5 Cara Menghadirkan Nuansa Pantai ke dalam Desain Interior Rumah

Yuk, buat suasana rumah agar terasa seperti liburan ke pantai!

31 Juli 2021

5 Cara Menghadirkan Nuansa Pantai ke dalam Desain Interior Rumah
sandandsisal.com

Pandemi Covid-19 yang tak kunjung berakhir, membuat banyak orang mendambakan liburan yang menyenangkan di pantai dengan pemandangan lautan biru. 

Semua orang suka pantai. Kita tak bisa melupakan bagaimana serunya membuat istana pasir, berjemur di bawah terik matahari sambil menyeruput minuman segar, bahkan momen saat menggelar karpet dan piknik bersama keluarga.

Nah, kini ada solusi untuk Mama dan keluarga yang merindukan suasana laut. Caranya, kita bisa menghadirkan nuansa pantai ke dalam desain interior rumah, lho! 

Penasaran bagaimana langkah-langkahnya? Kali ini Popmama.com telah merangkumnya dari berbagai sumber.

Yuk Ma, disimak inspirasinya!

1. Pilih warna-warna netral yang terinspirasi dari pantai

1. Pilih warna-warna netral terinspirasi dari pantai
dipesogroup.com

Carilah inspirasi sebanyak mungkin mengenai pemandangan pantai dan lautan. Pilih warna-warna netral seperti perpaduan biru tua dan biru muda yang melambangkan air.

Hijau mint untuk tumbuh-tumbuhan, pink pastel dari kerang mutiara, kuning yang mewakili cerahnya matahari, lalu krem dari pasir pantai.

Pertimbangkan juga untuk menggunakan teknik gradasi, mulailah dari warna utama yang tegas kemudian ke warna-warna yang lebih muda.

Editors' Picks

2. Gunakan perabotan rumah tangga yang memiliki beragam tekstur

2. Gunakan perabotan rumah tangga memiliki beragam tekstur
completely-coastal.com

Bereksperimenlah dengan bermacam-macam tekstur. Pikirkan bagaimana sensasi pasir pantai, kerang, kursi kayu, dan air saat disentuh.

Terapkan pada elemen dekorasi dan furnitur, misalnya pilih sarung bantal kursi dengan tekstur bergelombang. Bisa juga memilih furnitur dari kayu yang teksturnya mengingatkan kita pada kursi-kursi untuk berjemur di pantai.

Pertimbangkan juga untuk memilih material alami, seperti rotan, atau kayu.

3. Perbanyak tanaman hias di dalam ruangan

3. Perbanyak tanaman hias dalam ruangan
southernliving.com

Pilihlah berbagai tanaman hias cantik yang memberikan nuansa pantai. Mama bisa mencari berbagai tanaman tropis berdaun lebar yang bisa tumbuh dengan baik di dalam rumah. 

Selain mempercantik tampilan ruangan, tanaman juga dapat memurnikan udara. Rumah pun akan terasa lebih sejuk dan segar. Tempatkan beberapa jenis tanaman ke dalam pot dengan desain unik dan menarik.

4. Biarkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan

4. Biarkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan
digsdigs.com

Pantai tentunya identik dengan matahari terbit dan matahari terbenar. Sinarnya yang hangat mampu membangkitkan nostalgia. 

Pastikan rumah memiliki jendela besar agar cahaya alami bisa masuk ke dalam ruangan. Selain itu, gunakan tirai putih tipis untuk menghalau sinar matahari yang terlalu terik.

Namun, apabila tidak memungkinkan, pasanglah beberapa lampu tambahan di dalam ruangan. Pilih lampu dengan desain menarik yang bernuansa pantai. 

5. Pilih elemen dekorasi dan furnitur yang bertema pantai

5. Pilih elemen dekorasi furnitur bertema pantai
acultivatednest.com

Agar lebih menghidupkan suasana, tonjolkan beberapa eleman dekorasi dan furnitur yang sesuai dengan tema pantai.

Pilihlah furnitur seperti, sofa, ranjang, bean bag dengan bentuk unik, misalnya seperti kerang, ban untuk berenang, atau ikan-ikan lucu. 

Selain itu, untuk elemen dekorasinya bisa menggunakan wallpaper dengan gambar dan warna biru yang menenangkan. Pilih juga berbagai lukisan pemandangan pantai dan lautan.

Nah Ma, itulah beberapa cara menerapkan nuansa laut ke dalam dekorasi rumah. Semoga bisa menjadi inspirasi!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.