7 Tanaman Hias Berdaun Putih yang Indah dan Mempercantik Ruangan

Buruan diborong tanaman berdaun putih untuk dekorasi rumah nih, Ma

13 Januari 2021

7 Tanaman Hias Berdaun Putih Indah Mempercantik Ruangan
Pexels/Karolina Grabowska

Tanaman hias memang cocok dibeli untuk dekorasi rumah, sehingga bisa memperindah sudut ruangan. Kehadiran tanaman di rumah pun bisa membantu udara menjadi lebih segar, sejuk dan bersih. 

Bercocok tanaman serta mengatur tata letak tanaman hias menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan sekaligus mengisi waktu luang.  

Tanaman-tanaman hias yang ada di rumah tanpa disadari dapat menghilangkan stres dan menyegarkan mata. Apalagi warna pada daun pada tanaman hias pun bermacam-macam mulai dari warna hijau, merah, ungu bahkan putih.

Tanaman berdaun selain warna hijau memang menarik perhatian masyarakat Indonesia karena dianggap unik. Pasalnya warna hijau sudah terlalu dianggap biasa. Hal inilah yang pada akhirnya membuat banyak masyarakat mengoleksi tanaman berdaun warna-warni, termasuk warna putih. 

Popmama.com telah merekomendasikan beberapa tanaman hias berdaun putih yang cocok dijadikan dekorasi rumah.

Simak selengkapnya yuk, Ma!

1. Aglaonema Super White

1. Aglaonema Super White
Shopee.co.id

Tanaman Aglaonema Super White termasuk jenis yang memiliki daun yang unik. Jika Mama perhatikan secara detail, tanaman ini didominasi oleh warna daun yang putih.  

Warna hijau hanya terdapat pada batang, pinggiran daun dan tulang daun. Tanaman Aglaonema Super White ini cocok dijadikan sebagai dekorasi rumah karena warna yang unik. 

Cara merawatnya pun cukup mudah, Mama hanya perlu menempatkan tanaman Aglaonema Super White di luar rumah agar terkena sinar matahari langsung. Penyiraman bisa dilakukan setiap hari pada waktu pagi dan sore. Untuk pemupukannya, Mama bisa berikan setiap sebulan sekali.

2. Calathea

2. Calathea
Shopee.co.id

Calathea termasuk tanaman yang menampilkan keunikan pada daun karena bermotif seperti zebra. Perpaduan antara warna hijau dan putih membuat tanaman ini cocok dijadikan dekorasi rumah. Walau Calathea berasal dari Amerika Tropis, namun Mama bisa merawatnya dengan cara yang tepat. 

Perlu diketahui bahwa Calathea bisa ditanam di daratan tinggi maupun rendah. Untuk penempatan, tanaman ini bisa ditaruh di tempat teduh atau tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Penyiraman tanaman Calathea bisa dilakukan setiap hari pada waktu pagi dan sore dengan air yang secukupnya ya, Ma. 

Editors' Picks

3. Keladi Putih

3. Keladi Putih
Tokopedia.com

Keladi Putih memang sudah terkenal di kalangan pecinta tanaman hias. Daun yang berbentuk hati dan memiliki corak berwarna putih membuat jenis tanaman ini memiliki ciri khas tersendiri. 

Mama bisa menaruh tanaman Keladi Putih ini di tempat yang teduh, namun pastikan untuk tetap mendapatkan sedikit sinar matahari. 

Jika terkena sinar matahari terlalu sering, ini bisa membuat daun dari tanaman Keladi Putih kering karena terbakar. Terkait penyiraman, Mama bisa memberikan air apabila tanahnya sudah terlihat mengering. Pastikan untuk tidak terlalu sering disiram karena akan menyebabkan akar lebih cepat membusuk.

4. Lili Paris

4. Lili Paris
Shopee.co.id

Tanaman Lili Paris banyak diminati oleh banyak orang karena sangat cantik apabila ditaruh di salah satu sudut ruangan. 

Jika diperhatikan detailnya, tanaman ini memiliki bentuk daun yang panjang dan bermotif garis-garis. Perpaduan antara warna hijau dan putih pada tanaman ini bisa membuat rumah semakin indah. 

Tanaman Lili Paris lebih cocok digantung di halaman rumah atau balkon, sehingga perlu tata letak yang tepat. 

Cara perawatannya pun cukup mudah, Mama bisa menaruh Lili Paris di tempat teduh dan pastikan terkena sinar matahari. Siram tanaman Lili Paris setiap satu atau dua hari sekali pada saat waktu musim kemarau dan satu minggu sekali pada waktu musim hujan.

5. Spider Plant

5. Spider Plant
Amazon.com

Spider Plant termasuk tanaman hias yang bisa membantu mempercantik rumah. Tanaman ini memiliki bentuk daun yang panjang serta perpaduan dua warna. Ada warna hijau di sisi bagian dalam daun, lalu warna putih di bagian pinggirnya. 

Perpaduan warna Spider Plant yang indah membuat tanaman ini menarik perhatian banyak orang. Spider Plant juga cocok dijadikan hiasan pada ruangan, bisa ditaruh dengan cara digantung ataupun tidak.

Mama juga perlu memahami bahwa Spider Plant bisa bertahan di cuaca yang panas, namun tetap harus disiram setiap hari dengan air secukupnya. 

6. Syngonium Varigata Putih

6. Syngonium Varigata Putih
Tokopedia.com

Tanaman Syngonium Varigata dengan daun didominasi warna putih tentu memiliki keunikan tersendiri ketika menghiasi sudut rumah. Tak hanya warnanya saja yang cantik, bentuk daun dari tanaman ini juga menyerupai hati. 

Syngonium Varigata cocok dijadikan sebagai dekorasi rumah dan diletakan di berbagai sudut ruangan. Kehadiran tanaman ini akan membantu suasana lebih rileks dan segar setiap kali melihatnya. 

Cara merawat tanaman Syngonium Varigata Putih ini juga terbilang mudah. Pasalnya tanaman ini sangat menyukai cahaya matahari, sehingga Mama bisa menaruhnya di luar rumah. Pastikan tempatkan di sisi yang teduh ya, Ma. 

Terkait penyiraman, Mama bisa menggunakan air secukupnya saat pagi dan sore hari. Pemberian pupuk pupuk organik bisa disesuaikan, namun tanaman ini perlu pupuk kurang lebih dua minggu sekali.

7. Wali Songo

7. Wali Songo
Shopee.co.id

Tanaman Wali Songo memang jenis yang unik karena tumbuh secara bergerombol. Bentuk daunnya pun tumbuh seperti ibu jari ketika diperhatikan. Daun dari tanaman ini memiliki perpaduan warna hijau dan putih, sehingga sangat unik serta cantik. 

Kehadiran tanaman Wali Songo di rumah juga sangat bermanfaat, apalagi mampu menyerap polusi udara dengan baik. Pemilik tanaman ini pun akan merasa kalau udara di sekitarnya menjadi lebih bersih dan sejuk. 

Selain itu, Mama perlu mengetahui bahwa penyiraman tanaman Wali Songo bisa setiap hari pada waktu pagi dan sore. Lalu untuk pemupukan tersendiri bisa dilakukan satu kali dalam sebulan.

Itulah beberapa tanaman yang berwarna putih dan bisa dijadikan dekorasi pada rumah. Jika Mama ingin memilikinya, bisa segera dibeli agar tidak kehabisan dan menjadi langka. Kalau sudah langka harganya bisa semakin naik lho, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.