7 Tanaman Hias yang Cocok Ditanam saat Musim Hujan

Tidak semua bunga bisa tumbuh dan bertahan hidup saat musim hujan

2 November 2021

7 Tanaman Hias Cocok Ditanam saat Musim Hujan
Unsplash/Irinamarie__

Sebagian orang memilih tidak menanam bunga saat musim hujan. Pasalnya, mereka khawatir tanaman terutama tanaman hias, akan rusak akibat musim hujan. Akan tetapi, tidak semua tanaman hias akan rusak apabila mendapatkan air dalam jumlah banyak. 

Ada beberapa tanaman hias yang justru cocok ditanam saat musim hujan. Hal ini dikarenakan bisa mempercantik taman belakang rumah hingga menghasilkan aroma yang menenangkan. Kira-kira tanaman hias apa saja yang bisa bertahan dan cocok ditanam saat musim hujan?

Yuk, simak rekomendasi tanaman hias berbunga yang cocok Mama tanam ketika musim hujan. Informasi di bawah ini telah Popmama.comlansir dari Nurserylive

1. Bougenville

1. Bougenville
Unsplash/Mufidpwt

Bougenville adalah tanaman hias berbunga yang bisa bertahan hidup saat musim kemarau maupun musim hujan. Bunga yang sering dijuluki bunga kertas ini membutuhkan pemeliharaan yang cukup mudah. 

Mama hanya perlu menyiramnya ketika tanah tanaman mulai kering. Apabila baru diguyur hujan deras, maka Mama tidak perlu menyiramnya karena permukaan tanah masih lembap dan basah.

Keunggulan lainnya dari bougenville, yakni daunnya yang berbentuk tipis dan warna-warni bunga yang indah dipandang mata. 

2. Mawar

2. Mawar
Unsplash/Runningwithfoxes

Siapa yang tidak kenal dengan bunga mawar? Bunga cantik satu ini memang dikenal di penjuru dunia karena aromanya yang wangi dan warna kelopaknya yang indah. Maka tak heran jika mawar disebut ratunya bunga. 

Bagi Mama yang ingin menikmati keindahan bunga mawar, tak perlu khawatir bunga ini akan mati saat musim hujan. Sebab, mawar bisa tumbuh di musim kemarau dan musim hujan dan tidak membutuhkan pemeliharaan yang sulit.

Mama hanya perlu memastikan tanah tanaman tetap basah dan lembap, sehingga bunga ini bisa bertahan hidup. 

Editors' Picks

3. Melati

3. Melati
Unsplash/Ana_insomnia

Bunga yang terkenal dengan aromanya yang wangi dan kelopak putihnya ini juga cocok ditanam saat musim hujan. Bahkan, bunga melati menjadi salah satu tanaman yang bisa bertahan di tengah hujan deras dan tidak perlu disiram berulang kali. 

Warna putih kelopak bunga melati juga bisa memanjakan mata, sehingga cocok ditanam di pekarangan rumah. 

4. Teratai

4. Teratai
Unsplash/Jayicastor

Apabila Mama memiliki kolam kecil di depan atau belakang rumah, maka tak perlu berpikir panjang lagi untuk menanam teratai di dalamnya. Teratai merupakan salah satu bunga yang cocok ditanam saat musim hujan. 

Teratai bahkan bisa hidup di atas genangan air dan menjaga kehidupan ekosistem kolam. Oleh karena itu, Mama hanya perlu memastikan air kolam selalu terisi agar teratai bisa bertahan hidup. 

5. Kembang sepatu

5. Kembang sepatu
Unsplash/Kellysikkema

Kembang sepatu adalah tanaman hias yang mudah ditemukan di mana pun. Bunga satu ini bisa bertahan di segala cuaca, baik musim kemarau maupun musim hujan. 

Saat musim hujan, kembang sepatu biasanya akan bermekaran, sehingga bisa mempercantik area kebun dan pekarangan rumah. Selain itu, kembang sepatu juga bermanfaat bagi kesehatan, yakni sebagai obat demam dan gondongan. 

6. Kamboja

6. Kamboja
Unsplash/Dinosapta

Kamboja selama ini memang identik dengan bunga kuburan karena biasa ditemukan di area pemakaman. Namun, bunga kamboja ternyata bisa dijadikan tanaman hias di rumah. Pemeliharaan bunga kamboja cukup mudah karena tidak membutuhkan banyak air.

Bunga kamboja bisa tumbuh subur di tanah yang kering dengan cuaca yang panas, tetapi juga bisa bertahan hidup di tanah yang lembap saat musim hujan. Apabila Mama ingin menanam bunga kamboja di dalam pot, maka pastikan untuk menyimpannya di tempat yang teduh saat musim hujan. 

7. Snapdragon

7. Snapdragon
Unsplash/S_tsuchiya

Terakhir, bunga snapdragon atau mulut naga adalah salah satu bunga yang menyukai cuaca dingin, sehingga cocok ditanam saat musim hujan. Perlu Mama ketahui bahwa bunga snapdragon bisa bermekaran saat musim hujan dan malah mati saat musim kemarau. 

Perlu diingat bahwa tidak semua bunga bisa tumbuh dan bertahan hidup saat musim hujan. Ada beberapa bunga yang membutuhkan pemeliharaan ekstra saat musim hujan, namun ada pula yang bisa tumbuh dengan sendirinya.

Semoga rekomendasi tanaman hias yang cocok ditanam saat musim hujan ini bisa dijadikan alternatif pilihan untuk mempercantik rumah dan pekarangan rumah ya, Ma.  

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.