TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Tips Memelihara Hewan saat Pandemi dari Ryan Delon dan Raditya Dika

Di masa pandemi, nutrisi dan kesejahteraan hewan peliharaan tetap harus terpenuhi dengan baik

10 Agustus 2021

Tips Memelihara Hewan saat Pandemi dari Ryan Delon Raditya Dika
Instagram.com/tail_wagging raditya_dika

Di masa pandemi Covid-19 sekarang ini, hewan peliharaan ternyata berperan penting dalam kehidupan manusia. Kehadiran mereka mampu mengatasi rasa stres dan kesepian selama menghabiskan sebagian besar waktu di rumah saja.

Sayangnya, situasi pandemi membuat pemilik hewan peliharaan atau pet parents kesulitan memberikan perawatan terbaik untuk hewan kesayangannya. Pasalnya, selain memenuhi kebutuhan nutrisi dengan makanan yang sehat, kesejahteraan hewan pun harus terpenuhi. 

Sebuah studi dari University of York, England yang dipublikasikan di jurnal PLOS ONE pada September 2020 lalu, menyebutkan bahwa, kondisi pembatasan kegiatan di masa pandemi menimbulkan kekhawatiran baru di kalangan pet parents, yaitu mencakup keterbatasan aktivitas fisik hewan kesayangan, menurunnya akses terhadap perawatan hewan, hingga kemampuan hewan kesayangan dalam beradaptasi di era pasca pandemi nanti. 

Beberapa publik figur yang juga merupakan pet parents turut membagikan kekhawatiran mereka di masa pandemi ini, di antaranya Ryan Delon dan Raditya Dika.

Nah Ma, ingin tahu lebih banyak mengenai cerita Ryan Delon dan Raditya Dika saat merawat hewan peliharaan di masa pandemi? Kali ini Popmama.com telah merangkumnya dari konferensi pers virtual peluncuran Royal Canin Club, pada Jumat (6/8/2021).

Disimak, yuk!

1. Raditya Dika dan Ryan Delon berbagi cerita awal mula menjadi pet parents

1. Raditya Dika Ryan Delon berbagi cerita awal mula menjadi pet parents
Instagram.com/tail_wagging

Setiap pet parents tentunya punya kisah masing-masing yang membuat mereka akhirnya memutuskan untuk memelihara hewan. Begitu juga dengan Ryan Delon, aktor berusia 36 tahun tersebut tumbuh besar di Bali. Oleh karenanya, ia cukup sering melihat anjing liar.

Sayangnya, orang-orang di sekitarnya memperlakukan hewan dengan cara yang kurang baik. Hal ini membuatnya miris dan merasa perilaku tersebut tidak benar.

"Ada anjing masuk ke wilayah mereka terus dipukuli. Saya agak stres (melihatnya), terus saya pelihara," ujar Ryan.

Sementara Raditya Dika, tumbuh di keluarga yang terbiasa memelihara kucing. Hal ini membuat penulis sekaligus komika tersebut membawa kebiasaannya hingga dewasa.

Bahkan, setelah dikaruniai anak, ia dengan hati-hati mengenalkan kucing peliharaan pada kedua anaknya. 

Editors' Picks

2. Ada tantangan tersendiri saat memelihara hewan di masa pandemi

2. Ada tantangan tersendiri saat memelihara hewan masa pandemi
Instagram.com/raditya_dika

Selain memenuhi asupan makanan bernutrisi dan tempat tinggal yang nyaman, kita juga perlu memberi perhatian lebih pada hewan peliharaan agar kesejahteraannya terjamin.

Namun, mengingat situasi pandemi seperti saat ini, sangat sulit bagi hewan peliharaan terutama anjing untuk beradaptasi. Pada dasarnya anjing suka bergerak aktif di tempat yang luas dan terbuka. Terlalu lama berada di dalam rumah bisa membuatnya stres.

Ryan Delon mengungkapkan, "situasi pandemi, kita perlu extra effort. Apalagi anjing suka sosialisasi, harus dibawa jalan-jalan dan main,"

Oleh karenanya, Ryan sempat merenovasi rumahnya dan membuat area bermain seluas 200 m khusus untuk hewan peliharaannya. Diketahui, Ryan memiliki 5 ekor anjing dan 4 ekor kucing.

Sementara itu, Raditya Dika juga memiliki ruangan khusus untuk kucing-kucing di rumahnya. Biasanya, kucing tidak terlalu aktif bergerak. Oleh karena itu, untuk para kucing cukup sediakan area yang nyaman saja. 

3. Bagaimana cara memenuhi kesejahteraan hewan di masa pandemi?

3. Bagaimana cara memenuhi kesejahteraan hewan masa pandemi
Freepik

Penting untuk memenuhi kesejahteraan hewan peliharaan kit agar sehat dan memiliki usia lebih panjang. drh. Novi Wulandari, dokter hewan sekaligus Corporate Affairs Manager PT Royal Canin Indonesia, mengingatkan pentingnya hal-hal berikut saat memutuskan untuk memelihara hewan.

Mencukupi nutrisinya dengan makanan dan minuman, sehat, bergizi, dan bersih. Jangan sampai memberi nutrisi yang tidak tepat, sehingga malah bisa memotong usia hidup hewan peliharaan kita.

Pergi ke dokter hewan tak hanya saat peliharaan kita sakit atau cedera saja. Lakukan pemeriksaan secara menyeluruh atau check up, sekurang-kurangnya dua kali dalam setahun.

Pastikan hewan peliharaan kita tidak stres karena pengaruh lingkungan. Beri mereka tempat tinggal yang nyaman, dalam artian tidak keanginan, kedinginan serta kepanasan.

Punya ruang untuk mengekspresikan perilaku alami atau natural behavior. Kucing punya naluri berburu, oleh karena itu jangan sering-sering dikurung dalam kandang.

4. Ryan Delon mengajak anjingnya beraktivitas di dalam rumah selama pandemi

4. Ryan Delon mengajak anjing beraktivitas dalam rumah selama pandemi
Instagram.com/tail_wagging

Selama pandemi, Ryan Delon membatasi kegiatan di luar rumah dengan anjingnya. Meski begitu, ia paham bahwa anjing punya perilaku alami yang senang bergerak aktif.

“Di tengah pandemi Covid-19, saya dan keluarga lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, dan jarang mengajak anjing-anjing kami jalan-jalan keluar seperti yang kami lakukan sebelumnya. Namun, saya tahu memang penting bagi anjing-anjing kami untuk menerima latihan yang sesuai dengan kebutuhannya," kata Ryan.

Suami dari Sharena Gunawan tersebut, akhirnya menemukan cara baru untuk bermain di dalam rumah dengan hewan peliharaannya.

"Seperti memberikan mereka puzzle dan mainan dalam ruangan yang dapat membantu merangsang pikiran anjing dan juga melatih tubuh mereka," ujarnya.

5. Raditya Dika lebih fokus terhadap kebutuhan nutrisi kucing-kucingnya selama pandemi

5. Raditya Dika lebih fokus terhadap kebutuhan nutrisi kucing-kucing selama pandemi
Instagram.com/raditya_dika

Sementara itu, Raditnya Dika lebih memfokuskan pada pemberian nutrisi untuk kucing-kucingnya selama pandemi. Tujuannya agar selalu sehat dan terhindar dari virus.

“Sebagai pet parents, saya ingin memberikan nutrisi terbaik untuk kucing saya yang sesuai dengan kebutuhannya. Dalam situasi yang penuh tantangan ini, penting untuk selalu menjaga kesehatan kucing saya," ujar Radit.

Selain itu, ia juga mencari berbagai informasi yang bermanfaat agar kucing-kucingnya dapat tumbuh secara optimal. Misalnya tentang, pola makan dan nutrisi, kesehatan pencernaan, perawatan neonatal dan penuaan, perawatan kulit dan rambut, pelatihan kucing, bahkan kesejahteraan umum kucing.

Nah Ma, itulah cerita dan beberapa tips merawat hewan peliharaan di masa pandemi dari Ryan Delon dan Raditya Dika. Semoga menjadi inspirasi untuk Mama dan keluarga yang punya hewan peliharaan di rumah.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk