7 Tips Menata Kamar Mandi Sesuai Feng Shui agar Membawa Energi Positif

Kamar mandi yang tidak terawat akan mendatangkan energi negatif! 

27 Juli 2021

7 Tips Menata Kamar Mandi Sesuai Feng Shui agar Membawa Energi Positif
Pexels/Max Vakhtbovych

Berdasarkan kepercayaan masyarakat Asia kuno, ilmu Feng Shui kerap menjadi acuan saat menata interior ruangan. Feng Shui yang tepat dapat mengoptimalkan aliran energi baik di dalam rumah, bahkan kepada para penghuninya. 

Kamar mandi menjadi salah satu area yang harus diperhatikan dengan baik, terutama dalam hal kebersihan serta menata barang-barang. Pada area ini terdapat energi dari elemen air yang merepresentasikan kekayaan, kebijaksanaan serta kehidupan sosial. 

Oleh karenanya, kamar mandi yang tidak terawat dengan baik akan mendatangkan energi negatif ke dalam kehidupan kita. 

Nah Ma, berikut ada beberapa tips menata kamar mandi sesuai Feng Shui agar membawa energi positif ke dalam rumah. Kali ini Popmama.com telah merangkumnya dari the Spruce

Yuk, disimak ya! 

1. Menghemat penggunaan air

1. Menghemat penggunaan air
Pixabay/KrysMantovani

Feng Shui merupakan filosofi yang menghubungkan rumah kita dengan lingkungan dan alam sekitar. Kebiasaan dalam menghemat penggunaan air di kamar mandi akan menciptakan energi positif. 

Kepedulian kita dalam mengelola sumber daya alam dengan bijak akan mengalirkan energi positif, bahkan ke seluruh aspek kehidupan. Ini terutama kehidupan sosial di sekitar kita. 

Cobalah mulai terapkan kebiasaan hemat air dengan tidak berlama-lama mandi, memasang perangkat untuk menghemat penggunaan air, bahkan memperbaiki apabila ada kebocoran. 

2. Selalu tutup kloset duduk apabila tidak dipakai 

2. Selalu tutup kloset duduk apabila tidak dipakai 
Freepik/Mrsiraphol

Kloset berfungsi sebagai tempat pembuangan kotoran dan air. Area ini dikaitkan dengan energi negatif dalam Feng Shui, oleh karenanya kloset duduk harus selalu ditutup.

Tutuplah saat sedang tidak digunakan. Kebiasaan sederhana ini juga dapat mengurangi kelembapan di kamar mandi yang menjadi tempat pertumbuhan jamur dan lumut. 

Editors' Picks

3. Usahakan menjaga agar pintu kamar mandi tetap tertutup 

3. Usahakan menjaga agar pintu kamar mandi tetap tertutup 
Freepik/Mrsiraphol

Mirip dengan dudukan toilet, pintu kamar mandi juga sebaiknya harus selalu ditutup. Apabila dibiarkan terbuka, energi baik yang ada di dalam rumah akan terserap ke kamar mandi dan mengalir ke saluran pembuangan. 

4. Atur letak kloset agar tidak terlihat dari luar 

4. Atur letak kloset agar tidak terlihat dari luar 
Freepik/lifeforstock

Jika memungkinkan, sembunyikan letak kloset secara visual untuk menciptakan Feng Shui yang baik. Apabila Mama berniat merenovasi kamar mandi, coba pastikan agar dudukan kloset tidak terlihat dari luar saat pintu terbuka. 

Alternatif lainnya, Mama bisa memasang sekat di sekitar kloset atau membiarkan pintu kamar mandi selalu tertutup. 

5. Jangan meletakkan cermin di depan kloset

5. Jangan meletakkan cermin depan kloset
Pexels/Christa Grover

Sebaiknya jangan letakkan cermin besar berhadapan dengan kloset, sebab hal tersebut dipercaya bisa memperbanyak energi negatif dari kloset tersebut.

Oleh karena itu, letakkan cermin pada sisi kamar mandi yang posisinya tidak berseberangan dengan kloset. Untuk mengisi kekosongan di depan cermin, maka Mama bisa menempatkan kabinet atau rak gantung. 

6. Rapikan produk perawatan tubuh yang ada di kamar mandi 

6. Rapikan produk perawatan tubuh ada kamar mandi 
Pexels/Sarah Chai

Periksa secara teratur produk perawatan tubuh yang ada di kamar mandi seperti kosmetik, perlengkapan mandi atau obat-obatan. Singkirkan produk yang sudah kedaluwarsa atau tidak lagi diperlukan oleh Mama dan keluarga. 

Berdasarkan ilmu Feng Shui, apa yang kita simpan di rumah memengaruhi tingkat kesehatan dan kesejahteraan seseorang.

Oleh karenanya, cobalah mulai singkirkan sampah-sampah yang ada di kamar mandi. Perlu diingat bahwa sampah bisa mengundang energi negatif

7. Lakukan pembersihan secara menyeluruh dengan rutin 

7. Lakukan pembersihan secara menyeluruh rutin 
Rawpixel

Berdasarkan Feng Shui, kamar mandi yang bersih dapat mengurangi penumpukan energi negatif. Oleh karenanya, pastikan agar ruangan ini selalu higienis. Buatlah jadwal untuk melakukan pembersihan secara menyeluruh dengan rutin, misalnya seminggu sekali. 

Selain itu, gunakan produk pembersih yang ramah lingkungan dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Alternatifnya, Mama bisa membuat cairan pembersih dari bahan-bahan alami. 

Nah Ma, itulah beberapa tips menata kamar mandi sesuai Feng Shui. Semoga menjadi inspirasi! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.