7 Jenis Tanaman Hias Berdaun Ungu yang Unik dan Cantik

Mempunyai warna yang unik cocok untuk dekorasi rumah nih, Ma

12 Mei 2021

7 Jenis Tanaman Hias Berdaun Ungu Unik Cantik
Shopee.co.id

Berkebun menjadi aktivitas yang diminati semenjak Covid-19. Mulai dari tanaman hias, buah-buahan, sayuran, dan sebagainya. Tanaman hias memang bisa dijadikan dekorasi rumah agar terlihat bersih dan rapi. Berkebun atau menanam juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan lho, Ma.

Dengan adanya tanaman di rumah, udara kotor atau polusi bisa disaring oleh tanaman. Karena menanam menjadi dimintai oleh banyak orang, banyak tanaman hias yang langka dan harganya melonjak tinggi.

Tanaman hias pun juga bermacam-macam jenisnya. Bahkan warna daunnya juga berbeda-beda, ada yang hijau, kuning, merah, dan ungu. Mama bisa menanam tanaman hias sesuai selera. Warna pada daun juga bisa mempercantik dekorasi rumah dan tidak terasa monoton.

Warna ungu yang berbeda dari biasanya bisa memperindah pekarangan atau balkon rumah. Kira-kira tanaman hias apa saja yang berwarna ungu?

Nah, kali ini Popmama.com telah merangkumkan beberapa tanaman hias yang memiliki duan berwarna ungu untuk dekorasi rumah. Simak selengkapnya di bawah ini ya, Ma.

1. Lavender sangat identik dengan warna ungu

1. Lavender sangat identik warna ungu
Shopee.co.id

Seperti yang Mama ketahui, Lavender identik dengan berwarna ungu. Tanaman ini bisa menjadi hiasan rumah karena warnanya yang menawan. Selain itu, aromanya yang lembut dapat mengusir serangga seperti nyamuk.

Hal itu dikarenakan, bunga lavender mempunyai kandungan linalool dan linalyl yang tidak disukai oleh nyaman. Alasan itulah yang membuat pengharum rungan atau pengusir nyamuk sering berasal dari bahan bunga lavender.

Jadi, untuk Mama yang rumahnya banyak nyamuk, sebaiknya tanam bunga lavender. Hal ini agar populasi nyamuk menjadi berkurang dan tidak mengganggu lagi. Lavender membutuhkan campuran tanah, pupuk, kompos, dan pasir untuk menanamnya. Serta tempatkan bunga lavender yang terkena cahaya matahari.

2. Calincing Kupu-kupu (Oxalis Triangularis)

2. Calincing Kupu-kupu (Oxalis Triangularis)
Shopee.co.id

Tanaman berdaun ungu selanjutnya adalah Oxalis Triangularis juga sering disebut dengan Calincing kupu-kupu. Hal tersebut dikarenakan daunnya yang berwarna ungu dan menyerupai kupu-kupu. Bentuknya yang unik dan menawan bisa dijadikan hiasan di halaman atau balkon rumah.

Tanaman Calincing Kupu-kupu membutuhkan tanah yang lembab. Namun, bukan yang basah apalagi tempat yang super lembab. Jadi, pastikan Mama menyiramnya secara teratur dan jangan sampai tanah menjadi kering.

Jika Mama ingin menempatkan tanaman calincing kupu-kupu baiknya mendapatkan sinar matahari yang cukup agar seimbang. Hal itu dikarenakan agar warna pada daun tidak berubah dan tetap menjadi ungu.

Editors' Picks

3. Anthurium Bunga Ungu (Anthurium Cavilli Purple)

3. Anthurium Bunga Ungu (Anthurium Cavilli Purple)
Shopee.co.id

Tanaman Anthurium ini banyak diminati oleh masyarakat Indonesia karena keunikannya. Daunnya yang berwarna hijau dan bunga ungu menjadi semakin menarik perhatian banyak orang. Konon, tanaman ini dijadikan hiasan di istana saat zaman kerajaan Jawa.

Anthurium bisa tumbuh tinggi mencapai 1400 mdpl (meter dibawah permukaan laut). Tempatkan tanaman ini jauh dari sinar matahari langsung. Karena Anthurium hanya membutuhkan intensitas sinar matahari sebanyak 30-60 persen saja. Serta berikan pupuk selama tiga bulan dalam sekali.

4. Calathea Roseopicta Dottie

4. Calathea Roseopicta Dottie
Shopee.co.id

Tanaman ungu lainnya adalah Calathea.

Calathea memiliki daun yang unik karena terdapat corak atau motif. Daunnya yang berwarna hijau gelap dan dihiasi corak warna putih atau ungu. Jadi, tanaman ini memiliki kombinasi warna antara hijau, putih, dan ungu.

Tanaman Calathea Roseopicta Dottie ini ternyata cocok ditanam pada negara tropis. Namun, membutuhkan kelembapan yang pas. Jadi, Mama perlu memperhatikan banyaknya air untuk menyiram tanaman ini.

Suhu hangat juga dibutuhkan oleh tanaman Calathea Roseopicta Dottie, yaitu antara 18-23 derajat celcius. Untuk pemberian pupuk cukup dilakukan sebanyak dua bulan sekali selama ditanam.

5. Tradescantia Zebrina

5. Tradescantia Zebrina
Shopee.co.id

Tanaman Tradescantia Zebrina berasal dari Mexico Selatan dan Guatemala. Tanaman ini memiliki duan yang unik karena coraknya seperti zebra. Perpeduan antara ungu, hijau, dan putih menarik perhatian masyarakat Indonesia.

Tanaman ini juga cocok dijadikan hiasan rumah agar memperindah ruangan. Biasanya tanaman ini digantung di pekarangan rumah. Perawatan dari Tradescantia Zebrina juga terbilang mudah. Hindari meletakan tanaman ini dari sinar matahari langsung.

Jika tanaman ini terkena sinar matahari langsung maka daun akan berubah warna menjadi coklat. Tanaman Tradescantia Zebrina menyukai kelembapan sehingga siram secukupnya. Jangan sampai kebanyakan air karena akar tanaman bisa membusuk.

6. Rex Begonia

6. Rex Begonia
Shopee.co.id

Tanaman Rex Begonia memiliki daun yang unik karena perpaduan warna ungu dan hijau. Bentuknya pun seperti hati. Tanaman Rex Begonia ini cocok dijadikan hiasan ruangan karena warnanya yang berbeda dan unik.

Tanaman Rex Begonia bisa diletakan pada sudut ruangan ataupun pekarangan rumah. Perawatannya pun cukup mudah, letakan tanaman Rex Begonia ditempat teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung.

7. Keladi Ungu jadi favorit banyak orang

7. Keladi Ungu jadi favorit banyak orang
Shopee.co.id

Tanaman hias Keladi Ungu banyak diminati oleh banyak orang. Daunnya yang berbentuk hati dan bercorak menjadi keunikannya tersendiri. Selain itu, warnanya juga ungu dan hijau. Perpaduan yang bagus untuk dijadikan hiasan rumah.

Ternyata tanaman ini memiliki warna yang beragama lho, Ma. Seperti hijau, merah muda, kream, dan ungu. Tanaman ini cocok diletakan di luar rumah atau balkon. Namun, jangan diletakan pada tempat yang teduh. Hal itu dikarenakan tanaman ini hanya membutuhkan cahaya matahari tak langsung sebanyak tiga sampai empat jam sehari.

Itulah beberapa tanaman yang berwarna ungu dan bisa dijadikan hiasan di rumah. Jika Mama ingin memilikinya, segera dibeli agar tidak kehabisan dan menjadi langka.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.