berdiri persis di depan pintu, sehingga ketika dilihat dari luar pintunya tidak terlihat sama sekali. Sepertinya cocok untuk mengurangi orang salah masuk rumah nih, Ma. 

5. Berdiri kokoh dengan banyak tiang

5. Berdiri kokoh banyak tiang
Izismile.com

Kalau yang satu ini justru kelebihan tiang di rumah nih, Ma. Mungkin dalam tahap renovasi atau memang konsepnya seperti itu. Namun, rasanya mubazir ya mendirikan tiang sebanyak itu. 

Konsepnya terlalu kreatif untuk bisa ditiru, bahkan bikin geleng-geleng sendiri.

6. Naik tangganya lewat meja dapur juga bisa

6. Naik tangga lewat meja dapur juga bisa
Izismile.com

Konsep minimalis dan tidak mau menggunakan banyak lahan rumah, jadinya semua serba dipepet untuk menghemat ruangan. Unik juga ya, bisa naik tangga lewat meja dapur. 

Siapa tahu ada yang mau mencontoh desain rumahnya, jadi nanti tidak banyak membuang space yang ada. 

Editors' Picks

7. Konsep peletakan ventilasi yang tidak simetris

7. Konsep peletakan ventilasi tidak simetris
Izismile.com

Biasanya ventilasi pada rumah tidak banyak. Berbeda dengan konsep rumah yang satu ini, rumahnya menggunakan banyak ventilasi namun dengan penempatan yang tidak sejajar. 

Duh, jadi konsep rumah ini apa ya kira-kira? Apa mungkin ini bentuk dari desain rumah yang tidak biasa? 

8. Kalau toilet seperti ini kira-kira bikin nyaman nggak, ya?

8. Kalau toilet seperti ini kira-kira bikin nyaman nggak, ya
Izismile.com

Kalau pertama kali melihatnya mungkin konsepnya seperti kamar tidur yang minimalis, namun setelah dilihat sekali lagi ini bisa dibilang terlalu minimalis. 

Toiletnya terlalu tinggi dan jaraknya sangat jauh dengan wastafel. Desain tangga juga seperti lebih bagus lagi kalau tidak digunakan. Tapi mungkin ini konsep yang sudah direncanakan oleh pemiliknya ya, Ma. 

9. Rumahnya sudah mau roboh

9. Rumah sudah mau roboh
Izismile.com

Kebayang tidak bagaimana rasanya setiap hari dihantui rumah yang mau roboh seperti ini? Kalau eksteriornya sudah terlihat bagus ya dari luar. Namun, apa memang harus miring seperti itu?

Bagaimana jadinya kalau sedang istirahat di dalam rumah, ternyata rumahnya roboh. Wah, kalau ini sepertinya harus direnovasi ulang supaya tampilannya lebih nyaman!

10. Konsep rumah bertingkat dan berwarna seperti birthday cake

10. Konsep rumah bertingkat berwarna seperti birthday cake
Izismile.com

Ternyata tidak hanya birthday cake saja yang bisa request beda warna dan bertingkat, rumah ternyata juga bisa. Contohnya seperti rumah ini dengan dua warna yang berbeda, lantai bawah berwarna merah muda, lalu lantai atas berwarna cokelat.

Hal yang membuat sedikit membingungkan, yakni tiang penyanggah tidak menyatu, sehingga terlihat ada celah di antara rumah bawah dan rumah atas. 

11. Jendela dengan teralisnya seperti tidak bersahabat

11. Jendela teralis seperti tidak bersahabat
Izismile.com

Anggap saja yang mengerjakan rumahnya pada saat itu lupa kalau jendela dan teralis harus menjadi satu. Lalu kalau dipisah seperti ini fungsi teralisnya apa dong?

Lebih baik teralisnya dilepas saja. Kalau diletakan seperti itu juga bagus, seperti pajangan dinding. Konsepnya ada-ada aja ya, Ma. 

12. Jadi fungsi pagar untuk menutup jalan?

12. Jadi fungsi pagar menutup jalan
Izismile.com

Pelajaran sederhana nih untuk kita semua yang mau membuat rumah, penting sekali untuk lebih matang dari segi konsep dan desainnya. Kalau bisa selalu diperhatikan progres pembuatannya supaya tidak ada yang kelewat.

Kalau kelewat sedikit saja bisa jadi nanti seperti yang di foto ini. Fungsi pagarnya benar-benar menutupi jalan setapak yang sudah dibuat. Ngawur sekali ya konsepnya ini. 

13. Konsep rumahnya 'siapa saja bisa melihat'

13. Konsep rumah 'siapa saja bisa melihat'
Izismile.com

Kamar mandi merupakan salah satu ruangan paling pribadi dalam sebuah rumah. Sebisa mungkin tertutup karena akan dipakai untuk mandi dan kegiatan membersihkan badan lainnya. 

Namun, mungkin untuk rumah ini konsep tertutup tidak berlaku bagi para penghuninya. Buktinya saja ruangan berkaca bening ini bisa dilihat jelas oleh siapa saja, termasuk seseorang yang sedang berdiri di tangga. 

14. Meja dapurnya terlalu minimalis

14. Meja dapur terlalu minimalis
Izismile.com

Pemiliknya bisa saja menganut gaya hidup minimalis, jadi desain meja dapurnya pun dibuat seminimalis ini. Tujuannya agar tidak banyak makan ruangan di dapur.

Tidak apa-apa, setidaknya cukup untuk meletakan satu piring dan satu gelas saat makan sendirian di atas meja yang sangat mungil itu. 

15. Definisi rumah tidak butuh kunci

15. Definisi rumah tidak butuh kunci
Izismile.com

Mungkin yang mengerjakan bangunan rumah ini sudah menggunakan smart lock, sehingga ia tidak tahu di mana harusnya letak lubang kunci itu berada. 

Kalau seperti ini berarti pemilik tidak bisa menggunakan kunci dong, karena akan terhalang oleh gagang pintu. Benar-benar ngawur ya, Ma. 

Dari beberapa potret desain rumah ngawur ini, kita bisa dapat pelajarannya bahwa untuk membangun sebuah rumah harus dipikirkan matang-matang. Ini termasuk konsep dan desain rumah itu sendiri.

Jangan sampai desain rumah yang sudah jadi justru pusing sendiri nantinya ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk