7 Tips Sederhana Mendekorasi Rumah dengan Nuansa Imlek

Suasana Imlek semakin terasa dengan dekorasi rumah seperti ini!

28 Januari 2019

7 Tips Sederhana Mendekorasi Rumah Nuansa Imlek
iphone2lovely.com
Yuk, ciptakan suasana Imlek di rumah Mama!

Ada begitu banyak hal mengesankan yang akan Mama dan keluarga alami di bulan Febuari 2019 kali ini.

Selain Valentine, hari perayaan Imlek yang merupakan tahun baru China turut hadir di bulan kedua yang telah kita masuki bersama.

Tentu, perayaan dari budaya Tiongkok ini dapat dijadikan sebagai pengalaman menyenangkan untuk dinikmati bersama Papa dan si Kecil.

Sebut saja, tradisi angpao yang menyenangkan, momen bertemu sanak keluarga yang menyentuh hingga menikmati makanan khas Imlek yang lezat.

Dengan pengalaman-pengalaman tersebut, ada baiknya jika Mama menyempurnakan suasana dengan menghadirkan nuansa Imlek di rumah Mama.

Tentu, hal ini menandakan bahwa Mama sebaiknya melakukan dekorasi ulang pada rumah Mama agar tercipta nuansa Imlek yang pas.

Untuk itu, di bawah ini, rangkuman ide-ide yang dapat dijadikan sebagai tips dekorasi rumah bernuansa Imlek.

Terdapat 7 tips yang telah kami persiapkan untuk Mama. Semoga membantu, ya!

1. Tentukan konsep: tradisional atau modern

1. Tentukan konsep tradisional atau modern
annsatic.com

Seperti yang diungkapkan oleh Nicky Hilton, hal pertama yang harus dipikirkan dalam mendekorasi rumah adalah memikirkan serta menentukan konsep yang akan diaplikasikan sebagai tema dekorasi yang akan diusung pada rumah kebanggaan Mama.

Untuk itu, dalam perihal ini, Mama pun turut dianjurkan untuk memikirkan secara matang mengenai berbagai pilihan konsep yang akan Mama gunakan. Untuk mempermudah, Mama dapat memulainya dengan menentukan, apakah Mama ingin konsep dekorasi Imlek yang tradisional atau modern.

Hal ini akan membimbing Mama untuk mengetahui gaya penataan yang sebaiknya aplikasikan pada setiap ruangan. Mama pun jadi tahu furnitur khas Imlek seperti apa yang akan Mama gunakan nantinya.

2. Dominasi warna merah

2. Dominasi warna merah
annsatic.com

Sebagaimana yang kita ketahui, hari Tahun Baru China atau Imlek sangat kental dengan warna merah yang menjadi ciri khas utama dari kultur dan budaya Tiongkok itu sendiri.

Hal ini menandakan bahwa nuansa Imlek akan terasa di rumah Mama jika ruangan-ruangan di rumah Mama menonjolkan warna tersebut.

Namun, Mama tidak dianjurkan untuk mengganti warna dinding setiap ruangan di rumah Mama dengan warna merah.

Pasalnya, para pakar di bidang anak menyebut bahwa warna merah yang terlalu berlebihan akan memberi dampak negatif bagi keadaan psikologi serta kesehatan tubuh fisik anak mama.

Maka dari itu, cukup tonjolkan warna merah lewat berbagai furnitur serta pajangan khas Imlek yang mengesankan. Mama juga dapat memberi sentuhan warna merah yang kuat melalui lukisan khas Imlek yang sebaiknya dipamerkan di ruang tengah atau living room agar dapat menjadi sambutan Imlek terbaik.

3. Berikan sentuhan bunga

3. Berikan sentuhan bunga
chineseamericanfamily.com

Sama seperti negara Indonesia, negara China juga terkenal dengan keindahan bunga-bunganya yang mengesankan. Itu kenapa, hari Tahun Baru Imlek turut mempromosikan bunga-bunga asal China yang tidak kalah sempurnanya, seperti bunga Mei Hwa.

