6 Bahan Alami yang Bisa Menghilangkan Bau Amis di Tangan

Bau amis bisa cepat hilang nih, Ma!

4 Mei 2021

6 Bahan Alami Bisa Menghilangkan Bau Amis Tangan
Pexels/cottonbro

Bau amis umumnya berasal dari ikan atau daging. Selain alat makan dan peralatan masak, bau amis pun sering menempel di tangan serta sulit dihilangkan dengan sabun dan air saja.

Bila ini terjadi, Mama perlu mencari cara dan solusi untuk menghilangkan bau amis di tangan. Bahan-bahan alami pun bisa digunakan sebagai solusi untuk menghilangkan bau amis nih, Ma.

Ikan bisa mengeluarkan bau amis yang lebih menyengat setelah dibakar. Pada kondisi ini terdapat bakteri dan enzim ikan yang mengubah Trimethylamine Oxide (TMAO) menjadi Trimethylamine (TMA).

Nah, cara menghilangkan bau amis di tangan dengan bahan alami ini bisa membuat TMA mengikat air dan membuatnya tidak stabil, lalu bau amis bisa pelan-pelan menghilang.

Dilansir dari Home Kitchen Magazine, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau amis di tangan.

1. Pasta gigi membantu tangan terhindar dari bau amis

1. Pasta gigi membantu tangan terhindar dari bau amis
Pixabay/stevepb

Trik ini direkomendasikan oleh para ahli restoran seafood. Setelah mengolah ikan, mereka biasanya mengolesi tangan dengan pasta gigi dan gosok seluruh tangan.

Mulai dari telapak tangan dan punggung tangan, setelah itu bilas dengan air hangat. Tangan akan berbau lebih segar.

2. Cuci tangan dengan air dingin terlebih dahulu

2. Cuci tangan air dingin terlebih dahulu
Freepik/gelato91
Dok. Jovee

Cuci tangan dengan air dingin terlebih dahulu menjadi cara terbaik untuk menghilangkan bau amis di tangan.

Jika Mama memilih untuk mencuci tangan yang berbau amis dengan air hangat terlebih dahulu, itu kesalahan besar. Cara seperti tersebut justru akan membuat bau amis di tangan semakin kuat.

Cara yang benar, yakni dengan mencuci tangan dengan air dingin terlebih dahulu. Setelah itu, cuci tangan dengan air sabun hangat. Cara ini akan berhasil menghilangkan bau yang menempel di area sekitar tangan.

Editors' Picks

3. Bubuk arang bisa membantu untuk menghilangkan bau amis

3. Bubuk arang bisa membantu menghilangkan bau amis
Unsplash/Mat Reding

Menggunakan bubuk arang menjadi cara lain untuk menghilangkan bau amis. Serbuk arang bisa efektif digunakan juga lho, Ma.

Cara ini sudah terbukti sejak zaman dahulu kala. Selain dioleskan ke area tangan, bubuk arang juga bisa menghilangkan bau amis pada talenan, pisau dan alat makan lainnya.

Cara menerapkan ini sangatlah mudah, Mama hanya perlu menyiapkan bubuk arang secukupnya. Lalu, olesi tangan atau bagian yang memiliki aroma amis secara merata.

Gosok perlahan selama kurang lebih lima menit atau sampai bau amis tidak lagi tercium. Jika sudah terasa bau amis sudah hilang, bilas dengan air bersih yang sudah dicampur sabun cuci piring.

4. Gunakan air jeruk dari jeruk nipis atau lemon

4. Gunakan air jeruk dari jeruk nipis atau lemon
Unsplash/Jason Dent

Air jeruk menjadi cara efektif lainnya untuk menghilangkan bau amis di tangan. Biasanya jeruk yang digunakan, yakni jeruk nipis atau lemon.

Hal ini karena kedua jenis jeruk tersebut memiliki wangi yang tajam, sehingga dapat menutupi bau amis di tangan.

Namun, disarankan agar tetap mencuci tangan dengan sabun terlebih dahulu, kemudian mencucinya kembali menggunakan air jeruk nipis.

5. Menggunakan garam dengan gosok bagian yang bau amis

5. Menggunakan garam gosok bagian bau amis
Pexels/Artem Beliakin

Selain untuk masakan, garam biasanya digunakan saat ingin merendam kaki untuk merelaksasi ketika sedang sakit.

Garam juga memiliki manfaat untuk menghilangkan bau amis yang menempel di tangan lho, Ma. Mama tidak perlu merendam tangan dalam air garam. Ambil satu sendok garam, gosokkan di telapak tangan, lalu bilas dengan air dan sabun tangan.

6. Daun kemangi bisa digosokkan secara merata di bagian tangan

6. Daun kemangi bisa digosokkan secara merata bagian tangan
Pixabay/kkolosov

Daun kemangi merupakan salah satu jenis lalapan yang enak disantap dengan aneka seafood. Baunya harum dan bisa membuat mulut tidak tercium menyengat karena ikan dan sambal. Selain membantu mulut lebih wangi dan segar, kemangi bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis di area tangan.

Mama hanya perlu menggosokkan basil di tangan secara merata, lalu bilas dengan sabun dan air bersih. Begitu juga pada pisau dan alat makan yang berbau amis.

Mama bisa menggunakan kemangi untuk mencuci dengan menggosok daun kemangi hingga bau amis hilang. Jika masih belum juga hilang, rendam alat ini dalam air yang sudah dicampur daun kemangi selama 10-20 menit. Kemudian jangan lupa bilas dengan air bersih.

Nah, itu tadi beberapa trik yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau amis di tangan menggunakan bahan-bahan alami.

Semoga bermanfaat ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.