TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

6 Fakta Muezza, Nama Kucing Nabi Muhammad

Kucing kesayangan Nabi Muhammad memiliki arti nama yang indah

20 November 2022

6 Fakta Muezza, Nama Kucing Nabi Muhammad
Freepik/bedneyImages

Kucing menjadi salah satu hewan yang disayangi oleh banyak orang, tak terkecuali Nabi Muhammad SAW. Dalam Islam, kucing menjadi hewan yang istimewa. Nabi Muhammad sendiri sangat mencintai kucing dan memiliki kucing kesayangan yang diberi nama Muezza

Sebagai salah satu hewan yang sangat disayangi oleh Rasulullah SAW, Muezza hadir dengan peran yang spesial. Dalam sebuah hadis, Rasulullah melarang para umatnya untuk menyiksa dan membunuh kucing. 

Tidak diketahui jelas apakah Muezza benar-benar dipelihara oleh Rasulullah atau tidak, pada intinya keduanya memiliki hubungan yang sangat kuat. Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa fakta tentang Muezza, kucing Nabi Muhammad yang menjadi kesayangan. 

Yuk Ma, simak faktanya!

1. Nama Muezza yang memiliki makna indah

1. Nama Muezza memiliki makna indah
Unsplash/Erik-Jan Leusink

Nabi Muhammad memberikan nama kucing betina kesayangannya, yakni Muezza atau yang dalam bahasa Arab Mu'izza (معزة). Arti dari nama tersebut adalah 'yang berharga'. 

Ras Muezza masih menjadi perdebatan, ada yang menyebutkan bahwa kucing tersebut merupakan Turkish Angora dengan warna putih. Ada juga yang menyebutkan bahwa dia ialah kucing domestik. 

2. Mulai diperlihara selama pertempuran Uhud

2. Mulai diperlihara selama pertempuran Uhud
Freepik

Pada kisahnya, Muezza mulai dipelihara Rasulullah selama pertempuran Uhud. Hewan tersebut dirawatnya dengan penuh kasih sayang dan sering sekali mengelus badannya. 

Pertempuran Uhud merupakan perang kedua antara umat muslim di Madinah dan kaum Quraisy. Pertempuran tersebut terjadi pada 3 Hijriah atau 625 Masehi. 

Editors' Picks

3. Kucing merupakan hewan yang terbebas dari najis

3. Kucing merupakan hewan terbebas dari najis
Freepik/freepic.diller

Di dalam tradisi Islam, kucing dikagumi karena kebersihannya. Bahkan hewan tersebut boleh masuk ke rumah dan masjid, termasuk Masjid al-Haram. Selain itu, jilatan kucing dianggap bersih dan suci oleh Rasulullah.

Menurut hadis riwayat Imam Muslim, "Ketika Nabi Muhammad akan berwudu dihampiri oleh seekor kucing dan kucing tersebut minum di bejana tempat beliau wudu. Nabi berhenti hingga kucing tersebut selesai minum lalu berwudu." 

Dari riwayat lain, Rasulullah juga mengatakan kucing lebih suci daripada manusia, "Kucing adalah binatang yang badan, keringat, bekas sisa makanan, serta air liurnya adalah suci. Air liurnya bersifat membersihkan. Hidupnya lebih bersih dari manusia," - (HR Malik).

4. Muezza selalu mengeong ketika mendengar adzan

4. Muezza selalu mengeong ketika mendengar adzan
Pixabay/GAIMARD

Dikisahkan, Muezza sering sekali digendong dan berada tepat di atas paha Rasulullah sambil dielus badannya. Satu hal yang disukai oleh Rasulullah ialah ketika Muezza mengeong setiap mendengar lantunan azan. 

Pada kondisi tersebut seolah-olah Muezza menjawab panggilan salat yang sedang dikumandangkan.

5. Rasa cinta Rasulullah terhadap Muezza begitu besar

5. Rasa cinta Rasulullah terhadap Muezza begitu besar
Unsplash/Marta Markes

Cerita lainnya memperlihatkan rasa cinta Nabi Muhammad kepada Muezza saat kucing tersebut tidur di atas jubahnya. 

Kala itu Rasulullah memerlukan jubah tersebut untuk salat. Lantas yang Rasulullah justru lakukan adalah memotong belahan lengan jubah karena tak ingin mengganggu Muezza yang sedang terlelap.

Sepulangnya dari salat, Rasulullah melihat keadaan Muezza sudah terbangun dan langsung menghampirinya. Kemudian Rasulullah membalas untuk mengelus tubuhnya sebanyak tiga kali. 

6. Hak hidup kucing sangat dijaga oleh Nabi Muhammad

6. Hak hidup kucing sangat dijaga oleh Nabi Muhammad
Freepik

Sebagai salah satu hewan yang sangat disayangi oleh Rasulullah, hak hidup kucing sangat dijaga oleh Nabi Muhammad. Beliau mengatakan bahwa seseorang yang menyakiti kucing, kelak akan mendapatkan siksa di akhirat. 

"Seorang perempuan dimasukkan ke dalam neraka karena seekor kucing yang dia ikat dan tidak diberikan makan bahkan tidak diperkenankan makan binatang-binatang kecil yang ada di lantai," - (HR Bukhari).

Dengan begitu, seseorang Muslim dianjurkan untuk memberi minum kucing dan menyejahterakan hidupnya dan maka dia akan mendapat pahala. 

Itulah beberapa fakta tentang Muezza, nama kucing Nabi Muhammad. Dengan memelihara dan menyayangi kucing tandanya telah mengikuti salah satu teladan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad lho, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk