6 Bunga yang Cocok Jadi Dekorasi Natal

Beberapa bunga seperti kastuba, lili, hingga kalanchoe bisa dijadikan alternatif dekorasi Natal

1 Desember 2021

6 Bunga Cocok Jadi Dekorasi Natal
Unsplash/Rossdomke

Menjelang perayaan Natal, sebagian orang sudah mulai menghias rumah dengan pernak-pernik khas Natal. Tidak hanya pohon cemara yang menjadi keunikan dari perayaan Natal, namun Mama juga bisa dekorasi rumah dengan beberapa bunga. 

Beberapa bunga seperti kastuba, lili, hingga sukulen bisa dijadikan alternatif untuk mempercantik dekorasi rumah saat perayaan Natal.

Kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa bunga cantik yang bisa dijadikan dekorasi Natal untuk mempercantik ruangan.

1. Lili putih

1. Lili putih
Unsplash/Matty10

Lili putih yang berbentuk seperti terompet cocok digunakan sebagai dekorasi ruangan saat perayaan Natal. Warna putih melambangkan kesucian selama perayaan Natal. 

Untuk mempercantik ruangan, Mama bisa meletakkan bunga lili di dalam vas bunga. Perlu diketahui bahwa bunga ini bisa bertahan selama 10 hari di dalam vas atau pot tanaman. Jangan lupa untuk membersihkan kelopak lili agar tidak ada noda dari serbuk sari. 

2. Gladiolus

2. Gladiolus
Unsplash/Earl_plannerzone

Gladiolus cukup mudah ditemukan di toko-toko bunga Indonesia. Bunga ini memiliki kelopak berbentuk lonceng dan tangkai yang panjang. Tanaman ini akan terlihat lebih cantik apabila terkena sinar matahari. 

Gladiolus memiliki warna beragam, mulai dari merah, putih, kuning, jingga, hingga merah muda. Untuk perayaan Natal, Mama bisa menggunakan gladiolus putih sebagai dekorasi ruangan. 

Editors' Picks

3. Amarilis

3. Amarilis
Unsplash/Jasonsung

Bunga amarilis cukup dikenal karena warna kelopaknya yang terang dan cantik. Amarilis bisa bertahan selama berminggu-minggu meskipun minim perawatan. 

Itulah sebabnya, bunga ini cocok dijadikan dekorasi ruangan saat perayaan Natal. Amarilis yang cocok untuk perayaan Natal, yakni amarilis berwarna merah, putih, atau merah muda. Mama dapat meletakkan amarilis di dalam pot yang memiliki corak dekoratif khas Natal atau dimasukkan di dalam vas kaca. 

4. Kastuba

4. Kastuba
Unsplash/Pistos

Kastuba atau memiliki nama lain Poinsettia cocok dijadikan dekorasi ruangan untuk membangkitkan suasana Natal. Tanaman cantik yang memiliki kelopak berwarna merah ini menyukai angin dingin di bulan Desember. 

Oleh karena itu, Mama bisa menempatkan bunga kastuba di dalam pot dan letakkan di dekat jendela atau pintu. Keunikan lainnya dari kastuba, yakni warna daunnya yang berubah sesuai musim. Saat musim dingin, daun akan berwarna merah, jingga, hingga putih. 

5. Cyclamen

5. Cyclamen
Unsplash/Raeniver

Beberapa orang mungkin belum akrab dengan tanaman cyclamen. Namun, tanaman yang memiliki daun dan bunga berbentuk hati ini cocok untuk mencerahkan dekorasi Natal di rumah. 

Bunga cyclamen memiliki warna ungu, merah, putih, dan merah muda sehingga cocok untuk mempercantik ruangan. Mama bisa meletakkan cyclamen di dalam pot dan disandingkan dengan bunga cantik lainnya. 

6. Kalanchoe

6. Kalanchoe
Unsplash/Raeniver

Kalanchoe termasuk tanaman sukulen yang menyukai cahaya terang, namun bukan sinar matahari langsung. Apabila Mama ingin menjadikan kalanchoe sebagai dekorasi Natal, sebaiknya tempatkan tanaman di dapur, kamar mandi, atau ruang keluarga yang tidak terkena sinar matahari langsung. 

Untuk perawatannya, hanya perlu menyiram tanaman saat tanah mulai kering dan biarkan sisa air mengalir untuk mencegah akar membusuk. 

Selain pohon cemara, Mama ternyata bisa menggunakan bunga atau pernak-pernik lainnya untuk mempercantik ruangan. Dari enam bunga cantik di atas, mana bunga favorit mama saat perayaan Natal?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk