Feng Shui Menyimpan Tanaman di Kamar Tidur, Pertanda Baik atau Buruk?

Meletakkan tanaman di kamar tidur tidak disarankan, kenapa ya?

1 Agustus 2021

Feng Shui Menyimpan Tanaman Kamar Tidur, Pertanda Baik atau Buruk
Freepik/svetlanasokolova

Berdasarkan ilmu Feng Shui, meletakkan tanaman di kamar tidur sebetulnya tidak disarankan. Hal ini lantaran tanaman perlu disiram air, sedangkan unsur air seharusnya dihindari di kamar tidur.

Unsur air yang ada pada barang-barang di kamar tidur dipercaya dapat memadamkan passion kita. Hal ini akan bikin kita kurang bersemangat setiap kali melakukan berbagai aktivitas.

Oleh karena itu, akuarium atau lukisan yang menggambarkan air sebaiknya tidak diletakkan di dalam kamar tidur. Begitu juga dengan tanaman.

Nah Ma, penasaran kenapa ilmu Feng Shui tidak menyarankan untuk meletakkan tanaman di kamar tidur? Kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa penjelasannya dari The Spruce.

Disimak ya!

1. Energi dari tanaman tidak cocok berada di kamar tidur

1. Energi dari tanaman tidak cocok berada kamar tidur
Freepik/svetlanasokolova

Tanaman merepresentasikan pertumbuhan dan getaran hidup yang kuat atau disebut dengan 'Yang'. Sedangkan, saat tidur kita membutuhkan energi yang lebih tenang, yaitu 'Yin'.

Oleh karenanya, energi dari tanaman tidak cocok untuk kamar tidur. Hal tersebut dikarenakan area ini merupakan tempat untuk kita mengistirahatkan tubuh dan pikiran yang lelah.

Selain itu, ada banyak area bagus di dalam rumah yang direkomendasikan untuk meletakkan tanaman, misalnya area Feng Shui timur dan tenggara. 

Editors' Picks

2. Tanaman mengeluarkan banyak karbon dioksida pada malam hari

2. Tanaman mengeluarkan banyak karbon dioksida malam hari
Pinterest.com/bedroom design

Pada malam hari, tanaman akan mengeluarkan karbon dioksida daripada yang mereka serap. 

Tingkat karbondioksida yang tinggi dalam darah akan memengaruhi konsentrasi dan membuat kita mudah mengantuk. Sementara, tingkat karbon dioksida yang ringan akan merangsang kita untuk tidur.

Sekilas, hal ini tampak sempurna untuk kamar tidur. Namun, semakin malam ruangan akan dipenuhi karbon dioksida, kemudian darah kita bisa memiliki konsentrasi CO2 yang sangat tinggi.

Akibatnya, laju pernapasan akan meningkat saat tidur karena tubuh ingin lebih banyak mendapatkan oksigen. Kita cenderung akan bernapas pendek-pendek, cepat dan terengah-egah. 

Perubahan pola pernapasan ini akan mengganggu tidur kita. 

3. Boleh menyimpan tanaman, namun hanya untuk kamar tidur yang berukuran luas

3. Boleh menyimpan tanaman, namun ha kamar tidur berukuran luas
Pexels/Pixabay

Apabila Mama memiliki kamar tidur berukuran luas, boleh saja untuk meletakan tanaman di dalamnya. Tenang saja, hal ini tidak akan memengaruhi pola tidur dan kualitas udara di dalam ruangan.

Untuk kamar berukuran sedang, pilihlah tanaman kecil seperti spider plant, pakis, dan bunga lili. Sementara itu, untuk kamar berukuran sangat luas boleh menyimpan pohon palem atau tanaman besar lainnya.

4. Beberapa Feng Shui kamar tidur yang baik

4. Beberapa Feng Shui kamar tidur baik
Pexels/Pixabay

Feng Shui kamar tidur yang baik, yakni dengan membuat ruangan terasa menyejukkan dan menenangkan. Selain tanaman, ada banyak cara lain untuk menambahkan Feng Shui yang bagus ke dalam kamar kita, di antaranya:

  • Membuka jendela dan memasang air purifier
  • Memposisikan tempat tidur di tengah ruangan
  • Posisikan meja di sisi tempat tidur
  • Gunakan warna-warna earth tone seperti putih pucat dan cokelat tua
  • Jangan menyimpan komputer, TV, dan peralatan olahraga dari ruangan
  • Jangan sejajarkan tempat tidur dengan pintu
  • Menutup pintu kamar tidur di malam hari

Nah Ma, itulah beberapa alasan kenapa meletakkan tanaman di kamar tidur bisa menciptakan Feng Shui yang buruk. Sebagai alternatifnya, Mama bisa menyimpan tanaman di area lain.

Semoga informasi ini bisa menjadi pengetahuan baru. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.