5 Fungsi Lain Koran Bekas untuk Keperluan Rumah Tangga 

Jika ada koran bekas di rumah, jangan dulu dibuang ya! 

27 Januari 2022

5 Fungsi Lain Koran Bekas Keperluan Rumah Tangga 
Freepik/Racool_studio

Apabila Mama dan keluarga berlangganan koran di rumah, lama kelamaan jumlahnya akan terus menumpuk dan memakan ruang cukup banyak. Daripada dibuang begitu saja, ada baiknya untuk mulai mencari tahu bagaimana cara memanfaatkannya dengan baik.  

Perlu dipahami bahwa koran bekas punya fungsi lain untuk keperluan sehari-hari di rumah, lho!Mulai dari menghilangkan bau, membersihkan perabotan hingga mematangkan buah dan sayur. 

Nah Ma, penasaran apa saja fungsi lain koran bekas? Kali ini Popmama.com telah merangkumnya dari berbagai sumber. 

Yuk, disimak! 

1. Membersihkan kaca jendela

1. Membersihkan kaca jendela
Pexels/Karolina Grabowska

Membersihkan kaca jendela dengan kain kadang hasilnya tidak terlalu bersih. Meskipun sudah digosok sekuat tenaga, masih saja ada noda yang sulit hilang. 

Untuk mengatasinya, Mama bisa menggunakan koran bekas. Kertas koran mampu menyerap kelembapan, sehingga bisa menghilangkan cairan pembersih dan busanya yang tertinggal di kaca.

Untuk hasil yang lebih baik lagi, gunakan larutan cuka dan air daripada sabun pembersih. 

Editors' Picks

2. Mengeringkan dan menghilangkan bau sepatu yang basah 

2. Mengeringkan menghilangkan bau sepatu basah 
Cleaningrva.com

Ternyata koran bekas bisa menjadi solusi untuk masalah sehari-hari, seperti sepatu yang bau karena basah kehujanan atau tidak sempat dijemur di bawah matahari. 

Caranya, cukup lapisi sepatu dengan beberapa kertas koran. Setelah didiamkan selama semalam, sepatu akan langsung kering dan bebas dari bau. Hal ini karena kertas koran memiliki sifat yang mampu menyerap air dan wangi yang tak sedap. 

3. Mematangkan buah-buahan dan sayuran lebih cepat 

3. Mematangkan buah-buahan sayuran lebih cepat 
Freepik/freepik
joker with card

Kertas koran bisa mempercepat pematangan sayur dan buah . Hal ini karena, kertas koran dapat melepaskan senyawa gas yang disebut ethylene.

Caranya, Mama bisa membungkus buah atau sayur seperti mangga, alpukat atau tomat dengan kertas koran. Tunggu beberapa saat, kemudian buah dan sayur akan matang dalam tiga hari.

4. Pembersih panggangan barbeque 

4. Pembersih panggangan barbeque 
Freepik

Untuk membersihkan panggangan barbeque, sebarkan empat lembar kertas di bagian dalam panggangan yang masih hangat. Semprotkan air secara merata sehingga seluruh kertas terendam. Tutup panggangan barbeque, diamkan selama 15 menit. 

Sekarang buka panggangan, usap semua kotoran sisa-sisa pembakaran dari panggangan dengan menggunakan kertas yang sama. Kemudian, keringkan dengan selembar kain. 

5. Membungkus barang pecah belah

5. Membungkus barang pecah belah
Freepik/rawpixel.com

Koran bekas bisa dimanfaatkan sebagai pengganti bubble wrap untuk membungkus barang pecah belah. Caranya, letakkan barang pecah belah ke dalam kotak. Bungkus barang tersebut secara terpisah, setidaknya dengan tiga lapis koran. 

Khusus untuk barang-barang seperti gelas atau guci, isinya jangan dibiarkan kosong. Isilah dengan kertas koran yang sudah di hancurkan. Dengan cara ini kita juga dapat mengurangi penggunaan plastik bubble wrap yang sulit didaur ulang. 

Nah Ma, itulah beberapa fungsi lain koran bekas yang memiliki beragam manfaat. Yuk, manfaatkan koran bekas yang ada di rumah agar tidak menumpuk jadi sampah! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk