TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Fakta Feng Shui Rumah Menghadap Utara

Menurut ilmu Feng Shui, rumah sebaiknya menghadap ke utara untuk mendatangkan keberuntungan

25 September 2022

5 Fakta Feng Shui Rumah Menghadap Utara
Pexels/Dan-hadley-360599

Feng Shui adalah ilmu filosofi tradisional Cina yang mengatur tata letak bangunan, benda, hingga ruangan dalam suatu lingkungan untuk menciptakan keselarasan dan keseimbangan. 

Dalam ilmu Feng Shui, semua benda tidak dapat diletakkan secara sembarangan. Sebab, peletakan benda bisa memengaruhi keberuntungan orang-orang yang hidup di dalamnya. 

Menurut ilmu Feng Shui, rumah sebaiknya menghadap ke utara untuk mendatangkan keberuntungan dan kebahagiaan. Namun, tidak semua rumah yang menghadap utara bisa memiliki nilai yang bagus.

Pemilik rumah tetap perlu mengatur tata letak atau warna dari benda-benda yang berada di rumah tersebut. Kali ini Popmama.com merangkum beberapa fakta Feng Shui rumah menghadap utara dilansir dari beberapa sumber.

1. Warna pintu rumah perlu diperhatikan

1. Warna pintu rumah perlu diperhatikan
Pexels/Pixabay

Telah disinggung sebelumnya bahwa tata letak maupun warna perabotan rumah yang menghadap utara tidak bisa dipilih secara sembarangan. Pemilik rumah yang menghadap utara sebaiknya menggunakan pintu rumah berwarna cokelat kayu. 

Warna cokelat dipercaya bisa membawa keberuntungan dan kedamaian bagi pemilik rumah. Jangan lupa untuk menyesuaikan warna pintu rumah dengan cat dinding rumah agar tercipta keselarasan warna. 

Editors' Picks

2. Posisi pintu rumah tidak boleh sembarangan

2. Posisi pintu rumah tidak boleh sembarangan
Pexels/Tirachard-kumtanom-112571

Setelah memilih warna pintu, saatnya menentukan posisi pintu rumah. Arah pintu rumah sebaiknya dihitung berdasarkan angka kua yang dilihat dari tanggal lahir kepala keluarga. 

Selain memperhatikan penghitungan angka kua, posisi pintu sebaiknya tidak saling berhadapan dengan pintu utama tetangga yang berada di seberang rumah. Hal ini bisa menghalangi keberuntungan yang akan masuk ke rumah. 

3. Tambahkan aksesori di depan pintu

3. Tambahkan aksesori depan pintu
Pexels/Deeanacreates

Apabila pintu rumah sudah terlanjur berhadapan langsung dengan pintu rumah tetangga, maka Mama perlu menambahkan aksesori atau gantungan di depan pintu. Gantungan tersebut bisa berupa gantungan tanaman atau benda-benda tertentu. 

Solusi lainnya ialah meletakkan beberapa tanaman dengan jarak minimal 4-5 meter di depan pintu. Selain itu, jangan membuat pintu rumah yang berhadapan langsung dengan tangga.

Posisi tersebut juga bisa menghalangi rezeki pemilik rumah. 

4. Taman dengan kolam

4. Taman kolam
Pexels/Reneasmussen

Jika Mama ingin membangun taman di depan atau belakang rumah, taman tersebut disarankan dibangun dengan nuansa gelap. Mama bisa menanam tanaman puring atau buah manggis. 

Tak hanya itu, elemen yang baik untuk taman rumah yang menghadap utara ialah air. Itulah sebabnya, Mama dapat membangun kolam atau air mancur mini di taman tersebut. 

5. Dapur menghadap arah yang berlawanan

5. Dapur menghadap arah berlawanan
Pexels/Fotoaibe

Terakhir, jangan membuat dapur yang menghadap utara seperti arah rumah. Dapur sebaiknya dibangun menghadap ke arah yang berlawanan. 

Sebab, dapur rumah yang menghadap utara juga akan memberikan efek negatif pada pemilik rumah. Energi baik akan terhalang dan mematikan energi api yang ada di dalam rumah. 

Itulah beberapa fakta mengenai Feng Shui rumah yang menghadap utara. Informasi di atas hanya bersifat panduan untuk membangun rumah yang bisa mendatangkan hoki dan keberuntungan. Apakah Mama sudah mendekorasi rumah sesuai prinsip Feng Shui?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk