6 Bunga Khas Imlek, Dipercaya Membawa Keberuntungan

Masyarakat Tionghoa gemar menghias rumah dengan pernak-pernik Imlek, salah satunya tanaman hias

26 Januari 2022

6 Bunga Khas Imlek, Dipercaya Membawa Keberuntungan
Uunsplash/Ilumire

Perayaan Imlek sudah semakin dekat. Tahun ini, perayaan Imlek jatuh pada 1 Februari 2022. Meski tahun ini perayaan Imlek masih dibatasi akibat pandemi Covid-19, namun hal itu tidak menyurutkan semangat tahun baru bagi masyarakat Tionghoa. 

Imlek identik dengan aneka hidangan yang disiapkan khusus untuk keluarga dan kerabat yang datang ke rumah. Tak hanya itu, masyarakat Tionghoa juga gemar mendekorasi rumah untuk menyambut tahun baru Imlek. Mereka akan menghias rumah dengan pernak-pernik Imlek, seperti lampion, tanaman hias, hingga bunga. 

Ada beberapa bunga khas Imlek yang dipercaya bisa membawa hoki atau keberuntungan bagi pemilik rumah maupun tamu yang datang ke rumah tersebut.

Kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa jenis bunga khas Imlek yang dipercaya sebagai pembawa keberuntungan. Simak informasinya di bawah ini ya, Ma!

1. Mei hwa (plum blossom)

1. Mei hwa (plum blossom)
Unsplash/Hayakasa

Bunga mei hwa (plum blossom) memang identik dengan perayaan Imlek. Bunga ini mirip seperti bunga sakura dan menjadi salah satu ornamen yang wajib ada di rumah masyarakat Tionghoa saat merayakan Imlek. 

Mei hwa memiliki makna kemakmuran, kesejahteraan, keberuntungan, dan kebahagiaan. Oleh karena itu, pemilik rumah yang memasang bunga mei hwa saat Imlek dipercaya akan mendapat hoki selama tahun baru. 

Bunga ini umumnya diletakkan di wadah kecil atau di pojok ruangan yang berdekatan dengan sofa. Beberapa orang juga kerap menggantung lampion kecil atau angpau pada sela-sela cabang bunga mei hwa. 

2. Anthurium

2. Anthurium
Unsplash/Hpzworkz

Tanaman anthurium atau biasa disebut flamingo lily memiliki bunga berwarna merah yang cantik. Tak hanya dikenal karena keindahannya, bunga anthurium ternyata juga bisa membantu menghilangkan polusi udara dan memiliki makna keberuntungan dan kemakmuran. 

Maka tak heran, jika bunga anthurium sering dijadikan hiasan bunga di rumah-rumah masyarakat Tionghoa. Selain itu, bunga ini juga bisa dijadikan sebagai hadian ketika berkunjung ke rumah kerabat atau teman. 

Editors' Picks

3. Bunga bakung

3. Bunga bakung
Unsplash/Edge2edgemedia

Bunga bakung atau bunga lily merupakan salah satu tanaman yang wajib ada di rumah masyarakat Tionghoa saat merayakan Imlek. Bunga yang memiliki kelopak berwarna pink ini diyakini mampu membawa keberuntungan pada siapa saja yang merawatnya. 

Selain itu, bunga bakung juga memiliki makna kesucian, kemakmuran, dan kebaikan. Apabila bunga bakung dijadikan sebagai hiasan bunga di rumah, maka pemilik rumah akan dilimpahi kebahagiaan selama tahun baru. 

4. Anggrek phalaenopsis

4. Anggrek phalaenopsis
Unsplash/Isaacquesada

Bunga khas Imlek selanjutnya ialah anggrek phalaenopsis. Bunga yang memiliki nama lain hu die lan in ini dipercaya bisa membawa keberuntungan saat menyambut tahun baru Imlek. 

Bunga anggrek phalaenopsis memiliki keunikan tersendiri dibanding bunga anggrek lainnya. Bunga anggrek satu ini berbentuk layaknya sayap kupu-kupu dengan warna cerah. Oleh karena itu, bunga anggrek phalaenopsis juga melambangkan keceriaan dan umur panjang. 

5. Bunga krisan

5. Bunga krisan
Unsplash/Alisaanton

Bunga krisan memiliki banyak warna dengan makna yang berbeda-beda antara satu bunga dan bunga lainnya.

Untuk perayaan Imlek, Mama sebaiknya tidak meletakkan atau membawa bunga krisan berwarna putih. Sebab, warna putih dan hitam diyakini melambangkan kesialan saat tahun baru Imlek. 

Mama bisa meletakkan bunga krisan berwarna merah yang dipercaya bisa membawa keberuntungan, kekayaan, dan umur panjang. Mama juga bisa memiliki bunga krisan warna emas atau ungu cerah yang juga melambangkan keberuntungan dan kebahagiaan. 

6. Bunga peony

6. Bunga peony
Unsplash/Daiga_ellaby

Rekomendasi bunga khas Imlek yang terakhir ialah bunga peony. Bunga ini bisa dijadikan hiasan di rumah pada perayaan Imlek atau hadiah bagi keluarga dan kerabat. 

Berdasarkan mitologi Tiongkok, bunga peony melambangkan kekayaan, perdamaian, dan kemakmuran bagi siapa saja yang merawatnya. Di sisi lain, bunga ini juga bisa membawa kebahagiaan bagi pemilik rumah yang menjadikan peony sebagai hiasan Imlek. 

Nah Ma, itulah enam bunga khas Imlek yang dipercaya membawa keberuntungan. Bunga-bunga di atas juga bisa dijadikan salah satu referensi hadiah Imlek untuk keluarga, kerabat, maupun sahabat.

Selamat merayakan Imlek bagi Mama dan keluarga yang merayakan, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk