10 Rekomendasi Tanaman Semak Harum yang Cocok Ditanam di Halaman Rumah

Yuk, percantik tampilan rumah dengan tanaman semak!

5 Januari 2022

10 Rekomendasi Tanaman Semak Harum Cocok Ditanam Halaman Rumah
Freepik/gpointstudio

Selain bisa mempercantik tampilan rumah, ada beberapa jenis tanaman hias yang berfungsi sebagai aroma terapi. Wanginya yang khas dan menyegarkan bisa memberikan aura positif bagi orang-orang yang menciumnya. 

Ada banyak jenis tanaman hias dengan aroma wangi yang semerbak. Bentuknya bisa berupa semak, perdu (tumbuhan berkayu kecil) atau pohon. Jika Mama ingin tanaman wangi yang cocok untuk menghiasi pekarangan rumah, pilihlah jenis semak harum berikut ini.

Nah Ma, penasaran apa saja jenis tanaman semak yang beraroma harum? Kali ini Popmama.com telah merangkumnya dari The Spruce.

Disimak ya!

1. Mawar

1. Mawar
Pixabay/subak214

Mawar dikenal sebagai salah satu tanaman yang memiliki bunga beraroma wangi. Tanaman ini cocok untuk menghiasi halaman rumah, biarkan semak-semaknya tumbuh di sekitar pagar. Meski begitu, tidak semua jenis mawar memiliki aroma yang harum.

Pilihlah spesies mawar Rosa At Last, jika ingin bunganya wangi saat mekar. Tanaman ini mudah tumbuh, tahan penyakit, memiliki bunga ganda, bahkan bisa mekar untuk waktu yang lama.

2. Lilac

2. Lilac
Freepik/wirestock

Bunga lilac bisa menjadi pilihan untuk halaman rumah yang cantik. Lilac jenis Syringa vulgaris merupakan spesies tanaman semak yang beraroma harum. Tanaman ini paling baik tumbuh di bawah sinar matahari penuh dan tanah yang subur.

Ada beberapa jenis warna dari bunga lilac, di antaranya biru, ungu dan putih. Tanaman ini biasa dijadikan sebagai bahan baku parfum karena aromanya yang wangi. Lilac bisa tumbuh hingga ukurannya mencapai 6 meter.

3. The Korean spice viburnum

3. The Korean spice viburnum
Gardeningknowhow.com

The Korean spice viburnum merupakan semak-semak berdaun sedang yang menghasilkan bunga indah dan harum. Aromanya sangat manis, seperti campuran madu dan vanilla. Tanaman ini paling cocok tumbuh di bawah sinar matahari penuh atau agak teduh.

Saat mulai tumbuh, bunganya masih kuncup dan berwarna merah muda. Kemudian setelah mekar akan berubah menjadi warna putih dengan sedikit warna merah muda. 

4. Daphne

4. Daphne
Gardenclinic.com.au

Daphne adalah salah satu semak yang harum. Bunganya berbentuk lonjong berwarna putih hingga merah muda. Salah satu spesies bernama Carol Mackie banyak dipilih karena tampilan daunnya yang cantik. 

Daphne merupakan pilihan yang tepat untuk Mama yang memiliki pekarangan kurang luas. Tanaman ini bisa mencapai tinggi sekitar 3 kaki. Sebaiknya,  simpan di bawah sinar matahari parsial hingga teduh parsial.

Editors' Picks

5. Purple-Leaf Sand Cherry

5. Purple-Leaf Sand Cherry
Garden.org/pixie62560

Purple-Leaf Sand Cherry (Prunus x cistena) merupakan salah satu jenis tanaman semak memiliki bunga yang harum. Tampak daunnya yang berwarna ungu kemerahan serta bunganya berwarna merah muda pucat. 

Tanaman ini bisa tumbuh hingga mencapai tinggi seperti pohon sekitar 14 kaki, tetapi banyak yang memilih untuk tetap memangkasnya menjadi semak-semakan berukuran 5 hingga 7 kaki.

Tempatkan tanaman ini di area yang terkena sinar matahari penuh, beri drainase yang memadai dan pastikan untuk melakukan penyiraman secukupnya. 

6. Andromeda

6. Andromeda
Gardeningknowhow.com

Andromeda (Pieris japonica) termasuk spesies tanaman yang biasanya tumbuh di pegunungan sebagai semak-semak. Tanaman ini berasal dari Cina, Taiwan serta Jepang.

Namun, kebanyakan orang beranggapan bahwa aromanya terlalu manis. Andromeda bisa tumbuh mencapai 6 hingga 8 kaki. Tempatkan tanaman ini di area dengan matahari yang teduh.

7. Bunga Terompet

7. Bunga Terompet
Bhg.com

Bunga terompet atau brugmansia merupakan salah satu tanaman semak dari daerah tropis. Semak ini menghasilkan bunga berbentuk terompet dengan ukuran besar yang wangi. Ia bisa tumbuh hingga beberapa kaki jika diberi pupuk kompos dan air yang cukup.

Namun semua bagian tumbuhan ini, mulai dari akar hingga bunganya mengandung racun yang mematikan. Oleh karenanya, sebaiknya tanaman ini dijauhkan dari anak-anak dan hewan peliharaan

8. Mock Orange

8. Mock Orange
Gardenerspath.com

Mock orange atau yang lebih dikenal dengan Philadelphus merupakan salah satu jenis semak-semak yang cocok ditanam di pekarangan rumah. 

Dinamai "mock orange" mengacu pada salah satu spesies bunganya yang terlihat agak mirip dengan jeruk dan lemon. Selain itu, bunga ini memiliki aroma citrus yang menyegarkan.

Tanaman ini memiliki kebutuhan air rata-rata dan akan tumbuh paling baik di bawah sinar matahari penuh hingga teduh parsial.

9. Privet

9. Privet
Thetreecenter.com

Privet (Ligustrum) merupakan tanaman semak favorit keluarga untuk dibuat sebagai pagar atau sekat pembatas. Sebagian besar jenis privet menghasilkan bunga berwarna putih yang harum dan juga buah beri hitam.

Jika tidak dipangkas, privet bisa itumbuh mencapai 4 hingga 15 kaki. Namun, apabila Mama tak ingin ukuran tanaman yang sebesar itu di halaman rumah, segera pangkas setelah berbunga.

10. Kacapiring

10. Kacapiring
Kebunpedia.com

Kacapiring atau Gardenia jasminoides merupakan salah satu tanaman semak yang cocok tumbuh di pekarangan rumah. Bunganya berwarna putih dan beraroma wangi. Permukaan daunnya berwarna hijau tua, licin dan mengkilap.

Tanaman ini bisa tumbuh di bawah naungan pohon-pohon besar. Pilihlah lokasi dengan kelembaban tinggi dan sinar matahari yang cukup untuk menanam kacapiring. Selain itu, jika Mama ingin menanam bunga ini di dalam ruangan, bisa menggunakan media pot. 

Nah Ma, itulah beberapa jenis tanaman semak beraroma harum yang cocok ada di halaman rumah. Semoga bisa menjadi inspirasi!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.