6 Cara Membersihkan Telinga Kucing, Jangan Sampai Salah

Beberapa kucing tidak mampu membersihkan lubang telinga mereka sendiri

16 November 2021

6 Cara Membersihkan Telinga Kucing, Jangan Sampai Salah
Unsplash/Visucy

Kucing adalah salah satu hewan yang betah berlama-lama membersihkan diri sendiri. Oleh karena itu, sebagian besar kucing tidak membutuhkan bantuan untuk membersihkan tubuh mereka. Kucing bisa terlihat bersih dan terawat meski hanya membersihkan dirinya sendiri tanpa bantuan manusia. 

Namun, beberapa kucing tidak mampu membersihkan lubang telinga mereka. Badan mereka bisa terlihat bersih, tetapi kotoran-kotoran masih tersisa dalam telinga. Dalam kasus ini, kucing membutuhkan manusia untuk membersihkan kotoran di telinganya. 

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk membersihkan telinga kucing? Bagaimana cara membersihkan kotoran yang menempel dalam telinga kucing tanpa menyakitinya? Ternyata membersihkan telinga kucing cukup mudah lho, Ma. 

Nah, Popmama.com kali ini telah merangkum beberapa cara membersihkan telinga kucing dikutip dari The Spruce Pets. 

1. Bersihkan terlebih dahulu area lubang telinga

1. Bersihkan terlebih dahulu area lubang telinga
Unsplash/Fjord77

Pertama, dudukkan kucing di atas pangkuan yang sudah dilapisi handuk. Proses pembersihan telinga kucing biasanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit. 

Sebelum membersihkan area dalam telinga kucing, Mama sebaiknya membersihkan terlebih dahulu area luar telinga. Pastikan area sekitar lubang kucing bersih dari kotoran maupun bulu yang menutup lubang.

Mama boleh memotong bulu kucing yang terlalu panjang, sehingga lubang telinga mudah diakses untuk membersihkan kotoran di dalamnya. Bulu-bulu tersebut bisa menghalangi ketika sedang membersihkan kotoran sekaligus menghambat pergerakan kotoran telinga ke luar. 

2. Sediakan mainan atau cemilan

2. Sediakan mainan atau cemilan
Unsplash/Sandym10

Untuk memastikan kucing tetap tenang saat telinganya dibersihkan, Mama bisa menyiapkan cemilan di sekitar kucing. Jangan membersihkan telinga kucing ketika mereka tidak bisa diam dan tenang di satu tempat. 

Mama perlu memastikan kucing tenang agar proses pembersihan tidak menyakitinya. Apabila kucing tetap tidak bisa diam, Mama sebaiknya menyiapkan mainan untuk mengalihkan fokusnya.

Editors' Picks

3. Bersihkan gunakan minyak zaitun

3. Bersihkan gunakan minyak zaitun
Unsplash/Thesollers

Ada beberapa barang yang perlu dipersiapkan untuk membersihkan telinga kucing, di antaranya minyak zaitun, tetes telinga, bola kapas atau cotton bud, dan wadah berisi air hangat. 

Mama sebaiknya menghangatkan terlebih dahulu minyak zaitun atau tetes telinga sebelum meneteskan ke telinga kucing. Caranya, yakni tempatkan minyak zaitun dan tetes telinga ke dalam panci berisi air hangat, bukan air panas. 

4. Pijat lembut telinga kucing

4. Pijat lembut telinga kucing
Unsplash/Joshcouchdesign

Selanjutnya, teteskan satu hingga tiga tetes minyak zaitun atau pembersih telinga ke lubang telinga kucing. Teteskan cairan tersebut ke kedua telinga kucing mama. Apabila cairan sudah masuk, pijat lembut bagian pangkal telinga kucing. 

Pijatan dilakukan guna membuat minyak zaitun melapisi bagian dalam telinga kucing hingga merata. Kucing biasanya akan menggoyangkan kepalanya secara spontan karena efek pemberian cairan tersebut. 

5. Bersihkan secara perlahan dengan cotton bud

5. Bersihkan secara perlahan cotton bud
Unsplash/Ehyleong

Setelah lima menit, Mama perlu mengeluarkan kotoran dari telinga kucing. Caranya, bersihkan bagian dalam telinga menggunakan cotton bud yang telah dicelupkan ke dalam air hangat. 

Mama juga bisa menggunakan bola kapas untuk membersihkan minyak dan kotoran dari telinga kucing. Lakukan langkah tersebut secara bergantian pada telinga sisi kiri dan kanan. Jangan lupa untuk mengusap telinga kucing dengan tisu kering apabila masih ada cairan yang menetes.

6. Perhatikan hal detail di telinga kucing

6. Perhatikan hal detail telinga kucing
Unsplash/Quinoal

Terakhir, perhatikan hal-hal detail di telinga kucing ketika membersihkannya. Apabila keluar darah atau aroma tak enak dari telinga, maka itu bisa menandakan terjadi pembengkakan di salah satu bagian telinga.  

Jika hal itu terjadi pada kucing di rumah, maka segera bawa kucing ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut. Kesehatan telinga menandakan kesehatan tubuh kucing. Apabila terjadi infeksi pada telinga kucing, maka kucing bisa kehilangan indera pendengarannya. 

Membersihkan telinga kucing cukup mudah bagi Mama yang sudah berpengalaman. Jangan lupa untuk memberikan hadiah kecil pada kucing ketika ia sudah berhasil bersikap tenang dan diam selama proses pembersihan berlangsung. 

Semoga beberapa cara membersihkan telinga kucing di atas bisa membantu ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.