7 Cara agar Sirih Gading Tumbuh dengan Cepat

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar sirih gading bisa tumbuh dengan cepat

20 Mei 2022

7 Cara agar Sirih Gading Tumbuh Cepat
Pixabay/sweetlouise

Sirih gading merupakan tanaman hias yang perawatannya relatif mudah. Media tanam yang bisa digunakan pun beragam, mulai dari tanah hingga air. Tanaman hias ini juga bisa ditempatkan di tanah langsung maupun di pot biasa atau pot gantung sekalipun.

Satu hal yang membuat tanaman sirih gading tumbuh dengan indah ialah daunnya yang lebat dan menjuntai atau bersulur. Meskipun setiap tanaman sirih gading memiliki waktunya sendiri untuk tumbuh, namun ada beberapa cara untuk mempercepat proses tumbuh sirih gading, lho.

Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa cara agar sirih gading tumbuh dengan cepat.

Disimak dengan cermat saat sedang merawat tanaman sirih gading ya, Ma!

1. Sediakan ruang cukup untuk tumbuh

1. Sediakan ruang cukup tumbuh
Pexels/Afif Kusuma

Agar sirih gading bisa tumbuh dengan cepat, penting untuk menyediakan ruang yang cukup untuk tumbuh kembang sirih gading. Mama dapat menempatkan sirih gading dekat dengan dinding atau pohon besar sebagai tempat tumbuhnya.

Apabila Mama memiliki beberapa tanaman sirih gading, sebaiknya beri jarak antar tanaman agar tanaman bisa tumbuh dengan baik. Dengan begitu, sirih gading bisa jadi lebih cepat tumbuh.

2. Pastikan mendapat cahaya matahari

2. Pastikan mendapat cahaya matahari
Unsplash/Mohammad saaraan

Sebagaimana layaknya tanaman yang memerlukan cahaya matahari, tanaman sirih gading baiknya selalu dipastikan mendapat cahaya matahari. Usahakan jangan letakkan di bawah cahaya matahari langsung karena daun sirih gading cenderung mudah terbakar.

Tempatkan tanaman pada posisi di dekat jendela, sehingga tanaman bisa mendapatkan cahaya dari matahari secara tidak langsung di tempat yang terang.

Selain itu, pastikan jangan letakkan tanaman di ruang atau sudut gelap karena daun bisa kehilangan variegasinya, sehingga proses pertumbuhannya terganggu.

Editors' Picks

3. Tempatkan di suhu lingkungan tropis

3. Tempatkan suhu lingkungan tropis
Pexels/Владимир Гладков

Tanaman sirih gading biasa tumbuh dengan baik di lingkungan tropis. Suhu ideal untuk tanaman sirih gading ialah sekitar 18-29,4 derajat celcius. Jika ada kenaikan suhu yang lebih tinggi, maka sirih gading biasanya bisa mengalami stres yang dapat menghambat pertumbuhan.

Sebaliknya, jika suhunya lebih rendah daripada 10 derajat celcius, maka daun tanaman sirih gading bisa berubah warna jadi hitam. Maka dari itu, pastikan ruangan sirih gading berada ada di kisaran suhu tropis tersebut agar ia bisa tumbuh dengan baik dan lebih cepat.

4. Siram hanya ketika tanah mengering

4. Siram ha ketika tanah mengering
Pexels/Teona Swift

Untuk media tanam tanah, air yang diberikan untuk sirih gading harus diperhatikan betul. Tanaman sirih gading harus menerima kadar air yang cukup, artinya tidak kurang dan tidak berlebihan.

Sirih gading yang mendapatkan terlalu banyak air bisa menyebabkan daun menjadi lemas dan layu. Bahkan, daun sirih gading bisa berubah warna jadi kuning.

Perubahan ini bisa terjadi karena tanah yang tergenang bisa meningkatkan potensi akar jadi busuk, sehingga menyulitkan proses tumbuh.

5. Rutin memberi nutrisi dengan pupuk

5. Rutin memberi nutrisi pupuk
Pexels/Teona Swift

Tak hanya air, suhu yang tepat, dan cahaya matahari yang cukup, sirih gading juga harus mendapat nutrisi yang cukup. Nutrisi tersebut dapat dipenuhi dengan memberikan pupuk, terutama jika sirih gading ditanam dalam pot.

Jadwal pemupukan yang ideal untuk tanaman sirih gading ialah setiap 2-3 bulan. Waktu ini dirasa tepat, sehingga mengoptimalkan tingkat pertumbuhan dan perkembangan secepat mungkin.

6. Jagalah alat potong agar tetap bersih

6. Jagalah alat potong agar tetap bersih
Pexels/Sasha Kim

Saat sirih gading mulai memiliki daun berwarna kuning, maka daun yang sudah tua tersebut perlu dipangkas. Tujuannya agar daun sirih gading bisa tumbuh dengan lebat.

Alat potong tanaman sirih gading pun beragam, bisa menggunakan gunting, pisau, atau benda yang tajam lainnya. Setelah pemakaian, gunting atau pisau yang digunakan untuk memangkas daun sirih gading tersebut harus dicuci dengan bersih.

Cara ini bertujuan untuk mengurangi risiko tanaman terkena penyakit yang bisa menghambat proses pertumbuhan.

7. Selalu pantau proses pertumbuhan

7. Selalu pantau proses pertumbuhan
Pexels/Teona Swift

Agar tanaman sirih gading bisa tumbuh dengan cepat, satu hal yang paling penting ialah selalu memantau proses pertumbuhan tanaman. Pada saat mulai merawat sirih gading, Mama mungkin menempatkannya di pot kecil karena masih muda.

Namun, saat sirih gading mulai tumbuh, Mama perlu mengganti pot tanaman dengan ukuran yang lebih besar. Hal ini sekaligus merupakan upaya untuk memberikan ruang tumbuh bagi sirih gading.

Itulah beberapa cara agar sirih gading tumbuh dengan cepat. Semoga bisa menjadi informasi ini bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk