Pengganti Teflon, Ini 6 Alat Masak yang Aman Digunakan di Suhu Panas

Alat masak yang aman penting untuk menjaga kesehatan

24 Februari 2021

Pengganti Teflon, Ini 6 Alat Masak Aman Digunakan Suhu Panas
Pixabay/PublicDomainPictures

Banyak yang belum mengetahui pentingnya memilih peralatan masak yang aman saat digunakan di

suhu panas. Banyak yang menganggap peralatan masak yang terjual di pasaran semuanya pasti aman.

Padahal, ada beberapa jenis peralatan yang harus dihindari untuk digunakan memasak. Sebab, peralatan tersebut mengandung zat beracun berbahaya yang dapat melepaskan zat tersebut ke dalam makanan.

Hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti kanker, ketidakseimbangan hormon, dan sebagainya. Maka dari itu penting untuk memilih peralatan masak yang aman digunakan di suhu panas.

Popmama.com sudah membuat beberapa daftar peralatan masak yang aman digunakan di suhu panas. Alat masak ini dinilai aman karena tidak melepaskan senyawa berbahaya ke dalam makanan. Simak informasi berikut ini yuk, Ma!

1. Peralatan masak dari kaca mempermudah untuk memantau kondisi makanan di dalamnya

1. Peralatan masak dari kaca mempermudah memantau kondisi makanan dalamnya
amazon.com

Peralatan masak yang terbuat dari kaca adalah salah satu peralatan masak yang paling aman digunakan.

Tidak ada senyawa reaktif terhadap makanan yang akan dimasak. Bahkan, alat masak yang terbuat dari kaca sangat aman digunakan memasak masakan yang sifatnya asam, seperti saus tomat dan sebagainya.

Selain itu, alat masak dari kaca ini akan memudahkan Mama untuk memantau masakan yang sedang dimasak. Namun sayangnya, peralatan ini rentan pecah jika terjatuh dan tidak anti lengket.

2. Peralatan masak dari stainless steel aman digunakan jika tidak memiliki alergi terhadap nikel

2. Peralatan masak dari stainless steel aman digunakan jika tidak memiliki alergi terhadap nikel
Pixabay/cocoparisienne

Stainless steel adalah campuran dari besi, karbon, kromium, silikon, nikel, titanium, mangan, dan molibdenum. Campuran ini membuat stainless steel menjadi kuat, mudah dibersihkan, indah, dan tidak berbahaya.

Walaupun stainless steel relatif aman digunakan, tetapi bagi seseorang yang memiliki alergi terhadap nikel harus berhati-hati dalam memilih peralatan stainless steel. 

Mungkin terkadang Mama akan menemukan label bertuliskan “18/8 stainless steel” atau “18/0 stainless steel”. Angka ini menunjukan persentase kandungan kromium dan nikel. Jadi, 18/8 memiliki 18% kromium dan 8% nikel. Sedangkan 18/0 menandakan tidak ada kandungan nikel atau jumlah yang teramat sedikit.

Editors' Picks

3. Peralatan masak dari cast iron sudah berabad-abad digunakan

3. Peralatan masak dari cast iron sudah berabad-abad digunakan
Pixabay/WikimediaImages

Sudah sejak berabad-abad yang lalu alat cast iron digunakan sebagai peralatan masak. Alat masak ini sangat aman digunakan karena murni menggunakan besi sebagai bahan utamanya.

Walaupun harganya yang relatif mahal, tetapi alat masak dari cast iron sangat aman dari bahan kimia berbahaya, membuat masakan matang dengan sempurna, dan sebagai alat masak anti lengket yang alami.

Tetapi, ada hal yang perlu Mama ketahui bahwa zat besi dari cast iron bisa saja menempel pada makanan jika bereaksi dengan makanan yang bersifat asam. Tetapi, jangan terlalu khawatir. Sebab, kandungan zat besi yang terbawa oleh makanan juga bisa bermanfaat bagi tubuh.

4. Peralatan masak dari keramik memiliki penampakan yang cantik

4. Peralatan masak dari keramik memiliki penampakan cantik
amazon.com

Rekomendasi peralatan masak yang aman digunakan lainnya bisa dengan memiliki alat masak berbahan keramik. Alat masak ini merupakan penghantar panas yang sangat baik dan dapat menahan suhu tinggi. Sehingga, makanan dapat matang dengan sempurna.

Alat masak berbahan keramik memang biasanya mahal, tetapi ini adalah pilihan terbaik untuk Mama yang suka memasak dan ingin menghidangkan makanan sehat dan bebas bahan kimia berbahaya.

Selain itu, alat masak keramik juga memiliki visualisasi yang cantik. Sehingga, alat masak ini juga bisa meningkatkan mood memasak di rumah.

5. Peralatan masak dari carbon steel mirip cast iron dengan berat yang lebih ringan

5. Peralatan masak dari carbon steel mirip cast iron berat lebih ringan
Pixabay/Jango0526

Mungkin banyak yang belum mengenal peralatan masak yang aman digunakan satu ini. Carbon steel adalah bentuk lain dari cast iron.

Tetapi, komposisi kandungan karbon berbeda. Cast iron terdiri dari 97 hingga 98% besi dan 2 hingga 3% carbon.

Sementara itu, carbon steel terdiri dari 98 hingga 99% besi dan 1% carbon. Semakin banyak karbon maka besi akan menjadi keras dan susah untuk dibentuk, tetapi akan menjadi lebih ringan.

Sama halnya dengan peralatan masak di atas, carbon steel termasuk salah satu peralatan masak yang aman digunakan karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Memang harganya relatif lebih mahal dari peralatan masak pada umumnya. Tetapi, alat masak ini bisa bertahan lama.

6. Peralatan masak dari titanium menjadi alat masak paling aman

6. Peralatan masak dari titanium menjadi alat masak paling aman
shopasia.online

Titanium adalah logam yang tidak bereaksi dengan jaringan tubuh manusia. Hal ini yang menyebabkan peralatan medis menggunakan peralatan dari bahan titanium. Sehingga, peralatan masak dari bahan ini tidak mudah menempel pada makanan sehingga sangat aman untuk alat memasak.

Peralatan masak dari bahan titanium memiliki keunggulan yang ringan, sangat kuat, dan terjangkau. Bagi pecinta kemah, penggunaan alat masak titanium ini menjadi pilihan yang sangat tepat.

Sayangnya, walaupun alat masak titanium menjadi alamasak yang dikatakan paling aman, namun alat masak ini bukan penghantar panas yang baik. Jadi, saat proses memasak dibutuhkan beberapa waktu untuk dapat menghangatkan atau memanaskan makanan.

Memilih alat masak yang aman digunakan di suhu panas sangat penting. Sebab, hal ini akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.