10 Rekomendasi Tanaman Hias untuk Pemula, Mudah Dirawat!

Mau memulai budidaya tanaman hias? Yuk, coba mulai dengan tanaman berikut!

12 Maret 2022

10 Rekomendasi Tanaman Hias Pemula, Mudah Dirawat
Pexels/Daria Shevtsova

Selama menghabiskan waktu di rumah, budidaya tanaman hias menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang. 

Tak hanya bermanfaat untuk mengisi waktu luang, merawat tanaman hias juga bisa bermanfaat untuk menambah kesan rumah yang segar dan asri lho!

Meski membuat rumah menjadi lebih menyejukkan, namun tidak semua masyarakat dapat merawat dengan baik tanaman hias. Banyak pula yang alami tanaman yang layu dan mati pada beberapa hari atau minggu kemudian.

Nah, jika kamu termasuk orang yang baru memulai dalam perihal budidaya tanaman hias, deretan tanaman hias yang sudah Popmama.com rangkum berikut ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat.

Mudah dirawat dan tetap menyegarkan untuk hiasan rumah, yuk simak apa saja tanaman hias yang cocok untuk pemula.

1. Kaktus

1. Kaktus
Unsplash/lum3n

Sebagai tanaman yang tahan terhadap perubahan dan kelembapan cuaca yang rendah, kaktus menjadi tanaman yang sangat mudah dalam perawatan. Sebab, kamu tak perlu setiap hari menyiramnya. 

Adapun jenis kaktus yang bisa kamu pilih sebagai tanaman hias di dalam pot di antaranya adalah ariocarpus, astrophytum, cereus tetragonus, echinocactus grusonii, dan haworthia attenuata.

Meski menjadi tanaman hias, kaktus memiliki duri yang cukup berbahaya. Sehingga, kamu perlu memastikan tanaman ini jauh dari jangkauan anak-anak ya!

2. Sirih gading

2. Sirih gading
Bukalapak.com

Sebagai tanaman hias gantung yang bisa merambat, kamu bisa menjadikan sirih gading sebagai hiasan di dinding pekarangan rumah agar lebih segar dan asri.

Memiliki bentuk daun yang mirip dengan bentuk hati, serta berwarna hijau dengan corak kekuning-kuningan, tanaman ini menjadi tanaman yang cukup sederhana dalam menanamnya. Cukup tanam di pot dan biarkan akarnya terus tumbuh.

3. Lidah mertua

3. Lidah mertua
Pexels/fabianstroobants

Tanaman hias satu ini menjadi tanaman yang banyak ditemui dan digemari oleh sebagian masyarakat. Selain bentuk daunnya yang unik, perawatan tanaman lidah mertua pun cukup praktis.

Dengan perawatan yang minim, kamu bisa menjadikan tanaman lidah mertua sebagai hiasan atau dekorasi untuk mempercantik pekarangan rumah, maupun diletakan di sudut ruangan untuk mempercantik ruangan tersebut.

4. Lili paris

4. Lili paris
Tokopedia.com

Tanaman hias gantung lainnya yang cocok untuk pemula adalah lili paris. Tanaman ini umumnya ditemui di depan rumah sebagai penghias pagar maupun digantung di depan rumah sebagai dekorasi.

Sebagai pemula, kamu tidak perlu sering-sering menyiram tanaman ini. Sebab lili paris dapat dengan meudah beradaptadi di lingkungan sekitarnya dan tumbuh dengan subur baik dicuaca ekstrem sekalipun.

Editors' Picks

5. Sukulen

5. Sukulen
Lazada.co.id

Memiliki ragam bentuk, warna, serta jenis yang ditawarkan, tanaman sukulen yang menyerupai kaktus ini menjadi tanaman hias yang cocok dicoba oleh pemula sebagai dekorasi untuk mempercantik rumah.

Berukuran mini, tanaman ini biasanya diletakan di atas meja tamu sebagai hiasan yang akan memanjakan mata tamu yang datang. Kamu bisa menanamnya di dalam pot yang berbentuk unik, serta tidak perlu sering menyiramnya karena sukulen tidak memelurkan banyak air.

6. Euphorbia

6. Euphorbia
Pixabay/sarangib

Satu lagi tanaman hias yang minim perawatan karena tidak membutuhkan banyak air, yakni euphorbia. Memiliki bentuk bunga kecil dengan warna cerah, tanaman euphorbia menjadi tanaman hias yang digemari sebagaian masyarakat.

Tak hanya perawatannya yang mudah, tanaman euphorbia juga dapat tumbuh subur dengan membuat banyak bunga cantik meski diletakan di tempat panas dengan matahari langsung sekalipun.

7. Palem pot

7. Palem pot
Tokopedia.com

Jika umumnya kita melihat tanaman palem di tanam di bawah tanah rindang. Ternyata palem juga bisa kok ditanam di dalam wadah pot dan diletakan di bagian depan rumah sebagai penghias yang menyegarkan.

Sebagai tanaman yang banyak ditemui diberbagai tempat, palem menjadi tanaman hias yang cukup tangguh dan tidak mudah mati meski kekurangan air seklipun. Itulah mengapa tanaman ini menjadi tanaman yang mudah dan cocok bagi para pemula. 

8. Bougenville

8. Bougenville
Pexels/Bianca

Bougenville atau bunga kertas menjadi tanaman hias lainnya yang cocok untuk pemula. Hal ini karena bougenville menjadi tanaman hias yang mudah dalam merawatnya.

Dengan perawatan yang minim, serta dapat tumbuh di iklim tropis, bougenville dapat tumbuh hingga 10 meter dan menghasilkan bunga yang banyak dengan warna pink yang akan menghiasi pekarangan rumahmu.

9. Sri Rezeki

9. Sri Rezeki
Shopee.co.id

Sesuai dengan namanya, tanaman yang pernah populer pada beberapa tahun lalu ini dipercaya sebagai tanaan hias yang akan memberikan keberuntungan bagi yang memeliharanya.

Tak hanya dipercaya sebagai tanaman pembawa keberuntungan, tanaman ini cukup mudah dalam perawatannya, sehingga sangat cocok menjadi tanaman hias yang bisa dibudidaya oleh pemula.

Bagi kamu yang tertarik, berikut beberapa jenis tanaman sri rezeki yang bisa kamu pilih. Di antaranya sinar bulan, bidadari, legacypride of Sumatra, lipstik, red kochimdud anjamani, dan lady valentine.

10. Kamboja Jepang

10. Kamboja Jepang
Pixabay/NoeliaSecret

Tak sedikit orang lupa dan mampu merawat dengan baik tanaman hias yang mereka budidaya. Tanaman kamboja Jepang menjadi salah satu pilihan yang bisa kamu pilih sebagai tanaman hias yang tahan akan cuaca panas, serta dapat tumbuh dengan baik dengan minim perawatan.

Berbeda dengan jenis kamboja yang banyak ditemui di pemakaman, kamboja Jepang atau dikenal sebagai adenium memiliki bentuk yang lebih kecil dan bisa ditanam dalam pot. Tanaman ini juga memiliki bunga berwarna cantik yang akan menghiasi area rumahmu.

Itulah beberapa jenis tanaman hias yang cocok untuk pemula. Sebagai pemula yang ingin memulai budidaya tanaman hias, tanaman yang sudah disebutkan di atas mungkin bisa menjadi pilihan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk