7 Jenis Tanaman Hias Berdaun Merah yang Unik dan Terlihat Indah

Tanaman hias ini cocok sebagai dekorasi rumah karena warnanya yang unik nih, Ma

12 Januari 2021

7 Jenis Tanaman Hias Berdaun Merah Unik Terlihat Indah
Pexels/Magova

Aktivitas bercocok tanam memang menjadi hobi yang menyenangkan, apalagi bisa menghilangkan stres atau penat setelah banyak beraktivitas. 

Tanaman tidak hanya sebagai dekorasi rumah saja, melainkan memiliki manfaat lain seperti penyaring polusi udara atau mengusir berbagai serangga. Dengan adanya tanaman, rumah juga menjadi bebas dari polusi udara dan terasa lebih segar dan sejuk.

Baik tanaman hias maupun bunga dijadikan sebagai dekorasi agar semakin mempercantik sudut-sudut ruangan di rumah. Tanaman hias berdaun hijau, ungu, bahkan merah mulai diminati oleh banyak orang. 

Tanaman hias berdaun merah memang sangat unik dan memberikan warna berbeda saat ditaruh di sudut rumah. Warnanya yang menarik dan berbeda dari biasanya mempunyai nilai tersendiri. Kira-kira tanaman hias berdaun merah itu apa saja ya, Ma?

Kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa tanaman hias berdaun merah yang cocok untuk dekorasi rumah. 

1. Fittonia

1. Fittonia
bukalapak.com

Tanaman Fittonia memiliki daun yang cukup unik karena terlihat adanya corak garis-garis. Daun dari Fittonia yang berwarna hijau dan coraknya warna merah, sehingga menjadinya unik dan memiliki ketertarikan sendiri. Tanaman hias ini berukuran kecil dan mudah dalam merawatnya di rumah. 

Tanaman Fittonia menyukai tanah yang sejuk atau lembap, namun tidak basah. Jadi, Mama bisa menyiram tanaman Fittonia dengan 25 persen air saja pada bagian atas tanaman.

Untuk pencahayaan, tanaman Fittonia tidak bisa terkena sinar matahari secara langsung karena bisa menyebabkan daun terbakar. Selain itu, Mama bisa memberi pupuk secara berkala untuk memberikan nutrisi kepada tanaman ini. Pupuk bisa diberikan satu bulan sekali, sehingga tanaman Fittonia bisa subur dan tumbuh lebat.

    2. Keladi Merah

    2. Keladi Merah
    Tokopedia.com

    Tanaman hias Keladi Merah juga cukup banyak diminati oleh banyak orang karena cantik saat ditaruh di sudut rumah. Daunnya yang berbentuk hati dan bercorak menjadi keunikan tersendiri. Tanaman hias ini memiliki banyak warna, seperti ungu, merah dan hijau.

    Perpaduan warna pada daun merah dan hijau cocok saat mencari tanaman hias yang unik. Mama bisa menaruh tanaman ini pada tempat yang mudah terkena sinar matahari secara langsung. 

    Penyiraman dilakukan setiap hari selama dua kali sehari. Pemupukan bisa dilakukan selama dua minggu sekali. Cukup mudah bukan dalam merawat tanaman hias ini, Ma?

      Editors' Picks

      3. Lili Flamingo

      3. Lili Flamingo
      Shopee.co.id

      Lili Flamingo termasuk jenis tanaman yang unik. Lili Flamingo memiliki warna yang menawan karena daunnya berwarna hijau dan merah. Tanaman Lili Flamingo juga cocok digunakan sebagai dekorasi rumah, sehingga sudut ruangan bisa semakin cantik. Selain itu, tanaman Lili Flamingo dapat melembabkan udara pada ruangan dan menjernihkan uap air.

