7 Tanaman Hias Gantung yang Tahan Panas dan Hujan

Kuat dalam berbagai kondisi cuaca, ini deretan tanaman gantung yang bisa dipilih

24 Oktober 2021

7 Tanaman Hias Gantung Tahan Panas Hujan
Pexels/Min An

Guna mempercantik pekarangan rumah, banyak orang memanfaatkan tanaman hias gantung yang juga memberikan kesan asri pada rumah.

Namun, tak semua orang dapat merawat tanaman hias dengan baik dan membuatnya lebih cepat layu, bahkan mati. Terlebih ketika tanaman hias gantung tidak tahan akan cuaca panas maupun hujan, tentu membutuhkan perawatan yang lebih ekstra.

Nah, bagi Mama yang tetap ingin mempercantik pekarangan, namun mencari tanaman hias gantung apa yang tahan pada kondisi panas maupun hujan. Tak perlu khawatir, berikut Popmama.com telah merangkum tanaman hias gantung yang tahan panas dan hujan.

Yuk, beli tanaman berikut untuk mempercantik rumah, Ma!

1. Petunia

1. Petunia
Pexels/Ryutaro Tsukata

Petunia menjadi salah satu tanaman hias gantung yang menghasilkan bunga sangat cantik. Perawatannya pun tidak sulit kok, Ma.

Apalagi tanaman hias gantung satu ini memiliki sifat yang tahan akan cuaca panas maupun hujan.

Dengan sifatnya yang bisa bertahan pada dua cuaca sekaligus, tanaman dengan bentuk bunga yang mirip seperti terompet dan corak warnanya sangat beragam ini sangat cocok dijadikan dekorasi untuk pekarangan rumah.

2. Aglaonema

2. Aglaonema
Pexels/Karolina Grabowska

Aglaonema atau dikenal dengan sri rezeki merupakan tanaman hias yang cukup populer bagi masyarakat Indonesia. Tanaman hias satu ini menjadi tanaman yang mampu tumbuh dalam cuaca panas maupun hujan sekaligus.

Memiliki corak daun yang unik yakni berwarna merah serta tulang daunnya berwarna hijau, tanaman sri rezeki mampu mempercantik pekarangan rumah. Selain itu, membuat udara sekitar rumah menjadi lebih segar karena sifatnya yang mampu menyerap zat beracun di udara.

Editors' Picks

3. Begonia

3. Begonia
Pixabay/monikasmigielska

Tanaman hias dengan bunga cantik lainnya yang cukup populer, yakni begonia. Dengan ragam corak dan bunga, tanaman begonia cocok dijadikan tanaman gantung sebagai penghias pekarangan maupun dalam ruangan.

Tak hanya itu, tanaman satu ini masuk ke dalam tanaman yang mudah dirawat karena dapat tumbuh dalam cuaca yang panas maupun hujan. Maka dari itu, cocok bagi Mama yang tengah mencari tanaman hias gantung yang mudah dalam perawatannya.

4. Lobelia

4. Lobelia
Pixabay/Nennieinszweidrei

Sebagai salah satu tanaman hias gantung yang memiliki bunga dengan warna cantik dan beraneka ragam, tanaman lobelia menjadi tanaman yang tidak memerlukan banyak perawatan. Lobelia dapat tumbuh subur tanpa bergantung musim, baik panas maupun hujan.

Dengan bunga yang tumbuh cantik, tanaman ini dapat bertengger dengan manis di pekarangan rumah dan bertahan meski dalam cuaca yang tak menentu sekalipun.

5. Wisteria

5. Wisteria
Pexels/Suzy Hazelwood

Wisteria menjadi tanaman hias gantung yang memiliki keindahan karena warnanya. Jika tumbuh dengan baik, panjang dari wisteria bisa sampai 30 meter, lho. 

Tanaman yang tumbuh di musim semi dan terkenal di Jepang ini juga cukup mudah perawatannya. Apalagi ini termasuk tanaman yang bisa bertahan dalam cuaca panas maupun dingin. Wisteria cocok untuk mempercantik pekarangan di dua cuaca yang ada di Indonesia.

6. Million bells

6. Million bells
Youtube.com/Suntory Flowers

Tanaman hias gantung dengan keunikan warna lainnya, yakni million bells. Mulai dari warna kuning, merah muda, ungu serta biru, tanaman ini cocok menjadi tanaman gantung untuk mempercantik pekarangan rumah.

Selain mempercantik, tanaman gantung satu ini juga dapat tumbuh dengan baik dalam berbagai cuaca, baik panas maupun hujan. Jadi tak perlu takut layu deh!

7. Jenggot putih

7. Jenggot putih
Lazada.co.id

Memiliki bentuk daun berwarna putih dan panjang menyerupai jenggot ini disebut sebagai tanaman hias gantung yang memiliki banyak sebutan. Mulai dari jenggot putih, jenggot musa, jenggot dewa, jenggot nabi, jenggot firaun, dan lain sebagainya.

Sesuai dengan namanya yang mirip dengan jenggot, tanaman berwarna putih ini memiliki daun yang lebat dengan panjang menjuntai hingga 6 meter.

Tidak perlu takut layu dan susah merawatnya, tanaman hias ini mampu beradaptasi baik dalam kondisi panas maupun hujan lho. 

Nah, itulah deretan tanaman hias gantung yang tahan saat cuaca panas maupun hujan. Bagaimana, tertarik mencoba menanamnya di rumah, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.