6 Cara Merawat Bunga Wijaya Kusuma di Rumah

Memiliki bentuk bunga dan daun yang indah, ternyata merawat tanaman hias wijaya kusuma mudah, lho

8 Juli 2022

6 Cara Merawat Bunga Wijaya Kusuma Rumah
ebay.com

Bunga wijaya kusuma menjadi salah satu tanaman hias yang digemari masyarakat. Memiliki penampilan bunga putih yang indah serta mengeluarkan aroma yang wangi menjadi daya tarik utama bunga ini.

Keunikan lain dari bunga wijaya kusuma ialah hanya mekar di malam dari dengan waktu yang singkat, yaitu dalam hitungan jam saja. Hal itu membuat bunga yang cukup langka ini dikenal dengan sebutan ‘Ratu Malam’.

Tanaman yang tergolong keluarga kaktus ini mudah untuk dirawat lho, Ma. Bunga wijaya kusuma sangat cocok untuk dipelihara di rumah. Tetapi, cara perawatan tetap perlu diperhatikan agar tanaman cepat berbunga.

Kali ini Popmama.com telah merangkum deretan cara merawat bunga wijaya kusuma agar cepat berbunga. Tertarik memelihara bunga wijaya kusuma?

Simak deretan cara merawatnya di bawah ini, yuk!

1. Hindari paparan sinar matahari langsung

1. Hindari paparan sinar matahari langsung
jardineriaon.com

Termasuk salah satu jenis kaktus, tanaman wijaya kusuma umumnya tumbuh di iklim kering. Meski begitu, ternyata bunga wijaya kusuma tidak tahan terhadap terpaan sinar matahari langsung layaknya kaktus gurun.

Bunga wijaya kusuma terbiasa tumbuh di hutan yang sebagian terlindung dari sinar matahari. Maka dari itu, sebaiknya posisikan tanaman ini di lokasi yang tidak langsung terkena sinar matahari, tetapi masih terang.

2. Pastikan tanah gembur dan memiliki drainase yang baik

2. Pastikan tanah gembur memiliki drainase baik
species.wikimedia.org

Sebagai epifit dan kaktus, tanaman ini membutuhkan campuran tanah yang sangat gembur untuk bisa tumbuh dengan baik. Selain itu, pastikan bahwa bunga wijaya kusuma ditempatkan di pot yang memiliki drainase yang baik.

Tanaman wijaya kusuma juga menyukai tanah yang lebih asam. Usahakan pH tanah berada di antara 5 sampai 5,5. Pastikan untuk menghindari pH di atas 6 karena tanaman wijaya kusuma akan memberikan respons negatif pada pH yang basa.

Editors' Picks

3. Tempatkan di ruangan yang suhunya lembap dan hindari suhu dingin

3. Tempatkan ruangan suhu lembap hindari suhu dingin
species.wikimedia.org

Bukan di suhu yang panas, tanaman yang juga dikenal dengan nama ‘Fishbone Cactus’ itu diketahui justru tumbuh paling baik di suhu yang lembap. Tanaman wijaya kusuma menyukai suhu antara 60°F dan 77°F selama musim panas. 

Suhu menjadi faktor yang penting ketika merawat tanaman wijaya kusuma. Hindari suhu dingin karena tanaman ini tidak terlalu bisa bertahan dalam suhu yang dingin. Suhu dingin dapat menyebabkan daun dan batang tanaman mati.

4. Jaga kelembapan tanah dengan menyiram secukupnya

4. Jaga kelembapan tanah menyiram secukupnya
jardineriaon.com

Meskipun masih keluarga kaktus, bunga wijaya kusuma menyukai sedikit lebih banyak air dibandingkan kaktus gurun. Tanaman wijaya kusuma perlu disiram lebih sering daripada kaktus di gurun. 

Selain itu, bunga wijaya kusuma juga tidak menyukai tanah yang terlalu kering atau terlalu lembek. Sehingga, pastikan bahwa tanah di pot bunga wijaya kusuma selalu terjaga kelembapannya.

Siram bila sekitar 3/4 tanah sudah kering atau seminggu sekali.

5. Pangkas tanaman secara berkala

5. Pangkas tanaman secara berkala
garden.org

Bila bunga wijaya kusuma telah layu, lakukan pemangkasan pada batang dan daun tanaman. Pangkas batang yang panjang untuk mengatur pertumbuhan, sehingga tunas baru akan muncul di belakang potongan.

Pastikan untuk memakai pisau yang tajam saat melakukan pemangkasan. Setelah memangkas tanaman, hindari penyiraman yang berlebihan, karena seharusnya tanaman membutuhkan lebih sedikit air dibandingkan sebelumnya.

6. Pindahkan ke pot baru setiap 1-2 tahun sekali

6. Pindahkan ke pot baru setiap 1-2 tahun sekali
ucanr.edu

Tanaman wijaya kusuma diketahui memiliki usia yang panjang. Untuk bisa berbunga, tanaman ini membutuhkan waktu beberapa tahun. Memiliki masa hidup yang panjang, memindahkan ke pot baru menjadi agenda wajib tanaman wijaya kusuma.

Pergantian ke pot baru serta tanah baru umumnya dilakukan setiap satu hingga dua tahun. Akan tetapi, perpindahan ke pot baru juga dapat dilakukan bila terlihat akar tumbuh dari lubang drainase atau bila ukuran daun semakin besar.

Itulah deretan cara merawat bunga wijaya kusuma di rumah. Memerlukan perawatan yang tidak sulit membuat tanaman ini ideal untuk dijadikan penghias rumah.

Kira-kira Mama tertarik nggak nih untuk memelihara bunga wijaya kusuma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk