7 Warna yang Tidak Disukai Nyamuk untuk Cat Rumah

Nyamuk membenci warna cat rumah yang cerah, lho

16 Juni 2024

7 Warna Tidak Disukai Nyamuk Cat Rumah
Unsplash/Егор Камелев | Pinterest.com/Behance

Nyamuk yang biasa menggigit kulit manusia ternyata tak menyukai warna-warna tertentu. Penyebab utama mengapa nyamuk cenderung menghindari warna yang tidak disukai karena perbedaan kontras visual yang dilihat oleh mata mereka.

Nyamuk memiliki mata yang peka terhadap perubahan cahaya dan warna di sekitarnya. Beberapa warna yang tidak disukai oleh nyamuk, seperti putih atau kuning karena memberikan kontras yang lebih tinggi dengan latar belakang di sekitarnya. Kontras tinggi akan membuat nyamuk lebih mudah terlihat dan terdeteksi.

Perilaku nyamuk memilih tempat berdasarkan warna berkaitan dengan adaptasi evolusioner hewan golongan insekta ini. Dalam lingkungan alami, nyamuk mampu menghindari warna yang biasanya terkait dengan bahaya. Nyamuk juga menghindari area dengan ketersediaan makanan yang rendah agar dapat bertahan hidup dan berkembang biak.

Nah, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa warna yang tidak disukai nyamuk secara lebih detail. 

Simak penjelasan warnanya di bawah ini, yuk!

1. Warna cat rumah abu-abu

1. Warna cat rumah abu-abu
Pinterest.com/Reading, art

Warna cat rumah abu-abu tidak secara langsung membuat nyamuk benci, tetapi nyamuk akan menghindari warna ini.

Warna abu-abu cenderung memberikan kontras yang lebih rendah dibandingkan dengan warna-warna cerah seperti putih atau kuning. Dengan begitu, nyamuk mungkin mudah terdeteksi pada latar belakang abu-abu. Terutama jika menggunakan warna abu-abu cerah pada dinding. 

2. Warna cat rumah hijau

2. Warna cat rumah hijau
Pinterest.com

Warna hijau memberikan kontras yang lebih tinggi dengan latar belakang sekitarnya, terutama jika lingkungan sekitar juga didominasi oleh warna-warna hijau.

Warna hijau secara alami dikaitkan dengan unsur-unsur alam, seperti pepohonan, tanaman, dan rumput. Penggunaan warna hijau dalam cat rumah dapat menciptakan hubungan kuat dengan alam, membawa nuansa alamiah dan segar ke dalam lingkungan rumah yang tentu dihindari nyamuk.

Editors' Pick

3. Warna cat rumah krem

3. Warna cat rumah krem
Pinterest.com/MalAndSeitz

Krem sering dikaitkan dengan kesan bersih, terang, dan bersahaja.

Warna krem pada cat rumah dapat menciptakan tampilan yang lembut dan netral. Warna ini cocok untuk menciptakan lingkungan yang menyenangkan dan menenangkan dalam ruangan. Nyamuk pun otomatis tidak akan suka menghinggapi penggunaan warna krem pada dinding.

4. Warna cat rumah kuning

4. Warna cat rumah kuning
Pinterest.com/Wayne Homes

Warna kuning pada dinding bisa digunakan jika kamu ingin mengurangi nyamuk di rumah. Warna ini termasuk yang tidak disukai oleh nyamuk. Nyamuk cenderung menghindari area dengan warna ini.

Kuning sering digunakan sebagai aksen atau highlight dalam desain interior untuk memberikan kontras yang menarik. Kehadirannya bisa mencolok dan memperkaya tampilan ruangan, bahkan dapat memberikan sentuhan yang unik serta berkelas.

5. Warna cat rumah biru muda

5. Warna cat rumah biru muda
Pinterest.com/MalAndSeitz

Berdasarkan penelitian yang dirilis Nature Communications, warna biru muda memancarkan cahaya dan meresapnya dengan baik. Tentu, warna satu ini menjadi salah satu yang dihindari dan dibenci nyamuk. 

6. Warna cat rumah putih

6. Warna cat rumah putih
Pinterest.com/Behance

Putih adalah warna yang paling dihindari oleh nyamuk, umumnya nyamuk tak menyukai warna satu ini karena perbedaan visual yang mencolok oleh tubuh nyamuk.

Putih bisa dikatakan sebagai warna dengan simbol kebersihan dan kesederhanaan. Warna putih dapat menciptakan tampilan yang bersih dan lapang dalam ruangan, sehingga dapat memberikan kesan yang teratur.

7. Warna cat rumah ungu

7. Warna cat rumah ungu
Pinterest.com

Warna ungu juga ternyata tidak disukai oleh nyamuk. Hal ini karena ungu memiliki panjang gelombang terpendek dibandingkan warna apa pun pada spektrum cahaya yang tampak.

Selain itu, ungu adalah warna yang kompleks dan mendalam, bahkan sering disangkutkan dengan kreativitas serta imajinasi. Penggunaan warna ungu dalam desain rumah dapat memberikan tampilan yang kaya dan menarik. Selain itu, dapat meningkatkan rasa kehidupan dan vitalitas.

Nah, itu dia warna yang tidak disukai nyamuk mulai dari warna abu-abu hingga ungu. Semoga informasi terkait warna ini bisa membantu ya, Ma. 

Baca juga:

The Latest