Manfaat Soda Kue untuk Membersihkan Peralatan Dapur Hingga Perhiasan

Ada beberapa manfaat dari soda kue yang jarang diketahui nih, Ma!

28 Mei 2021

Manfaat Soda Kue Membersihkan Peralatan Dapur Hingga Perhiasan
Freepik/freepik

Mama sekarang tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk memberli bermacam macam produk pembersih.

Sebagaian besar barang-barang di rumah bisa dibersihkan dengan natrium bikarbonat atau senyawa yang ada di soda kue atau baking soda.

Mulai dari peralatan dapur seperti microwave, karpet, kasur bahkan sampai ke perhiasan juga bisa dicuci bersih dan kinclong seketika.

Berikut beberapa manfaat soda kue untuk membersihkan berbagai peralatan dan perabotan rumah tangga yang mungkin jarang diketahui orang. Popmama.com sudah merangkumnya secara detail. 

Yuk, disimak!

1. Manfaat soda kue untuk membersihkan karpet dan kasur

1. Manfaat soda kue membersihkan karpet kasur
Realsimple.com

Soda kue dapat menghilangkan noda dan bau tidak sedap pada kasur dan karpet lho, Ma.

Jika sebelumnya perlu mencuci karpet, kali ini cobalah menggunakan soda kue untuk mengatasi dan menyingkirkan bakteri yang tersembunyi. Selain itu, penggunaan soda kue ini bisa membuat karpet dan kasur terhindar dari bau apek.

Untuk melakukannya, perlu oleskan larutan soda kue dan air pada noda di seluruh kasur atau karpet. Biarkan semalaman atau selama mungkin agar soda kue bisa bekerja dengan baik.

Selain itu, coba bersihkan noda dengan kain lembap. Cara yang sama pun bisa digunakan untuk membersihkan bagian dalam sepatu.

Editors' Picks

2. Manfaat soda kue untuk membersihkan noda makanan dan minyak

2. Manfaat soda kue membersihkan noda makanan minyak
Freepik

Sebelum masuk ke peralatan apa saja yang bisa dibersihkan oleh soda kue, Mama perlu mengetahui bahwa bahan ini juga dapat membersihkan noda makanan yang menempel atau penuh minyak.

Minyak dan noda makanan yang menempel pada wadah atau kotak makanan, terutama yang terbuat dari plastik sangat sulit untuk dibersihkan.

Soda kue dapat melarutkan minyak dan lemak membandel yang menempel pada wadah. Oleskan soda kue menggunakan spons pada bagian wadah yang kotor, lalu rendam dengan air panas semalaman.

Tak hanya noda minyak dan makanan, noda gosong di wajan juga bisa hilang. Taburkan soda kue pada permukaan wajan yang menghitam, siram dengan air, lalu didihkan.

Biarkan wajan hingga keesokan harinya, lalu bersihkan.

3. Peralatan dapur bisa dibersihkan dengan soda kue

3. Peralatan dapur bisa dibersihkan soda kue
Pexels/daria-shevtsova

Ada banyak peralatan di rumah yang mungkin memiliki noda membandel dan sulit dibersihkan. Mama pun bisa menggunakan soda kue untuk membersihkan berbagai peralatan dapur. 

Berikut beberapa peralatan yang bisa dibersihkan dengan soda kue, antara lain: 

  • Oven dan microwave

Oven dan microwave sering sekali mengumpulkan kotoran yang membandel, sehingga sulit untuk dibersihkan. Coba keluarkan rak dan baki dari oven dan meja putar dari microwave.

Campurkan semangkuk soda kue dengan air atau cuka putih untuk membuatnya menempel pada noda. Oleskan pada dinding oven dan microwave untuk menghindari elemen pemanas, lalu biarkan semalaman.

Bersihkan dinding dengan kain lembap untuk menghilangkan soda bikarbonat, lalu semprotkan cuka putih. Jika campuran mulai berbusa, lalu bersihkan dengan kain lembab. Taburi rak dengan soda kue dan semprot lagi dengan cuka.

Rendam dalam air panas setelah berbusa, lalu bersihkan kotoran dengan spons dan air.

  • Menghilangkan bau di kulkas

Jika lemari es di rumah mengeluarkan bau yang tidak sedap, maka soda kue bisa digunakan untuk menghilangkan bau dengan mudah.

Soda kue akan menyerap bau menyengat dari makanan, sehingga tidak mengubah rasa makanan di sekitarnya.

  • Dinding atau wallpaper

Dinding yang kotor karena sering disentuh atau terkena percikan makanan saat memasak juga bisa dibersihkan dengan soda kue.

Gunakan spons basah untuk mengoleskan soda kue pada noda di dinding. Bersihkan noda dengan lembut menggunakan sisi spons yang kasar.

4. Manfaat soda kue untuk membersihkan perhiasan

4. Manfaat soda kue membersihkan perhiasan
Pexels/Emma Bauso

Selain bisa membersihkan noda membandel di peralatan dapur, soda kue juga ampuh membersihkan perhiasan seperti emas dan perak.

Coba campurkan bubuk soda kue dan air secukupnya, lalu aduk. Oleskan campuran ini ke permukaan perhiasan sambil digosok perlahan menggunakan lap basah.

Bilas dengan air hangat, lalu perhiasan pun akan kembali berkilau seperti sebelumnya. Bisa juga dengan cara mencampurkannya dengan cuka saat proses pembersihan. 

Rendam perhiasan di dalam campuran 8 sendok makan cuka dan 2 sendok makansoda kue selama kurang lebih 2-3 jam. Bilas menggunakan air dingin dan keringkan memakai kain lembut.

Nah, itulah beberapa manfaat dari soda kue yang bisa membersihkan barang-barang di rumah. Pergunakan dengan sewajarnya saja dan kenali efek samping dari soda kue terlebih dahulu sebelum mulai menggunakannya. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk