11 Manfaat Cuka untuk Membersihkan Peralatan Rumah Tangga

Cuka merupakan produk pembersih yang sangat serbaguna dan terjangkau lho

17 November 2020

11 Manfaat Cuka Membersihkan Peralatan Rumah Tangga
Pixabay/evita-ochel

Mama, mungkin pernah merasa kewalahan dengan alat rumah tangga atau daerah sekitar dapur yang kotor, tapi cairan pembersih masih belum ampuh untuk mengatasi permasalahan ini.

Nah, ada produk yang mungkin Mama miliki di rumah dan hampir bisa membersihkan setiap sudut permukaan rumah dengan mudah dan murah, yaitu cuka.

Meski cuka memiliki aroma yang tidak segar seperti lemon produk pembersih yang biasa Mama gunakan, namun cuka merupakan produk pembersih yang sangat serbaguna dan terjangkau lho, Ma.

Cuka dipercaya dapat menghilangkan jamur, bakteri, kotoran, serta aman digunakan pada berbagai permukaan rumah tangga dengan mudah. 

Maka dari itu, Popmama.com akan memberikan beberapa manfaat dari cuka yang bisa Mama gunakan untuk membersihkan kamar mandi, bagian dapur, ruang tamu, hingga kamar pribadi.

Disimak ya, Ma! 

1. Pembersih elektronik yang higienis

1. Pembersih elektronik higienis
Pexels/Kaboompics.com

Tidak yakin dengan kebersihan alat elektronik rumah tangga Mama?

Air saja ternyata tidak memiliki efek membersihkan pada peralatan yang sering kita gunakan seperti telepon, komputer, dan produk elektronik lainnya.

Jangan biarkan bakteri dan virus bertahan lama karena barang elektornik Mama tidak terlalu bersih. Mama bisa menggunakan cuka dan mencampurnya dengan air perbandingan 1:1 untuk membantu membersihkan alat elektronik Mama di rumah. Namun sebelum menyeka dengan kain lembab, cabut semua perangkat elektronik dari listrik ya! 

2. Menghapus lelehan lilin pada furnitur

2. Menghapus lelehan lilin furnitur
Freepik/Jcomp

Lilin memang bisa mempercantik ruangan dan membuat suasana semakin romantis dan tenang. Akan tetapi, lelehan lilin yang tersisa pada furnitur sulit untuk dibersihkan, apalagi jika dibiarkan dalam waktu yang lama.

Sebagai solusinya, Mama bisa menggunakan hair dryer untuk memanaskan sisa lilin hingga lilin meleleh, lalu bersihkan dengan campuran cuka sari apel dan air hangat.

3. Menghilangkan bau amis pada tempat makan

3. Menghilangkan bau amis tempat makan
Pixabay/jelly

Mama lupa mencuci tempat makan si Kecil sehingga menyebabkan bau tidak sedap. Mama hanya perlu menggosok permukaan tempat makan tersebut dengan cuka apel murni, setelah digosok, cuci menggunakan air hangat sampai bau cuka hilang ya, Ma.

4. Menghilangkan noda dalam kulkas

4. Menghilangkan noda dalam kulkas
Pixabay/mohamed_hassan

Noda dan bau tak sedap di lemari es biasanya mengganggu bau makanan lain. Nah, cara mengatasinya adalah dengan cuka apel yang sangat cocok untuk membersihkan noda di lemari es atau kulkas Mama.

Cara membuatnya, ambil sesendok cuka sari apel dan campur dengan air panas. Kemudian ambil kain yang dicelupkan ke dalam larutan cuka sari apel dan air panas.

Lap bagian dalam dan luar lemari es. Cara kedua adalah dengan meneteskan cuka sari apel pada kain.

Editors' Picks

5. Membersihkan kasur

5. Membersihkan kasur
Pexels/Dominika Roseclay

Mama ingin membersihkan kasur dengan cara mudah? Nah ini solusinya. Mama bisa campurkan cuka, sedikit alkohol, dan sedikit minyak pohon teh ke dalam botol spray.

Semprotkan sedikit pada kasur untuk membantu memerangi tungau debu, jamur, dan bau umum. Untuk pembersihan yang lebih dalam, ikuti dengan menuangkan soda kue. Biarkan mengering, lalu jika sudah kering Mama bisa vakum permukaan kasur ya.

6. Membersihkan permukaan lantai kamar mandi

6. Membersihkan permukaan lantai kamar mandi
Pexels/Karolina Grabowska

Untuk membersihkan permukaan ubin kamar mandi dengan cuka, campurkan 1/2 cangkir cuka suling putih dengan satu galon air hangat.

Lap lantai kamar mandi atau gosok perlahan dengan larutan dan biarkan mengering. Lalu bilas dan terlihat hasilnya ubin kamar mandi Mama akan bersih.

7. Membersihkan meja dapur

7. Membersihkan meja dapur
Pixabay/shadowfirearts

Membersihkan meja dapur menggunakan cuka adalah hal yang sangat sederhana. Mama cukup semprotkan cuka ke permukaan dan bersihkan dengan lap basah yang hangat.

Namun, Mama harus menghindari membersihkan meja dapur dengan cuka jika memiliki permukaan meja berbahan granit atau marmer ya, Ma! 

8. Menghilangkan aroma rokok

8. Menghilangkan aroma rokok
Freepik

Terdapat keluarga Mama yang perokok? Pastinya itu hal yang menyebalkan ya, Ma. Karena jika merokok di dalam rumah tentu akan meninggalkan bau yang tidak hilang dan dapat menempel pada furnitur. 

Hal yang biasa dilakukan yaitu menyemprot ruangan dengan parfum ruangan atau sejenisnya, namun itu tidak mempan dan wanginya hanya bertahan beberapa jam saja.

Mama bisa hilangkan bau asap rokok tersebut dengan bersih dan tuntas dengan cara menyimpan satu mangkuk berisi cuka apel murni di sudut ruangan ya.

9. Menghilangkan noda di baju

9. Menghilangkan noda baju
Pexels/Karolina Grabowska

Apakah ada noda membandel seperti tinta pada pakaian Mama, si Kecil atau Papa? Ternyata cuka bisa menghilangkan noda tinta pada pakaian, lho!

Cuka tidak hanya dapat menghilangkan tinta pulpen nih Ma, tetapi juga bisa menghilangkan sisa lem stiker atau label, noda pada stainless steel dan bahan lainnya seperti lantai kayu.

Cuka bisa menjadi pilihan untuk mencuci noda pada pakaian karena noda tidak akan luntur pada warna kain saat pakaian dibersihkan lho, Ma.

10. Membersihkan gunting yang lengket

10. Membersihkan gunting lengket
Pixabay/Bilder_meines_Lebens

Mama memiliki kebiasan membersihkan gunting menggunakan air? Ternyata itu menyebabkan gunting cepat karat dan membuat lengket.

Sebagai gantinya, Mama bisa gunakan campuran cuka apel dan lemon dengan perbandingan 2:1 ya. Karat akan tergosok bersih dan gunting pun akan tajam kembali lho, Ma.

11. Membersihkan karpet yang terkena air seni hewan peliharaan

11. Membersihkan karpet terkena air seni hewan peliharaan
Pixabay/yuanjie221

Jika peliharaan Mama mengeluarkan air seni di karpet rumah Mama pastinya mengeluarkan bau tidak sedap. Nah Mama bisa menghilangkan bau hewan dari karpet menggunakan cuka apel dengan cara basahi noda dengan cuka dan taburi dengan soda kue.

Kerjakan keduanya dengan kuas atau jari Mama. Biarkan karpet tersebut mengering, idealnya semalam ya Ma, lalu Mama bisa lakukan vakum pada karpet ya.

Itu dia manfaat dari cuka yang bisa membersihkan perabotan rumah tangga, selain harganya yang terjangkau ini sangat mudah dilakukan lho, Ma. Selamat mencoba ya, Mama!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.