6 Jenis Serangga yang Muncul di Kamar Mandi dan Penyebabnya

Tak hanya karena kotor saja, Ma

21 Februari 2021

6 Jenis Serangga Muncul Kamar Mandi Penyebabnya
Pexels/Jean van der Meulen

Kamar mandi yang tidak bersih bisa jadi sarang serangga. Popmama.com mengumpulkan jenis serangga yang biasa muncul dan apa penyebabnya. 

Pernahkah Mama sebal saat masuk kamar mandi karena kerap ada serangga yang muncul? Bisa jadi ini karena Mama malas membersihkannya secara rutin. 

Saat kondisi kamar mandi kotor dan lembab, banyak serangga yang bisa datang. 

Apa saja, ya?

1. Semut

1. Semut
Pixabay/ImageParty

Mungkin Mama akan heran saat melihat kehadiran semut di kamar mandi. Biasanya, hewan ini lebih senang di dapur atau di meja makan. 

Faktanya, semut tak hanya tertarik dengan sesuatu yang manis, namun juga pada area yang lembab. Ruangan yang lembab menarik bagi beberapa jenis semut antara lain semut firaun dan semut tukang kayu. 

Mereka senang tinggal di balik dinding kamar mandi, di bawah ubin, sekitar wastafel, bak mandi, dan area shower. 

Kamu bisa menutup semua celah di dinding dan lantai kamar mandi untuk menghindari kehadiran serangga yang satu ini. Selain itu, cegah juga kebocoran air yang bisa membuat kamar mandi makin lembab dan jadi tempat favorit semut. 

2. Kecoa

2. Kecoa
Freepik/jigsawstocker

Kecoa adalah salah satu serangga yang sering terlihat di kamar mandi. Biasanya ia datang dari saluran pembuangan air di kamar mandi. 

Inilah pentingnya untuk menutup saluran dengan seksama agar tidak dimasuki kecoa. Kamar mandi yang jarang dibersihkan juga membuat mereka makin senang muncul di sana. 

Kehadirannya memang menyebalkan, namun kamu harus segera menyingkirkannya saat melihatnya di kamar mandi. Maka dari itu, penting sekali untuk menjaga kebersihan kamar mandi dan menutup saluran air dengan seksama. 

Editors' Picks

3. Kelabang

3. Kelabang
billclarkbugsperts.com

Satu lagi imbas dari kamar mandi yang tidak dijaga kebersihannya adalah dengan munculnya kelabang. Serangga ini biasanya datang dari lubang kloset atau pembuangan air. 

Ia senang dengan tempat yang bau, tidak memiliki sirkulasi udara yang baik, dan gelap. Hewan ini memiliki sungut yang bisa menyengat, jadi harap hati-hati!

Untuk menghindari kehadirannya, penting sekali untuk membersihkan kamar mandi secara rutin. Menutup lubang pembuangan air dan menutup kloset setelah menggunakannya.

4. Lalat buah

4. Lalat buah
USDA

Bingung kenapa ada serangga kecil seperti nyamuk suka muncul dan menempel di dinding kamar mandi? Itulah yang dinamakan lalat buah. 

Hewan ini biasanya hinggap di buah-buahan atau sayur-sayuran.

Penyebab kedatangannya adalah karena jalur pembuangan airnya tersambung dengan dapur. Sehingga, saat air terhambat oleh limbah organik, lalat buah akan senang datang dan berkembang biak di sana. 

Untuk menghindari kehadirannya, Mama bisa membersihkan kamar mandi secara rutin, tidak menumpuk sampah di wastafel dapur, dan menutup saluran pembuangan.

5. Ketonggeng

5. Ketonggeng
eyeem.com

Ketonggeng juga salah satu serangga yang datang dari kamar mandi. Ia memiliki bentuk gabungan seperti laba-laba dan kalajengking. Ciri khasnya adalah baunya yang menyengat, seperti bau cuka. 

Jadi jika kamar mandi Mama tiba-tiba berbau seperti cuka, maka bisa mencurigai kehadiran serangga ini.

Pada dasarnya, ketonggeng hidup di tanah yang lembab. Namun, ia bisa juga mendatangi kamar mandi yang lembab dan gelap, serta bersemayam di sana. 

Meski memiliki capitan yang terlihat mengerikan, namun sebenarnya itu tidak beracun. Walau begitu, tetap langsung buang serangga ini jika menemukannya di kamar mandi atau dalam rumah, ya!

6. Ulat kaki seribu

6. Ulat kaki seribu
youtube.com

Hewan terakhir yang suka muncul di kamar mandi adalah ulat kaki seribu. Hewan ini tidak beracun dan tidak suka kehadiran manusia. 

Meski begitu, ia senang sekali dengan tempat yang lembab. Serangga yang satu ini biasanya datang dari pipa di atas saluran got dan masuk menuju kamar mandi. 

Kesenangannya pada area yang lembab dan gelap membuat kamar mandi yang jarang dibersihkan dan tidak terkena matahari langsung jadi sasaran empuk. 

Selain membersihkan kamar mandi secara teratur, Mama juga bisa membuat suasana di kamar mandi tidak terlalu lembab. Jika tak bisa dapat akses ke sinar matahari, maka sering-seringlah membuka pintu agar sirkulasi udara di dalamnya lebih baik dan serangga enggan bersemayam di sana. 

Itulah beberapa serangga yang kerap muncul di kamar mandi. Jangan diamkan saja, segera lakukan tindakan pencegahan, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.