Kumpulan Doa saat Menempati Rumah Baru agar Nyaman dan Dilindungi

Agar rumah baru bisa terus aman dan tentram, kumpulan doa ini bisa dibaca

11 Mei 2021

Kumpulan Doa saat Menempati Rumah Baru agar Nyaman Dilindungi
Freepik

Rumah menjadi tempat yang nyaman untuk keluarga berkumpul dan menciptakan banyak kenangan bersama. Maka dari itu, situasi dan kondisi rumah pun harus diperlakukan dengan baik agar lebih nyaman. 

Lantunan doa bisa memengaruhi kententraman dan keamanan keluarga di dalam rumah, apalagi ketika ingin pindah ke hunian yang baru. Doa-doa sesuai ajaran Islam perlu diterapkan, sehingga rumah yang ditempati menjadi lebih berkah. 

Untuk menempati rumah baru biasanya di Indonesia pasti akan melakukan syukuran. Hal itu dilakukan sebagai tanda syukur atas rezeki yang telah diberikan. Momen tersebut juga sekaligus bertujuan untuk meminta keselamatan dan keamanan agar dijauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kali ini Popmama.com telah merangkumkan kumpulan doa saat ingin menempati rumah baru agar nyaman dan dilindungi. Disimak dengan baik yuk, Ma!

1. Menurut Hadist Imam Muslim

1. Menurut Hadist Imam Muslim
Unsplash/Rachid Oucharia

Dalam Hadist Imam Muslim dijelaskan bahwa terdapat bacaan doa yang perlu dipanjatkan ketika menempati rumah baru. Doa ini bisa dipanjatkan oleh Mama apabila akan mau pindah rumah, bahkan ingin menempati rumah kontrakan yang baru dihuni.

Doa ini bertujuan agar rumah mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. 

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

A’uudzu Bi Kalimaatillahit Taamaati Min Syarri Maa Khalaq.

Artinya :

Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejelekan apa saja yang Dia ciptakan. 

Rasulullah bersabda:

Barang siapa yang singgah pada suatu tempat kemudian dia berdo’a, “A’uudzu Bi Kalimaatillahit Taamaati Min Syarri Maa Khalaq”, niscaya tidak akan ada yang membahayakannya hingga di pergi dari tempat itu.”

2. Menurut Hadis Abu Daud

2. Menurut Hadis Abu Daud
Pexels/Abdullah Ghatasheh

Jika Mama ingin mendapatkan kebaikan untuk rumah atau tempat tinggal yang baru ke depannya, maka perlu didoakan. Mama bisa membaca doa yang terdapat di dalam Hadist riwayat Abu Daud.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu membaca Basmallah dan menyebut nama Allah setiap masuk atau keluar rumah.

Doa tersebut sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلَجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Allahumma innii as-aluka khairal mawlaji wa khairal makhraji bismillahi wa lajnaa wa bismillahi kharajnaa wa ‘alaallahi rabbanaa tawakkalnaa.

Artinya :

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu atas kebaikan rumah yang aku masuki dan kebaikan rumah yang aku tinggalkan. Dengan menyebut nama Allah aku masuk dan dengan menyebut nama Allah aku keluar dan kepada Allah, Tuhan kami, kami bertawakal.

Editors' Picks

3. Menurut Hadis Anas bin Malik

3. Menurut Hadis Anas bin Malik
Freepik/Jcomp

Dalam Hadist Anas bin Malik, Mama disarankan untuk membaca doa rumah baru. Ini bertujuan agar keluarga, harta benda di dalam rumah selalu mendapatkan perlindungan-Nya. Selain itu, doa bertujuan agar hal-hal yang tidak diingkan tidak akan terjadi.

Doa tersebut sebagai berikut:

مَا شَاء اللَّهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

“Masya Allah Laa Quwwata Illa Billah.”

Artinya :

Semua kehendak Allah tidak ada daya dan upaya kecuali dengan izin Allah.

4. Membaca surat Al-Baqarah

4. Membaca surat Al-Baqarah
Unsplash/afiq fatah

Gangguan rumah tidak hanya dilakukan oleh para penjahat saja, melainkan bisa juga dari jin atau makhluk halus. Baiknya Mama membaca surat Al-Baqarah agar rumah baru terlindungi dan aman selama ditempati. 

