5 Desain Apartemen Minimalis a la Drama Korea

Desain minimalis apartemen Korea memadukan gaya tradisional dan elemen modern

17 September 2021

5 Desain Apartemen Minimalis a la Drama Korea
Instagram/Oneroom.make

Apakah Mama seorang penggemar drama Korea? Drama Korea memang memikat hati banyak orang karena alur ceritanya yang unik dan kerap menggambarkan kehidupan asli masyarakat Korea. 

Drama korea juga memiliki daya tarik tersendiri bagi Mama yang sedang bingung memilih dekorasi rumah yang tepat. Sebab, dekorasi rumah yang muncul di drama Korea sedang menjadi tren di kalangan masyarakat. 

Sebagian besar masyarakat Korea memilih tinggal di apartemen, sehingga mereka menerapkan desain minimalis pada hunian mereka.

Desain minimalis itu memadukan gaya tradisional dan elemen modern. Itulah sebabnya, desain rumah orang Korea bisa menjadi salah satu ide desain hunian yang bisa ditiru. 

Mau tahu ciri khas apartemen atau rumah masyarakat Korea yang kerap muncul di drama? Berikut Popmama.com rangkum beberapa desain minimalis apartemen Korea yang sedang menjadi tren di kalangan penggemar drama Korea.

1. Lantai menggunakan material kayu

1. Lantai menggunakan material kayu
Unsplash/Timothybuck

Kayu menjadi material favorit orang Korea. Material kayu ini yang menonjolkan gaya tradisional sering dijadikan interior untuk mempercantik apartemen. Kayu yang digunakan umumnya berwarna terang dan berserat lurus. 

Warna terang memberikan kesan ruangan yang luas sekaligus menciptakan suasana hangat di dalam apartemen. Selain itu, warna terang juga memberikan atmosfer alam di sekitar apartemen.  

Editors' Picks

2. Dominasi warna monokrom

2. Dominasi warna monokrom
Instagram/Oneroom.make

Orang Korea menyukai warna-warna monokrom untuk mempercantik apartemen mereka. Putih adalah warna yang mendominasi hampir seluruh hunian mereka. Selain putih, orang Korea juga menambahkan warna-warna cerah natural seperti abu-abu, cokelat, biru, dan krem. 

Warna cerah natural itu memberikan kesan netral, sederhana, dan menenangkan. Sementara itu, warna hitam maupun cerah biasanya diciptakan oleh tanaman atau pencahayaan alami. 

3. Tidak menggunakan ranjang

3. Tidak menggunakan ranjang
Instagram/Oneroom.make

Mama tentu tidak asing lagi melihat orang Korea tidur tanpa ranjang. Ya, itulah kebiasaan orang Korea yang tidur di lantai tanpa ranjang. Kebiasaan tersebut justru menjadi ciri khas hunian orang Korea yang kerap muncul di drama. 

Orang Korea umumnya hanya menggunakan papan tipis sebagai alas kasur. Kasur tanpa ranjang itu menonjolkan sisi minimalis dalam hunian serta membuat sauna ruangan lebih luas dan cozy. 

4. Furnitur datar dan rendah

4. Furnitur datar rendah
Instagram/Oneroom.make

Keunikan hunian orang Korea selanjutnya, yakni menggunakan furnitur datar dan rendah. Semua furnitur ditempatkan senyaman mungkin di atas lantai. Mereka senang menambahkan dudukan pada lantai atau bantal untuk area bersandar. 

Furnitur datar dan rendah juga digunakan di ruang tamu. Orang Korea lebih suka makan di lantai menggunakan meja pendek di atas lantai yang telah dilapisi karpet. Gaya minimalis seolah menambah kesan akrab dan kedekatan antar penghuni apartemen.

5. Pencahayaan alami

5. Pencahayaan alami
Instagram/Oneroom.make

Ciri khas terakhir dari desain apartemen Korea, yakni menciptakan ruangan yang hangat dengan pencahayaan alami. Cahaya alami menambah atmosfer ramah dan sehat. 

Orang Korea juga menempatkan sedikit furnitur agar tidak menghalangi cahaya yang masuk. Selain menghemat ruangan, cahaya alami serta furnitur yang sedikit membuat ruangan lebih cerah dan sederhana. 

Itulah ide desain minimalis a la hunian di drama Korea yang bisa Mama jadikan inspirasi. Apakah Mama tertarik untuk mengaplikasikannya pada hunian sendiri?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.