8 Potret Spot Tanaman di Rumah Yuni Shara, Seperti di Hutan

Dijuluki "Jungle House", area luar hingga ke dalam rumah Yuni Shara dipenuhi dengan tanaman hijau

5 September 2021

8 Potret Spot Tanaman Rumah Yuni Shara, Seperti Hutan
Instagram.com/yunishara36

Kegiatan menanam tanaman telah menjadi hobi sebagian besar masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan. Tidak jarang juga artis Indonesia memperlihatkan berbagai koleksi tanaman yang mereka miliki.

Ternyata, penyanyi Yuni Shara juga hobi mengoleksi tanaman lho, Ma! Tidak hanya tanaman di luar rumah, tetapi ia juga menanam tanaman tersebut di bagian dalam.

Jika Mama perhatikan, seluruh sudut dari rumah Yuni Shara pasti ada bagian hijaunya yang berasal dari tanaman. Yuni Shara mengaku sejak pandemi, dirinya jadi mulai memperhatikan bagian detail rumahnya.

Akhirnya, ia pun memutuskan untuk menanam lebih banyak tanaman karena bisa menyenangkan hatinya sendiri dan dapat meningkatkan imun.

“Kalau ditanya ini buat apa, saya senang aja lihat rumah orang-orang hijau-hijau banget. Jadi, kalau buat yang seneng tanaman, boleh-boleh aja (tanam juga),” ucap Yuni Shara seperti yang dikutip dalam video YouTube channel Yuni Shara Channel.

Ia juga menambahkan hashtag #JungleHouse pada videonya karena rumah miliknya dipenuhi rerimbunan tanaman. Jika Mama hendak menanam tanaman di dalam rumah juga, berikut beberapa ide inspirasi spot tanaman di rumah Yuni Shara yang sudah Popmama.com rangkum.

1. Sepanjang anak tangga

1. Sepanjang anak tangga
Youtube.com/YuniSharaChannel

Pemandangan yang pertama kali akan dilihat setelah masuk rumah, yakni tangga yang panjang berwarna cokelat. Tangga ini menghadap langsung dengan arah pintu masuk utama. Sepanjang anak tangga di rumah Yuni Shara, ia manfaatkan untuk menanam tanaman juga.

Ia memilih tanaman lidah mertua di sepanjang anak tangga tersebut. Tanaman ini diletakan pada sebuah pot dan berjumlah sebanyak 10 pot.

Tenang saja, tanaman ini tidak menghalangi jalannya orang karena diletakkan di sisi-sisi tangga tersebut.

2. Ruang tamu

2. Ruang tamu
Youtube.com/YuniSharaChannel

Di dekat pintu masuk ada juga ruang tamu yang diisi dengan sofa-sofa. Ruang tamu ini juga dihiasi dengan banyak tanaman-tanaman nih, Ma!

Tanaman-tanaman ini lebih banyak diletakan pada beberapa sudut dari ruang tamu tersebut. Biasanya memang sebuah ruang tamu akan kosong pada bagian sudut, namun Yuni Shara justru memanfaatkannya dengan baik. 

Area tersebut dimanfaatkan Yuni Shara untuk menanam tanaman pada pot. Selain di sudut, ada juga di atas maupun di bawah meja.

Dengan meletakkan tanaman di ruang tamu, maka setiap tamu yang datang akan merasa lebih segar dengan kehadiran dari tanaman-tanaman ini. 

3. Lorong rumah

3. Lorong rumah
Youtube.com/YuniSharaChannel

Yuni Shara sendiri mempunyai rumah yang cukup besar, sehingga ada lorong yang menjadi perantara antara ruangan satu dengan yang lainnya.

Lorong ini sebenarnya dimanfaatkan untuk memajang berbagai foto pada dindingnya. Namun, selain foto-foto ini, ia juga menambahkan beberapa tanaman dalam pot pada sepanjang lorong tersebut.

Sama seperti area tangga, Yuni juga memilih untuk menanam tanaman lidah mertua di sepanjang lorong tersebut. Ia melengkapi tanaman-tanamannya dengan lampu yang terus menyala untuk mendukung tanamannya.

Lorong yang tadinya sedikit kosong, sekarang telah terisi dengan banyak tanaman hijau.

Editors' Picks

4. Kamar mandi

4. Kamar mandi
Youtube.com/YuniSharaChannel

Salah satu spot yang mungkin tidak terpikirkan oleh Mama sebelumnya, yakni kamar mandi.

Nyatanya, Yuni Shara juga meletakkan tanaman pada kamar mandi, baik kamar mandi kecil di lantai satu maupun kamar mandi miliknya. Tidak jauh-jauh dari yang sebelumnya, tanaman yang dipilih juga merupakan tanaman lidah mertua.

Ia memilih tanaman lidah mertua yang berukuran kecil di bawah dan di atas wastafel. Mengingat bahwa tanaman ini berfungsi untuk menghilangkan bau, meletakkannya di kamar mandi bukanlah suatu hal yang salah, melainkan menjadi sebuah pilihan tepat.

Tanaman lidah mertua akan sangat membantu sirkulasi udara di dalam kamar mandi.

5. Dapur

5. Dapur
Youtube.com/YuniSharaChannel

Area rumah Yuni Shara selanjutnya yang juga dipenuhi dengan berbagai tanaman, yakni bagian dapur.

Dapur dengan nuansa putih ini sangat cocok dipadukan dengan tanaman-tanaman hijau di dalamnya. Di area dapur, tanaman yang mendominasi adalah tanaman gantung.

Selain tanaman gantung, pada sisi-sisi dindingnya juga terdapat rak yang dihiasi dengan tanaman. Tanaman yang dipilih untuk area dapur, yakni jenis tanaman kecil dan ditaruh pada pot yang berukuran sama.

Meskipun masih didominasi dengan tanaman lidah mertua, tetapi ada beberapa tanaman lainnya yang bisa ditemukan di area dapur, yaitu sirih gading, janda bolong serta tanaman air.

6. Area belakang rumah

6. Area belakang rumah
Youtube.com/YuniSharaChannel

Yuni Shara memiliki sebuah area di bagian belakang rumahnya yang tidak terpakai sebelumnnya, ia pun memanfaatkannya sebagai ruang makan sekarang.

Menariknya, pada area ini ada semacam “wall of plants” di mana berisikan tanaman-tanaman yang disusun.

Tanaman ini terdiri dari berbagai jenis yang disusun dari bawah hingga atas. Yuni Shara mengaku bahwa untuk menyiram tanaman di bagian ini tidak mudah.

Ia harus naik tangga terlebih dahulu untuk dapat menyiram beberapa tanaman yang diletakkan di bagian atas. Maka dari itu, ia juga memilih meletakkan tanaman yang tidak membutuhkan penyiraman sering di area tersebut.

7. Tempat kumpul

7. Tempat kumpul
Youtube.com/YuniSharaChannel

Selain ruang tamu, rupanya Yuni Shara juga memiliki area untuk berkumpul bersama.

Area di rumah Yuni Shara ini dilengkapi dengan meja panjang yang dapat memuat beberapa orang. Sama seperti bagian rumah lainnya, area ini juga tidak luput dari penanaman yang dilakukan.

Ada begitu banyak tanaman di dalam pot yang dipajangnya di sini, sehingga bisa menjadi pengisi ruang kosong di sudut-sudutnya. Ia juga menaruh sebuah tanaman kecil dalam pot di atas meja sebagai dekorasi.

8. Outdoor area

8. Outdoor area
Youtube.com/YuniSharaChannel

Spot yang terakhir ini, yakni tempat paling umum yang digunakan orang-orang untuk menanam tanaman, yaitu outdoor area. Outdoor area dengan besar yang cukup luas ini justru memiliki lebih banyak tanaman yang besar-besar dan menjulang tinggi.

Pada area luar rumah Yuni Shara juga dipenuhi dengan burung dan suara air yang turut menghiasi suasananya. Jika membuka pintu menuju area luarnya, Mama langsung disuguhkan dengan pemandangan yang segar dan asri karena tanaman yang hijau-hijau di sana.

Kira-kira itulah beberapa ide inspirasi spot tanaman di rumah Yuni Shara. Sesuai dengan julukannya #JungleHouse, rumah ini dihiasi tanaman dari luar hingga dalam ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.