7 Barang Wajib untuk Dekorasi Rumah a la Drama Korea

Berbagai dekorasi ini dapat menambah kesan estetik pada ruangan

31 Juli 2021

7 Barang Wajib Dekorasi Rumah a la Drama Korea
Instagram.com/yjch_04

Untuk membuat seisi ruangan di rumah menjadi lebih cantik dan nyaman, tidaklah sulit. Salah satunya, Mama dapat mengaplikasikan tren dekorasi ruangan a la rumah di drama Korea yang natural dan minimalis untuk mempercantik seisi ruangan.

Kebanyakan orang Korea menyukai tampilan 꾸안꾸 (gu-an-gu) atau mendekorasi dengan simpel. Bagi Mama pencinta drakor, pasti sudah tidak asing dengan tampilan dekorasi ruangan rumah orang Korea yang terlihat sederhana, namun super cozy.

Tak hanya itu, dekorasi ruangan a la Korea juga terkesan estetik sehingga patut untuk ditiru. Untuk memberikan Mama inspirasi mendekorasi rumah estetik seperti di drama Korea, maka dari itu kini Popmama.com telah menyiapkan ulasannya dilansir dari The Smart Local.

Yuk, disimak untuk referensi dekorasi di rumah Mama!

1. Magical crystal lamp

1. Magical crystal lamp
Instagram.com/kblanc__

Dekorasi lampu kristal ajaib atau magical crystal lamp seperti ini dapat memberikan sentuhan suasana industri, terutama bila diletakkan di atas nakas sebelah tempat tidur. Jenis lampu ini juga memberikan kesan minimalis dan dapat membuat ruangan mendapatkan pencahayaan dengan low budget.

Gunakanlah lampu ini sebagai lampu tidur karena dibanding berfungsi sebagai penerang untuk seluruh bagian ruangan, lampu ini lebih efektif sebagai mood lights atau lampu peningkat suasana hati karena pencahayaan hangatnya.

Saat digunakan di malam hari, lampu kristal ajaib dapat menciptakan suasana yang lebih nyaman. Dengan begitu, Mama dapat bersantai dan tidur lebih nyenyak dibanding biasanya. 

2. Barang-barang bernuansa retro

2. Barang-barang bernuansa retro
Instagram.com/yjch_04

Benda retro seperti radio dengan antena, speaker dengan tombol besar, dan piringan hitam adalah item dekorasi rumah yang sempurna bagi Mama yang ingin mengaplikasikan ruangan a la drama Korea.

Pajangan retro seperti ini akan memberikan nuansa vintage 1960-an pada ruangan. Berkat munculnya tren newtro (new and retro), tidak lagi sulit untuk mendapatkan barang-barang antik seperti ini, banyak online shop yang menjualnya dengan harga bervariasi.

Editors' Picks

3. Tanaman dalam ruangan

3. Tanaman dalam ruangan
Instagram.com/junylub

Meletakkan tanaman di dalam rumah bisa membantu Mama terhubung dengan alam tanpa harus ke area luar.

Tanaman tidak hanya membantu menjaga udara ruangan tetap segar, tetapi juga mengubah rumah Mama menjadi ruang santai dengan tampilan Korea sederhana.

Tidak ada batasan berapa banyak tanaman yang bisa ditempatkan di dalam rumah. Tetapi, ada banyak jenis tanaman yang bisa Mama pilih, seperti monstera, pothos, dan schefflera. Carilah tanaman yang tidak membutuhkan banyak perawatan serta mudah dirawat.

Sebagai rekomendasi, Mama dapat menempatkan tanaman pot di rak, di sepanjang ambang jendela atau menggantung tanaman di langit-langit maupun dinding. 

4. Meja lantai

4. Meja lantai
Instagram.com/today_life12

Pada zaman dulu, masyarakat Korea menerapkan duduk di lantai dan menggunakan meja setinggi lutut untuk kegiatan sehari-hari seperti makan dan belajar.

Hingga sekarang, meja lantai masih dipergunakan karena sangat berguna digunakan oleh orang-orang yang tinggal di ruangan minimalis.

Selain itu, penggunaan meja lantai juga akan membuat ruangan kamar Mama terlihat lebih nyaman.

5. Cermin berbentuk unik

5. Cermin berbentuk unik
Instagram.com/kuuuuuu_n

Cermin berbentuk persegi, persegi panjang, lingkaran hingga oval mungkin sudah mainstream. Demi memberikan getaran eksentrik pada rumah, Mama dapat mengganti cermin biasa di rumah dengan yang berbentuk unik seperti ini.

Cermin unik ini bisa Mama dapatkan di toko perabotan rumah atau custom secara langsung. Bila menggunakan sistem custom, maka banyak sekali opsi bentuk yang bisa Mama tentukan, seperti seperti gelombang atau segi lima.

Cermin jenis ini juga akan membuat meja rias ruangan terasa lebih hidup dan cocok untuk dijadikan selfie cermin yang estetik.

6. Lampu origami

6. Lampu origami
Instagram.com/belief_b_

Sama halnya dengan cermin berbentuk unik, lampu origami termasuk interior yang anti mainstream sehingga akan memberikan keunikan ekstra pada ruangan di rumah Mama.

Lampu origami seperti ini umumnya berbentuk kerucut dan tersedia dalam berbagai warna solid. Di Korea, lampu origami dengan warna netral seperti beige atau cream termasuk yang sangat populer di gunakan untuk menghiasi ruangan.

Berkat ukurannya yang mungil dan memberikan kesan pedesaan juga menjadi alasan lampu jenis ini sangat populer di kalangan warga Korea.

7. Dekorasi perkemahan dalam ruangan

7. Dekorasi perkemahan dalam ruangan
Instagram.com/camping_b_

Karena pandemi Covid-19 yang melanda, membuat berbagai aktivitas luar ruangan dibatasi. Akibatnya, banyak orang Korea yang merindukan melakukan kegiatan di luar ruangan, seperti menonton film drive-in dan berkemah.

Hal inilah yang membuat beberapa warga Korea menuangkan kreativitas mereka untuk mendesain ruangan rumah mereka sebagai tempat berkemah sekaligus menonton film.

Untuk mendesain ruangan menjadi tempat berkemah di rumah, Mama membutuhkan beberapa furnitur, seperti tenda kemah, kursi kemah, meja kemah lipat, lampu senar (string lights), serta dinding polos untuk area proyeksi video.

Penggunaan string lights membantu menciptakan ilusi kilauan cahaya dari bintang dan api unggun, sehingga suasana berkemah luar ruangan pada malam hari begitu terasa.

Nah, itulah beberapa barang dekorasi yang bisa Mama gunakan untuk menyulap ruangan rumah Mama seperti di drama Korea. Jadi dekorasi mana yang kira-kira tertarik untuk Mama beli?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.