Mama bisa membaca Al-Baqarah berdasarkan hadist Rasulullah yang berisi:

إِنَّ لِكُلِّ شَيْءٍ سَنَامًا وَسَنَامُ الْقُرْآنِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ، وَإِنَّ الشَّيْطَانَ إِذَا سَمِعَ سُورَةَ الْبَقَرَةِ تُقْرَأُ خَرَجَ مِنَ الْبَيْتِ الَّذِي يُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ

Artinya:

Sesungguhnya segala sesuatu punya puncak, dan puncak Al-Quran adalah surah Al-Baqarah, dan sesungguhnya setan itu jika mendengar surat Al-Baqarah dibaca maka ia akan keluar dari rumah yang dibaca di dalamnya surah Al Baqarah.

5. Membaca surat Al-Mu’minun ayat 28-29

5. Membaca surat Al-Mu’minun ayat 28-29
Pixabay/muhammadweb

Dalam surat Al-Mu’minum ayat 28-29 dijelaskan bahwa rumah merupakan tempat yang diberkati oleh Allah SWT. Jadi, baiknya bersyukur atas keberkahan dari sang Pencipta yang sudah dititipkan kepada Mama sekeluarga. Dalam membaca surat ini, ada baiknya diawali dengan Al-Fatihah sebanyak tiga kali.

Bacaan ini dapat dibaca pada pagi dan sore hari. Berikut surat Al-Mu’minun Ayat 28-29, yakni:

فَإِذَا اسْتَوَيْتَ أَنتَ وَمَن مَّعَكَ عَلَى الْفُلْكِ فَقُلِ الْحَمْدُ لِلهِ الَّذِي نَجَّانَا مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ * وَقُل رَّبِّ أَنزِلْنِي مُنزَلاً مُّبَارَكًا وَأَنتَ خَيْرُ الْمُنزِلِينَ

Wa qur rabbi anzilnī munzalam mubārakaw wa anta khairul-munzilīn

Artinya:

Bila kamu dan pengikutmu sudah di atas kapal, maka katakanlah, “Segala puji bagi Allah yang menyelamatkan kami dari kaum aniaya.” Katakanlah, “Tuhanku, tempatkan aku di tempat yang berkah karena Engkau sebaik-baik pemberi tempat.” 

6. Membaca surat Al-Ikhlas

6. Membaca surat Al-Ikhlas
Pexels/Ahmet Polat

Dengan membaca surat Al-Ikhlas maka Allah SWT akan mempermudah jalan umat-Nya. Selain itu, doa ini bisa mempermudah rezeki di keluarga bahkan sampai ke tetangga sekalipun. Mama bisa melakukan amalan ini dengan membaca surat Al-Ikhlas sebanyak tiga kali. 

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ . اللَّهُ الصَّمَدُ . لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ . وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ

qul huwallāhu aḥad. allāhuṣ-ṣamad. lam yalid wa lam yụlad. wa lam yakul lahụ kufuwan aḥad

Artinya:

Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa, Allah tempat meminta segala sesuatu, (Allah) tidak beranak dan tidak juga diperanakkan, dan tidak ada sesuatu yang setara dengan-Nya.

7. Membaca surat Yasin

7. Membaca surat Yasin
unsplash/Masjid Pogung Dalangan

Dengan membaca surat Yasin untuk hunian rumah baru, ini bisa membantu agar senantiasa masalah hidup akan dipermudah oleh sang Pencipta. Masalah hidup pun sangat beragam seperti keuangan, hubungan sosial, kesehatan dan lain sebagainya yang mungkin nantinya akan dihadapi.

Bacalah surat Yasin sebanyak 41 kali untuk rumah baru. Mama juga bisa menyicilnya dengan membaca satu hari sekali agar tidak terasa berat.

Itulah beberapa kumpulan doa untuk rumah baru ataupun kontrakan yang akan ditempati, sehingga lebih diberkahi oleh sang Pencipta. Dengan membaca doa-doa tersebut diharapkan juga agar rumah baru bisa mendapatkan perlindungan Allah SWT dari segala gangguan.

Semoga kumpulan doa ini bisa bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.