5 Penyebab WC Mampet yang Sering Disepelekan

Meski terkesan sepele, faktanya benda-benda ini sering menjadi penyebab WC mampet

20 Mei 2022

5 Penyebab WC Mampet Sering Disepelekan
Pexels/Skylar Kang

WC mampet menjadi masalah yang sering mengganggu kenyamanan penghuni rumah. Pasalnya, WC mampet itu bisa mengeluarkan bau tak sedap yang memenuhi keseluruhan kamar mandi, bahkan bisa tercium hingga keluar ruangan.

Secara fungsi, WC digunakan sebagai tempat untuk membuang hajat manusia. Oleh karena itu, kebiasaan membuang sampah atau barang-barang lain ke lubang WC bisa menyebabkan WC mampet. Namun, sering sekali penghuni rumah tidak menyadari hal tersebut.

Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa penyebab WC mampet yang sering disepelekan.

Disimak ya, Ma!

1. Tisu dan kapas

1. Tisu kapas
Pexels/Julian Paolo Dayag

Penyebab WC mampet yang pertama ialah tisu dan kapas. Material tisu pada dasarnya memang menyerap air dan mudah hancur. Namun, proses penguraiannya sendiri membutuhkan waktu yang lama, sehingga bisa menyebabkan WC mampet.

Hal yang sama juga berlaku untuk kapas. Sebaiknya, tisu dan kapas dibuang pada tempat sampah yang seharusnya.

Editors' Picks

2. Popok atau pembalut

2. Popok atau pembalut
Pexels/Karolina Grabowska

Popok sekali pakai pada bayi maupun orangtua juga bisa menjadi penyebab WC mampet. Sampah tersebut dapat menyumbat pipa saluran pembuangan, sehingga jadi mampet.

Begitu juga dengan pembalut yang memiliki bahan yang sama dengan popok. Untuk sampah jenis ini, sebaiknya buang dengan rapi menggunakan plastik dan bisa langsung masukkan ke tempat sampah.

3. Sisa makanan

3. Sisa makanan
Pexels/Rachel Claire

Bagi Mama yang terbiasa mencuci piring di kamar mandi, sudah saatnya untuk menyiapkan plastik untuk menyimpan sisa makanan.

Sisa makanan yang dibuang ke lubang WC sangat besar kemungkinannya membuat WC mampet. Terlebih apabila jenis makanan yang dibuang ialah benda-benda keras seperti tulang ayam atau permen karet yang sulit terurai.

4. Mainan anak

4. Mainan anak
Pexels/Armando Are

Terkadang, beberapa anak secara tidak sengaja membuang mainan mereka ke lubang WC. Mainan anak yang biasanya terbuat dari material yang keras akan membuat saluran pembuangan tersumbat, sehingga WC akan mampet.

Untuk mengatasi masalah ini, Mama sebaiknya selalu menutup pintu kamar mandi dan mengawasi anak saat bermain agar si Kecil tidak membuang mainan mereka ke lubang WC.

5. Rambut rontok

5. Rambut rontok
Pexels/RODNAE Productions

Rambut yang rontok juga bisa menjadi penyebab WC mampet. Ini mungkin terkesan sepele, namun perlu diketahui bahwa faktanya, rambut rontok yang terkumpul itu bisa menjadi gumpalan yang menyumbat WC.

Sebelum mencuci rambut, sebaiknya Mama sudah menyiapkan tempat sampah untuk membuang rambut yang rontok akibat keramas. Selalu ingat juga untuk tidak menyisir rambut di kamar mandi. Tujuannya agar rambut yang rontok ketika disisir tidak membuat saluran pembuangan kamar mandi mampet.

Itulah beberapa penyebab WC mampet yang sering disepelekan. Sudah saatnya untuk berhenti membuang barang-barang ini ke lubang WC agar WC di rumah tidak mampet ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk