8 Tips Menghias Jendela Rumah untuk Dekorasi Natal

Jendela adalah bagian rumah yang paling mungkin terlihat dari luar rumah sehingga perlu ditata rapi

4 Desember 2021

8 Tips Menghias Jendela Rumah Dekorasi Natal
Unsplash/Souvenirpixels

Pohon cemara dengan lampu hias dan karangan bunga yang digantung di pintu rumah menjadi dekorasi terpenting saat perayaan Natal. Namun, Mama sebaiknya jangan mengabaikan jendela rumah. 

Jendela rumah merupakan bagian yang paling mungkin terlihat dari luar rumah, sehingga perlu ditata rapi dengan hiasan Natal juga. Dilansir dari Ideal Home, ada peningkatan 50 persen dalam pencarian untuk dekorasi jendela rumah jelang perayaan Natal. 

Peningkatan penelusuran itu menunjukkan bahwa orang-orang mulai sadar tentang pentingnya menata jendela saat perayaan Natal. Mama pun bisa mengecat atau menempatkan pernak-pernik Natal di jendela rumah untuk menyemarakkan perayaan Natal. 

Untuk memberikan inspirasi pada Mama, berikut ada beberapa tips menghias jendela rumah menjadi lebih indah saat perayaan Natal yang dirangkum Popmama.com dari beberapa sumber. 

1. Mengecat ulang kusen jendela

1. Mengecat ulang kusen jendela
Unsplash/Anniespratt

Apabila Mama ingin menghadirkan suasana baru saat Natal, maka cobalah untuk mengecat ulang kusen jendela rumah. Mama sebaiknya memilih warna yang memancarkan cahaya hangat dari dalam rumah. 

Sebab, kusen jendela menjadi bagian terpenting yang bisa dinikmati baik di dalam maupun luar rumah. Tak hanya itu, Mama bisa menempatkan pernak-pernik Natal yang disesuaikan dengan warna kusen jendela. 

2. Menempatkan tanaman hias kaktus

2. Menempatkan tanaman hias kaktus
Unsplash/Adeolueletu

Salah satu tanaman hias yang umumnya ada di rumah saat perayaan Natal, yakni tanaman sukulen seperti kaktus. Tanaman hias kaktus biasanya ditempatkan di ruang tamu atau ruang keluarga untuk menyemarakkan suasana Natal bersama para tamu. 

Dalam hal ini, Mama ternyata juga bisa menempatkan rangkaian kaktus mini di jendela rumah. Selain itu, Mama dapat menggantung kaktus ini pada kabel dengan bingkai jendela.

Pastikan kaktus tergantung seperti rangkaian bunga untuk memeriahkan suasana Natal di rumah. 

3. Menggantung ornamen warna cerah

3. Menggantung ornamen warna cerah
Unsplash/Jmeyer1220

Perayaan Natal identik dengan warna-warna cerah karena saat itu semua orang akan berkumpul bersama keluarga dan bersemangat menyambut tahun baru. Itulah sebabnya, mama bisa menggantung ornamen metalik atau ornamen yang memiliki warna cerah di jendela rumah. 

Warna ornamen akan memantulkan cahaya sehingga mencerahkan ruangan. Selain itu, Mama dapat membuat hiasan sederhana dengan bingkai lampu warna-warni di jendela agar suasana semakin meriah. 

Editors' Picks

4. Menggantung kaus kaki Natal

4. Menggantung kaus kaki Natal
Unsplash/Darkandflawed

Untuk memaksimalkan dekorasi Natal di rumah, Mama bisa menempatkan hiasan berbentuk hati atau bintang di bingkai jendela. Selanjutnya, Mama jangan melupakan kaus kaki Natal. 

Menggantung kaus kaki Natal di sekitar bingkai jendela menjadi kegiatan terpenting yang sering dilupakan. Padahal, kaus kaki Natal sudah cukup menandakan bahwa Natal telah tiba di rumah mama. 

5. Menggantung lonceng

5. Menggantung lonceng
Unsplash/Aaronburden

Ketika berbicara tentang dekorasi Natal, maka Mama juga tidak boleh melupakan lonceng Natal atau dikenal dengan sebutan lonceng jingle. Lonceng Natal adalah hiasan klasik yang mudah didapat dan wajib ada di rumah saat perayaan Natal. 

Lonceng Natal melambangkan semangat untuk menyambut Natal dan memeriahkan suasana berkumpul bersama keluarga di rumah. 

6. Memasang karangan bunga

6. Memasang karangan bunga
Unsplash/Marcuslcramer

Selama ini, karangan bunga hanya digantung di pintu rumah untuk menandakan Mama siap menyambut Natal. Mama ternyata juga bisa menggantung karangan bunga kecil di jendela untuk mempercantik ruangan. 

Karangan bunga atau rangkaian bunga di jendela akan mudah terlihat dari dalam maupun luar rumah. Hiasi karangan bunga dengan ornamen bola maupun pernak-pernik Natal lainnya untuk memberikan kesan yang lebih berwarna. 

7. Mengganti tirai jendela

7. Mengganti tirai jendela
Unsplash/Eve_horvath

Setelah menggantung berbagai ornamen Natal di jendela, maka sudah saatnya untuk memperbarui tirai jendela rumah. Mama bisa memilih tirai berwarna merah untuk menambah karakter ke sebuah ruangan sekaligus memeriahkan dekorasi Natal di rumah. 

Tak hanya itu, Mama juga bisa memilih tirai khusus Natal yang mulai banyak dijual di pasaran. Tirai khusus Natal biasanya memiliki desain kotak-kotak merah yang menarik perhatian dan dapat menambah semangat Natal di rumah. 

8. Hiasi jendela rumah dengan kastuba

8. Hiasi jendela rumah kastuba
Unsplash/Melpoole

Terakhir, hiasi jendela dengan kastuba atau poinsettia. Kastuba adalah tanaman hias dengan kelopak bunga berwarna merah yang melambangkan semangat menyambut Natal.

Oleh karena itu, Mama dapat menempatkan tanaman kastuba di dalam pot atau vas bunga yang sudah dihias pernak-pernik Natal, kemudian letakkan di dekat jendela atau pintu. Saat musim dingin, tanaman kastuba umumnya akan memiliki daun yang berwarna merah, jingga, atau putih sehingga bisa mempercantik ruangan. 

Nah Ma, itulah delapan tips menghias jendela rumah agar terlihat semakin cantik saat perayaan Natal. Mama dapat bereksperimen dengan pot, tanaman hias, atau bahan-bahan sederhana di rumah untuk mempercantik jendela sekaligus memeriahkan suasana perayaan Natal. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk