5 Cara Mengusir dan Mengantisipasi Kodok Masuk ke Rumah

Kehadiran kodok di dalam rumah bisa diusir dengan berbagai cara

18 April 2021

5 Cara Mengusir Mengantisipasi Kodok Masuk ke Rumah
Pexels/karol Czinege

Melihat makhluk amfibi ini yang masuk ke rumah jelas mengagetkan. Kodok bisa masuk ke dalam rumah mungkin karena cuaca di luar sedang hujan, bahkan mungkin saja tidak sengaja berjalan ke halaman depan dan masuk ke dalam rumah.

Kodok memang ahli di habitatnya, di lingkungan yang kering dan basah, namun tidak di lingkungan rumah Mama.

Oleh karena itu, jika Mama menemukan kodok dirumah dan bingung mengusirnya, tidak perlu khawatir atau pun membunuh hewan tersebut.

Karena Popmama.com punya cara yang ramah mengusir hewan ini masuk ke rumah kita, seperti dilansir dari Dengarden.

1. Jangan dibunuh saat masuk ke dalam rumah

1. Jangan dibunuh saat masuk ke dalam rumah
Pexels/Pixabay

Ketika sering melihat kodok di sekitar area rumah, mungkin ada pikiran yang terlintas untuk membunuh hewan tersebut. Namun, perlu dipahami bahwa ada beberapa spesies kodok yang mungkin dilindungi karena langka.

Untuk tetap menciptakan perasaan aman dan nyaman, maka perlu melakukan pengusiran menggunakan gagang sapu atau tongkat panjang yang ada di rumah.

Editors' Picks

2. Pangkas beberapa tanaman liar dan bersihkan kolam renang

2. Pangkas beberapa tanaman liar bersihkan kolam renang
Freepik/pvproductions

Jika halaman rumah Mama memiliki kolam ikan atau kolam renang, maka tempat tersebut yang menarik bagi kodok untuk datang ke sekitar rumah. Mama perlu menguras kolam agar tetap bersih, bahkan bisa membiarkannya selama beberapa minggu.

Selain itu, Mama juga bisa memangkas tanaman liar yang sudah mulai panjang di halaman depan atau belakang rumah. Jangan juga tinggalkan air minum untuk burung atau hewan lain di rumah.

Hal-hal tersebut akan membuat pekarangan rumah menjadi kurang menarik bagi kodok. Akhirnya, mereka pun akan pergi begitu saja dan mencari tempat lain untuk tinggal.

3. Jangan biarkan rumah lembap

3. Jangan biarkan rumah lembap
Pexels/cottonbro

Kodok menyukai tempat yang lembap karena memberikan kenyamanan untuk mereka tinggal. Jika rumah Mama dekat dengan selokan atau sawah, mungkin akan dihampiri kodok.

Namun, ada juga kodok yang datang ke rumah untuk mencari makan, seperti serangga yang hinggap di semak-semak sekaligus untuk mencari tempat tinggal.

Gunakan pemotong rumput untuk merapikan halaman dari semak belukar yang saja akan dikunjungi kodok. Setelah itu, tutup akses saluran pembuangan menuju selokan dengan kawat.

4. Antisipasi dengan membuat penghalang

4. Antisipasi membuat penghalang
Instagram/wiyoganurdiansyah

Beberapa kodok bisa melompat sangat tinggi, cegah kodok baru masuk ke halaman dengan penghalang yang tidak bisa mereka lewati atau lewati.

Siapkan pagar plastik atau jaring di sekitar halaman, pastikan lubangnya kecil bahkan lebih kecil dari kawat ayam sehingga kodok kecil tidak bisa masuk.

Penghalang akan berfungsi menahan kodok masuk ke rumah, sehingga tidak berani datang kembali.

5. Ambil kodok dengan tangan

5. Ambil kodok tangan
Pixabay/MabelAmber

Sekarang saatnya membuang kodok yang mungkin masih ada di pekarangan secara fisik. Karena dengan menghilangkan habitat dan makanan mereka serta memasang pagar, kodok yang ditangkap dan disingkirkan tidak akan mau kembali.

Angkat dan keluarkan. Dengan menggunakan jaring bergagang panjang dengan jaring berlubang kecil, keluarkan kodok dari kolam dan tempatkan mereka ke dalam wadah yang tinggi, seperti tong sampah atau tong yang ringan.

Ini benar-benar pekerjaan dua orang. Siapkan tutupnya. Satu orang memasukkan kodok ke dalam wadah sementara yang lain dengan cepat membuka dan menutup tutupnya.

Cobalah menangkap di malam hari, saat katak paling aktif. Jika membawa senter dan menyinari mata mereka, mereka akan terpana dan tidak bisa bergerak.

Ini akan membuat mereka lebih mudah ditangkap. Selain itu, mungkin berguna untuk mengetahui bahwa kodok tidak dapat menoleh untuk melihat ke belakang.

Setelah semuanya dikumpulkan ke dalam wadah tertutup, Mama dapat membawanya ke kolam atau sungai dan melepaskannya.

Itu tadi beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengusair kodok di dalam rumah, dengan sedikit antisipasi dan melakukan action bisa terhindar dari kodok.

Lakukan dengan mengusir dengan tongkat atau gagang sapu, dari pada untuk membunuhnya, kodok biasanya tidak tahan di lingkungan yang kering.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.