      Perawatannya pun cukup mudah, penyiraman tanaman Lili Flamingo bisa dilakukan setiap hari pada musim kemarau. Sementar itu, saat musim hujan tidak perlu dilakukan penyiraman karena udara sudah cukup lembap. Tanaman Lili Flamingo bisa diletakan pada ruangan yang teduh, namun tetap harus terkena sinar matahari.

        4. Poinsettia

        4. Poinsettia
        Tokopedia.com

        Poinsettia atau lebih dikenal dengan nama Kastuba merupkan tanaman hias yang cukup populer. Hal ini disebabkan daunnya berwarna merah cerah sehingga membuat tanaman ini segar dan ceria. Tanaman Poinsettia cocok dijadikan sebagai hiasan pada ruangan atau halaman rumah.

        Warnanya yang menarik bisa mempercantik ruangan. Namun, tanaman ini cukup sulit dalam perawatannya. Karena membutuhkan cahaya, pupuk, dan air yang cukup. Tanaman Poinsettia membutuhkan tanah yang sejuk dan lembap.

        Jadi, Mama perlu melakukan penyiraman setiap hari dengan sedikit air, namun jangan sampai tanahnya kering. Untuk pupuk, berilaha dua minggu sekali atau sebulan sekali. Tempatkan tanaman ini dekat dengan sinar matahari. 

        5. Polkadot

        5. Polkadot
        Shopee.co.id

        Tanaman ini memiliki keunikan tersendiri karena ada corak polkadot, ada warna hijau pada daunnya yang berwarna merah. Tanaman Polkadot juga cocok dijadikan hiasan rumah, apalagi unik karena memiliki corak di bagian daunnya. Rumah atau ruangan bisa menjadi terlihat lebih segar dengan adanya tanaman ini.

        Perlu Mama ketahui bahwa tanaman Polkadot bisa tumbuh setinggi 90 cm. Dalam perawatannya juga cukup mudah, Mama bisa melakukan penyiraman setiap hari karena tanaman Polkadot menyukai tanah yang lembap. Untuk penempatan, Mama dapat meletakannya di tempat terang, namun terkena sinar matahari secara tak langsung. 

        6. Sambang Darah

        6. Sambang Darah
        Shopee.co.id

        Tanaman Sambang Darah memiliki daun yang unik, dengan warna hijau di bagian depan dan merah pada sisi belakang. Tanaman ini memiliki batang yang keras dan adaptif.

        Sambang Darah juga dikenal sebagai tanaman obat yang bersifat beracun. Namun, Sambang Darah hanya beracun bagi ikan bahkan bisa membunuhnya. Maka dari itu, tanaman Sambang Darah diharapkan tidak ditempatkan di kolam ikan. 

        Perlu diketahui bahwa tanaman ini mampu mengusir parasit. Tanaman Sambang Darah tetap bisa dijadikan sebagai tanaman hias untuk dekorasi rumah lho, Ma. 

        7. Sri Rezeki

        7. Sri Rezeki
        Shopee.co.id

        Jenis tanaman Sri Rezeki ini cukup populer di Indonesia. Warna daunnya yang unik, yakni perpaduan antara hijau dan merah membuat tanaman ini mempunyai ketertarikan sendiri. Peminat yang cukup banyak membuat harga tanaman Sri Rezeki menjadi mahal.

        Tanaman Sri Rezeki cocok digunakan sebagai dekorasi rumah karena keindahan pada warnanya. Merawatnya pun cukup mudah hanya dengan menyiram tanaman ini setiap hari. Usahakan agar untuk memberikan air secukupnya karena Sri Rezeki tidak tahan kering.

        Pemupukan bisa dilakukan selama dua minggu sekali. Lalu agar daun semakin mengkilap, Mama bisa menyemprotkan cairan leafshine pada bagian atas dan bawah daun.

        Itulah beberapa tanaman hias yang memiliki daun berwarna merah. Cocok dijadikan dekorasi rumah atau diletakan di halaman rumah nih, Ma. 

        Baca juga:

          Tanya Ahli

          Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

          Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.