TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Fakta Rumah Menghadap Selatan menurut Feng Shui

Arah Selatan untuk rumah ternyata paling menguntungkan lho, Ma!

1 Oktober 2022

5 Fakta Rumah Menghadap Selatan menurut Feng Shui
Pexels/Tom Fisk

Feng Shui adalah ilmu topografi kuno yang berasal dari Tiongkok. Feng Shui terdiri dari dua kata, yaitu “feng” yang artinya angin dan “shui” yang artinya air.

Feng Shui sendiri dianggap penting karena dapat mengatur keseimbangan pada hidup manusia agar selaras dengan lingkungan dan alam.

Feng Shui seringkali dikaitkan dengan tanggal penting seperti untuk melaksanakan pernikahan. Selain itu, Feng Shui juga banyak dipercaya ketika hendak membangun rumah agar rumah tersebut dibangun pada arah yang tepat.

Bagi Mama yang ingin membangun rumah menghadap ke arah selatan, Popmama.com telah merangkum beberapa fakta Feng Shui rumah menghadap selatan.

1. Dianggap arah yang menguntungkan

1. Dianggap arah menguntungkan
Freepik/vanitjan

Menurut Feng Shui, rumah yang mengarah ke Selatan merupakan arah yang paling menguntungkan secara umum.

Hanya saja, hal ini dapat berubah juga jika Mama menghitungnya berdasarkan nomor KUA. Nomor KUA pada dasarnya adalah hasil perhitungan dari tahun lahir seseorang. Apalagi perlu diingat bahwa setiap individu mempunyai tingkat energi yang berbeda-beda

Ada rumus dan perhitungan khusus untuk mendapatkan nomor KUA masing-masing. Bahkan, antara laki-laki dan perempuan pun dibedakan terkait rumusnya.

Ketika nomor KUA tersebut digunakan untuk mengatur arah terbaikmu, mungkin saja arahnya menjadi berbeda dan Selatan belum tentu jadi yang tepat.

Editors' Picks

2. Memberikan energi keberuntungan untuk karier

2. Memberikan energi keberuntungan karier
Pexels/pixabay

Mama sudah sedikit memahami terkait ilmu Feng Shui, namun perlu memahami bahwa rumah menghadap ke Selatan itu paling menguntungkan daripada arah lainnya.

Hal ini dikarenakan adanya energi keberuntungan yang terkumpul di sana. Setelah itu, energi keberuntungan ini dipercaya akan masuk ke rumah dan dirasakan oleh para penghuninya.

Energi keberuntungan ini dapat mendukung banyak aspek dalam kehidupan, tetapi yang paling utama adalah karier. Karier para penghuni rumah dipercaya akan mendapatkan pengakuan positif dan ketenaran dari energi keberuntungan ini.

3. Rumah menghadap Feng Shui tidak harus bagian depan

3. Rumah menghadap Feng Shui tidak harus bagian depan
Pexels/ScottWebb

Mama mungkin berpikir bahwa rumah menghadap Selatan berarti harus bagian depannya.

Namun ternyata, dalam Feng Shui tidak selalu berarti demikian. Apabila sisi lain dari rumah Mama, misalkan bagian samping atau belakang justru lebih ramai daripada bagian depan, sisi itulah yang dihitung menghadap selatan.

Jika sudah demikian, Mama tetap harus memperhatikan bagian rumah tersebut seolah-olah merupakan bagian depan. Feng Shui klasik tetap percaya dan menganggap bagian depan sekalipun itu merupakan sisi belakang ataupun samping dari rumah.

4. Ada panduan tersendiri terkait warna pintu rumah yang tepat

4. Ada panduan tersendiri terkait warna pintu rumah tepat
Pexels/TirachardKumtanom

Arah Selatan di dalam Feng Shui itu memiliki lambang api. Sesuai dengan lambangnya ini, warna yang dipercaya tepat untuk pintu depan rumah Mama yakni warna api.

Mama bisa menggunakan warna merah tua, kuning seperti bunga matahari, dan sebagainya. Selain itu, warna terbaik yang bisa menjadi pilihan Mama lainnya yakni warna kayu.

Di sisi lain, ada warna-warna yang dianggap dapat melemahkan atau menghancurkan energi arah Selatan. Warna tersebut yakni warna tanah, metal, dan juga air.

Secara harafiah, tanah dan logam sendiri dapat melemahkan api, sedangkan air justru menghancurkan api. Maka dari itu, warna-warna ini yang perlu Mama hindari.

5. Memicu energi api dengan tanaman

5. Memicu energi api tanaman
Pexels/mariaorlova

Pada umumnya, tanaman diletakkan di bagian depan rumah untuk memberikan kesan asri pada rumah. Saat ini banyak rumah yang juga menggunakan tanaman hias untuk mempercantik tampilan rumahnya dari depan. Feng Shui juga percaya bahwa tanaman dapat memberikan manfaat yang baik lho, Ma!

Kalau Mama memiliki teras di depan rumah, Mama dapat meletakkan tanaman kesayangan di dalam pot. Mama juga bisa menggantung tanaman gantung pada area teras tersebut. Tanaman ini dipercaya dapat memicu energi api yang baik dari arah Selatan.

Itulah 5 fakta terkait rumah menghadap Selatan menurut Feng Shui. Semoga informasi ini dapat berguna bagi Mama yang ingin membangun rumah.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk