7 Tanaman yang Bisa Mengobati Insomnia

Wah, tanaman herbal di poin ke 4 ternyata sudah menjadi obat insomnia selama berabad-abad lho, Ma

15 Juli 2019

7 Tanaman Bisa Mengobati Insomnia
Pixabay/kaboompics

Insomnia merupakan gangguan yang menyebabkan orang sulit tidur. Insomnia biasanya akan diikuti dengan rasa mengantuk pada siang hari, energi yang tak maksimal, gampang marah, dan suasana hati yang depresi. 

Insomnia juga bisa meningkatkan risiko yang lebih bahaya seperti kecelakaan saat berkendara dan masalah fokus dalam bekerja. Insomnia bisa bersifat jangka pendek, berlangsung selama berhari-hari atau berminggu-minggu, atau jangka panjang, berlangsung lebih dari sebulan.

Itulah sebabnya insomnia tidak boleh dibiarkan berlarut terlalu lama. Oleh sebab itu, Mama harus melakukan pengobatan agar insomnia dapat mereda.

Mama dapat mengatasi insomnia dengan menggunakan tanaman herbal lho. Berikut ini beberapa tanaman yang bisa kamu budidayakan di rumah dan dijadikan obat ampuh untuk atasi insomnia. Cek yuk!

1. Lavender, si ungu dengan aroma yang menenangkan

1. Lavender, si ungu aroma menenangkan
Pixabay/pixel2013

Siapa yang tidak familiar dengan tanaman herbal Lavender yang identik dengan warna ungunya yang cemerlang?

Benar sekali! Tanaman herbal ini memang sering sekali dimanfaatkan sebagai sumber aroma dari berbagai produk seperti, parfum hingga cairan pembersih baju.

Itu kenapa, tanaman herbal Lavender sangat cocok untuk diletakkan di kamar Mama untuk mengatasi insomnia.

Pasalnya, aroma harum yang dihasilkan dipercaya dapat memberi efek samping yang membuat Mama merasa nyaman dan relax.

2. Hops bisa meredakan kecemasan dan membuat tidur lebih mudah

2. Hops bisa meredakan kecemasan membuat tidur lebih mudah
Pixabay/ritae

Tanaman herbal bernama Hops mungkin tidak memiliki tampilan yang indah sebagaimana teksturnya yang sedikit kasar dan warna hijaunya yang pucat.

Akan tetapi, tanaman herbal ini memiliki khasiat khusus yang bisa mengatasi insomnia.

Dilansir dari laman healtline.com yang telah di-review oleh seorang pakar bernama Natalie Butler, RD, LD, sebuah studi yang tertulis pada jurnal PLOS One menunjukkan bahwa Hops dapat meredakan tingkat kecemasan seseorang sehingga bisa memudahkan untuk tidur.

Sebagai rekomendasi, Mama dapat meletakkan tanaman herbal Hops semenarik mungkin dengan memadukannya dengan bunga.

Dari situ, keberadaan tanaman ini akan terlihat indah sambil membantu Mama supaya tidak memikirkan kecemasan Mama saat hendak tidur.

3. Kandungan positif pada Chamomile berguna atasi susah tidur

3. Kandungan positif Chamomile berguna atasi susah tidur
Pixabay/cocoparisienne

Tanaman ini memang tidak terlihat seperti tanaman herbal karena rupanya yang sangat indah layaknya tanaman hias.

Tanaman ini nyatanya memang memiliki kandungan yang positif, secara khusus dalam mengatasi insomnia.

Khasiat tersebut terpancar dari aroma yang menyerupai buah apel yang dihasilkan di mana aroma yang baik ini bisa memenuhi ruangan dalam waktu singkat.

Alhasil, Mama akan merasakan manfaat yang membuat tubuh Mama terasa nyaman dan ringan untuk tidur.

Editors' Picks

4. Mugwort bantu kamu tidur lebih lelap

4. Mugwort bantu kamu tidur lebih lelap
Pinterest.com/brigittereed

Sama seperti tanaman herbal Hops, Mugword juga merupakan tanaman herbal yang tidak memiliki penampilan yang bisa dikatakan sangat indah. Ia tumbuh dengan daun-daun yang menjulang tinggi dengan warna hijau pucat.

Namun, di samping penampilan fisik tersebut, tanaman herbal Mugword memiliki manfaat yang tidak jauh berbeda dari Rosemary di mana Mugword bukan hanya membantu Mama untuk dapat tidur tetapi juga bisa tidur dengan mimpi.

Hal itu menjadi hasil dari aroma yang berkhasiat untuk meredakan rasa cemas di pikiran Mama. Wah, luar biasa ya!

Aroma dari sebuah tanaman memanglah ikut memengaruhi kinerja otak Mama seperti yang dibuktikan oleh tanaman herbal Mugwort.

5. Rosemary dapat ciptakan tidur yang nyaman

5. Rosemary dapat ciptakan tidur nyaman
Pixabay/gate74

Dengan perpaduan warna hijau dan ungu yang ada pada tanaman herbal Rosemary, pemandangan di dalam kamar Mama akan menjadi sangat indah untuk dinikmati kedua mata Mama. Namun, hal tersebut tidak berhenti di situ saja, Ma!

Sebaliknya, tanaman herbal ini akan menghasilkan aroma yang memiliki kandungan yang dipercaya bisa memberi efek samping menidurkan Mama dengan kenyamanan yang luar biasa, sebagaimana disebutkan di laman thespruce.com.

Saking nyamannya, tanaman herbal ini diketahui dapat menciptakan proses tidur atau istirahat Mama dengan rentetan mimpi yang indah.

Tahukah Mama? Tidur dengan sebuah mimpi berarti Mama tidak memiliki kadar stres yang besar.

What a good result, right?

6. Lemon Balm bisa jadi obat penenang alami

6. Lemon Balm bisa jadi obat penenang alami
Pixabay/cocoparisienne

Apabila Mama baru pertama kali mendengar nama dari tanaman herbal ini, Mama mungkin menduga bahwa Lemon Balm memiliki rasa yang asam dan pekat. Nyatanya, aroma yang dihasilkan sebenarnya sangat ringan dan bisa dipadukan dengan tanaman teh.

Itu kenapa, tidak aneh, tanaman herbal Lemon Balm yang merupakan sejenis tanaman mint telah dipercaya menjadi obat penenang ringan selama berabad-abad, termasuk untuk menangani kesulitan tidur atau insomnia.

Pasalnya, aroma sitrun ringan yang dihasilkan memberi efek samping yang memicu rasa mengantuk serta membantu menguras rasa cemas. Itu kenapa, Mama sebaiknya turut meletakkan tanaman herbal ini di dalam ruangan kamar Mama dan Papa.

7. Kaktus bagus untuk menetralisir udara di ruangan kamar dan buat tidur lebih nyaman

7. Kaktus bagus menetralisir udara ruangan kamar buat tidur lebih nyaman
Pixabay/elektrosmart

Melihat rupanya, tanaman kaktus memanglah sedikit berbahaya karena duri-duri tajam yang ada di sekujur bagian tubuhnya.

Namun, tahukah Mama? Tanaman kaktus nyatanya memiliki manfaat positif yang bisa menetralisir kondisi udara di dalam ruangan.

Tentu, apabila udara di kamar Mama bersih karena kaktus, Mamapun akan dipermudah untuk mengupayakan diri melawan kendala insomnia.

Pasalnya, kondisi udara di dalam ruangan turut menjadi penyebab kenapa individu bisa mengalami kesulitan tidur.

Sekarang, Mama telah mengetahui tanaman herbal untuk kamar Mama yang bisa mengatasi insomnia. Jadi, tunggu apa lagi? Pilih salah satu dari tanaman herbal di atas yang menurut Mama cocok dengan kebutuhan Mama.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;