Rumah Rp 500 Juta Dibarter dengan Tanaman, Kok Bisa? 

Hidmat Syamsudin berniat untuk investasi, sehingga melakukan barter rumah miliknya dengan tanaman 

13 Januari 2021

Rumah Rp 500 Juta Dibarter Tanaman, Kok Bisa 
Instagram.com/creativegarden.id

Hidmat Syamsudin rela membarter rumahnya seharga Rp 500 juta dengan tanaman. Laki-laki asal Garut ini menjadikan tanaman sebagai alat tukar, lalu rela dibarter dengan rumah miliknya. 

Sebagai pecinta tanaman asal Tarogong Kidul, Garut, Hidmat mengaku hal ini dilakukan untuk investasi jangka panjang. Selain itu, ia pun sudah jatuh cinta dengan tanaman cukup lama. 

Rumah milik Hidmat dibarter oleh puluhan jenis tanaman dengan harga selangit dari seorang penjual tanaman di Depok, Jawa Barat. 

Jika Mama ingin mengetahui sedikit cerita dari Hidmat Syamsudin yang membarter rumah miliknya dengan tanaman karena berniat untuk investasi, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Editors' Picks

1. Hidmat Syamsudin ingin bersyukur transaksi barter rumah dengan tananam ini terlaksana 

1. Hidmat Syamsudin ingin bersyukur transaksi barter rumah tananam ini terlaksana 
Pexels/Madison Inouye
Ilustrasi

Ketika dihubungi oleh Popmama.com, Hidmat mengatakan sudah memiliki ketertarikan tersendiri dengan tanaman. Hal inilah yang membuat hatinya tergerak untuk melakukan transaksi barter antara rumah dengan tanaman. 

"Karena basic saya juga di tanaman, Alhamdulilah sudah berjalan hampir 3 tahun. Menurut saya lebih tukar investasi dan saya sangat bersyukur telah terjadi transaksi ini," jelasnya. 

Transaksi barter yang sangat unik ya, Ma. 

2. Jenis tanaman apa saja yang menjadi alat tukar untuk dibarter dengan rumah? 

2. Jenis tanaman apa saja menjadi alat tukar dibarter rumah 
Pinterest.com/Plants Bank
Ilustrasi

Hidmat Syamsudin menukar rumahnya dengan berbagai jenis tanaman. Tanamannya sendiri ada yang beragam ukuran dan harga juga cukup fantastis. 

Saat diwawancarai oleh Popmama.com secara eksklusif, Hidmat membeberkan jenis tanaman yang terima olehnya saat melakukan transaksi barter. Ia mengatakan jenis tanaman aroid yang diterimanya. 

Perlu Mama ketahui bahwa masyarakat awal lebih mengenai jenis aroid dengan nama philodendron dan monstera. Tanaman philodendron billietiae variegata dan king monstera variegata thai constellation telah dikoleksi oleh Hidmat. 

Selain itu, Hidmat mengatakan bahwa ada juga tanaman jenis Anthurium, Colocasia dan Aglonema. 

Terkait tren bercocok tanam dan banyak orang yang mencintai tanaman hias di tengah pandemi Covid-19 ini membuat Hidmat bersyukur. 

"Dengan tren tanaman hias saat ini apalagi di masa pandemi,  saya sangat bersyukur banyak orang yang tersadarkan untuk merawat tanaman. Hal itu juga mengingatkan saya ketika kecil sewaktu melihat orangtua saya merawat tanaman," ucap Hidmat. 

Hidmat pun berpesan kepada pembaca Popmama.com agar semoga ke depannya orang-orang bukan hanya ingin adopsi tanaman dikarenakan tren saat ini saja, melainkan bisa merawat dan mencintai tanaman mereka sepenuh hati," tutupnya. 

3. Kenapa harga tanaman bisa mahal dan bisa dijadikan salah satu cara untuk investasi? 

3. Kenapa harga tanaman bisa mahal bisa dijadikan salah satu cara investasi 
Unsplash/magali_merzougui

Tren bercocok tanam memang mulai diminati oleh banyak orang, apalagi ketika Indonesia mulai dilanda pandemi Covid-19. Menanam dan merawat tanaman seolah menjadi salah satu aktivitas baru yang diminati, sehingga bisa mengisi kegiatan selama di rumah.

Tanaman hias pun bisa menjadi sangat mahal karena adanya beberapa faktor. Selain ada tanaman yang sudah menembus pasar ekspor karena banyak diminati, faktor stok yang terbatas juga memicu ketinggian harga. 

Bisa dibilang tingginya permintaan sekaligus terbatasnya stok tanaman tertentu membuat harga semakin mahal. 

Terkait dengan tanaman yang diterima oleh Hidmat Syamsudin untuk barter dengan rumahnya pun memiliki harga tak main-main. 

Tanaman philodendron billietiae variegata termasuk jenis yang langka, namun memiliki banyak peminat. Tanaman hias ini dikenal dengan keunikan pada bagian daunnya yang bergelombang. Warnanya yang cantik pun membuat harga philodendron billietiae variegata sangat mahal. 

Sementara itu, king monstera variegata thai constellation bisa memiliki harga mahal karena tanaman ini unik. King monstera variegata thai constellation memiliki corak di bagian daun yang cantik sebagai tanaman hias, sehingga membuat sudut rumah terlihat segar. 

Corak daun pada king monstera variegata thai constellation inilah yang membuat harganya bisa sampai puluhan juta. 

Demikianlah sedikit cerita menarik dari Hidmat Syamsudin yang telah membarter rumah miliknya seharga Rp 500 juta dengan berbagai jenis tanaman. 

Sesuatu yang unik dan bisa menjadi inspirasi tersendiri untuk membeli tanaman sebagai sebuah investasi nih, Ma. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.