Untuk membuat dekorasi Imlek, Mama disarankan untuk memberi sentuhan kecantikan bunga-bunga tersebut, melalui berbagai furnitur yang menampilkan corak atau pahatan bunga-bunga khas Imlek.

Lebih baik lagi, jika Mama memiliki satu vas bunga yang menyusun rapih bunga khas Imlek pilihan Mama di atas meja di ruang tamu. Mama juga dapat meletakkannya di meja di ruang makan, lho!

Editors' Picks

4. Letakkan beberapa tanaman hijau di dalam rumah

4. Letakkan beberapa tanaman hijau dalam rumah
china-family-adventure.com

Bukan hanya bunga, dekorasi Imlek juga dapat dirasakan melalui beberapa jenis tanaman hijau yang ditempatkan di beberapa sudut ruangan di rumah Mama.

Mama pun dapat mengombinasikan kehadiran tanaman-tanaman tersebut dengan pemilihan pot khas Imlek yang berwarna merah atau setidaknya menampil warna dasar, namun menonjolkan corak bunga-bunga yang indah.

Dalam budaya China, rumah-rumah keluarga Tiongkok kerap dihiasi tanaman-tanaman hijau yang diletakkan di dalam rumah dalam keadaan fresh. Hal ini turut menjadi hal yang mutlak saat para keluarga merayakan Tahun Baru Imlek.

5. Gambar naga dan monyet

5. Gambar naga monyet
en.wikipedia.org

Meskipun tahun ini merupakan tahun Babi Tanah sebagai peruntungan tahun 2019 menurut budaya Tiongkok, kita tentu tidak dapat menepis fakta bahwa binatang Monyet dan Naga lah yang nyatanya paling merepresentasikan kultur dan budaya Tiongkok itu sendiri.

Untuk membuat rumah memiliki dekorasi Imlek, Mama lebih baik memilih sosok Monyet atau Naga yang  dapat dijadikan sebagai figur dari beberapa furnitur khas Imlek pilihan Mama, seperti lukisan dengan gambar Naga atau pajangan dengan gambar Monyet. Bagus nih!

6. Kombinasikan lattern dengan pengganti lampu

6. Kombinasikan  lattern pengganti lampu
nguoidep24h.com

Di zaman modern ini, kita tentu memanfaatkan lampu sebagai cahaya yang menerangi setiap ruangan di rumah kebanggaan kita. Namun, tahukah Mama kalau budaya Tiongkok sangat kental dengan penggunaan lattern sebagai daya cahaya yang dimanfaatkan secara tradisional?

Hal ini tidak membuat Mama dapat mengganti semua lampu dengan lattern yang tingkat cahayanya kemungkinan besar tidak terlalu baik untuk kesehatan mata.

Mama sebaiknya cukup menjadikan lattern sebagai aksesoris yang tergantung sejejer bersama lampu-lampu di ruangan.

Selain itu, Mama juga dapat menggunakan lattern sebagai lapisan luar yang membungkus beberapa lampu-lampu di rumah Mama.

Pilihlah lattern dengan warna yang transparan dan kombinasikanlah dengan beberapa lampu-lampu kecil Mama di rumah. Dekorasi Imlek akan semakin terasa dengan aksesori ini.

7. Penggunaan barang-barang antik

7. Penggunaan barang-barang antik
antiques.lovetoknow.co

Mama dapat menciptakan nuansa Imlek dengan memanfaatkan penggunaan barang-barang antik khas Imlek.

Hal ini disebut menjadi faktor yang paling jitu dalam menghadirkan nuansa Imlek.

Tentu, penggunaan barang-barang yang berkarakter antik tidak hanya fokus pada pemilihan meja, kursi, pot atau vas bunga dan semacamnya.

Mama juga dapat melakukan melakukannya pada barang-barang di dapur, seperti gelas, piring, sendok dan semacamnya, atau pajangan, seperti guci antik khas Imlek. 

Nah, sekarang, Mama sudah tahu bagaimana caranya untuk menciptakan dekorasi Imlek di rumah Mama, bukan? Selamat mendekorasi rumah untuk Imlek, Ma!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;