Bagian-bagian Paling Kotor di Dapur yang Harus Dibersihkan Setiap Hari

Jangan sampai dibiarkan kotor terlalu lama ya, Ma

26 Mei 2020

Bagian-bagian Paling Kotor Dapur Harus Dibersihkan Setiap Hari
idealhomeinterior.com

Salah satu cara mencegah Penyebaran Covid-19 di rumah adalah dengan menjaga kebersihan area yang rawan menyimpan kuman, terutama di dapur.

Tempat yang dipakai untuk aktivitas memasak ini memiliki beberapa bagian paling kotor dan harus dibersihkan setiap hari.

Memang sudah seharusnya dapur menjadi salah satu area paling bersih di rumah karena ini tempat memasak makanan yang akan masuk ke dalam perut kita. Bagaimana jika tidak bersih sehingga membawa bakteri dan virus ke dalam tubuh?

Melissa Maker, seorang ahli kebersihan sekaligus pendiri Clean My Space, memberi tahu bagian paling kotor di dapur dan bagaimana cara membersihkannya. Popmama.com telah menyusunnya di bawah ini.

1. Kenop dan gagang pintu yang paling sering disentuh

1. Kenop gagang pintu paling sering disentuh
Freepik/aopsan

Disarankan untuk membersihkan secara teratur bagian permukaan yang paling sering disentuh, yaitu kenop dan gagang pintu. Ini merupakan bagian paling kotor di dapur yang harus dibersihkan setiap hari.

Mama bisa menyemprotkan disinfektan sekitar 15-20cm dari kenop atau gagang pintu lalu biarkan mengering selama 2 menit.  Setelah itu, gosok dengan lap bersih atau diamkan saja.

Jangan lupa juga membersihkan touchpad microwave Mama.

2. Wastafel dapur bersentuhan dengan benda-benda yang penuh bakteri

2. Wastafel dapur bersentuhan benda-benda penuh bakteri
Pexels/Milly Eaton

Wastafel dapur juga termasuk bagian paling kotor di dapur yang harus dibersihkan setiap hari.

Dr Kelly A. Reynolds, Ph.D., seorang ahli mikrobiologi lingkungan di Zukerman College of Public Health Arizona, mengatakan kemungkinan adanya jutaan kuman penyebab penyakit yang menempel di wastafel dan penutup saluran pembuangan.

Wastafel dapur juga bersentuhan dengan daging mentah, produk yang tidak dicuci, spons, dan benda-benda lain yang penuh dengan bakteri. Dalam rangka pencegahan Covid-19, kita perlu melakukan teknik pembersihan yang tepat.

Membersihan kran setiap hari cukup gunakan cara sederhana, yaitu menggosoknya dengan sabun dan air. Jika ingin membersihkan aerator Mama dapat melakukannya setiap beberapa bulan.

Sebaiknya, membersihkan bak cuci piring dengan Dishwand Scotch-Brite Advance Soap Control daripada spons karena dapat menghindari tangan terkontaminasi bakteri.

Editors' Picks

3. Kitchen counter dan island tempat menyiapkan makanan yang harus bersih

3. Kitchen counter island tempat menyiapkan makanan harus bersih
Freepik/wirestock

Kitchen counter dan island adalah dua bagian yang paling penting untuk dijaga kebersihannya. Konter di dapur ini sering menjadi tempat menaruh kantong belanja, menyajikan makanan, dan benda lainnya.

Sebaiknya, bersihkan dan disinfeksi konter di dapur Mama. Ingat untuk mengenakan sarung tangan sekali pakai saat membersihkannya.

Pertama, bersihkan konter dengan sabun atau deterjen dan air. Kemudian, gunakan larutan pemutih cair, larutan alkohol (setidaknya 70% alkohol), atau pembersih disinfektan.

4. Meja dan kursi makan digunakan setiap aktivitas makan

4. Meja kursi makan digunakan setiap aktivitas makan
Pixabay/ErikaWittlieb

Meja dan kursi makan adalah tempat melakukan aktivitas makan dengan keluarga setiap harinya sehingga Mama perlu membersihkannya secara teratur.

Disarankan untuk membersihkan serta disinfeksi meja dan kursi makan setelah dipakai. Pastikan menggunakan disinfektan yang aman.

5. Spons dan serbet yang digunakan untuk membersihkan peralatan lain di dapur

5. Spons serbet digunakan membersihkan peralatan lain dapur
Freepik/mrsiraphol

Wajar jika alat pembersih juga harus dibersihkan sendiri. Ini dapat membantu mencegah penyebaran bakteri lebih lanjut sehingga pembersihan peralatan dapur tidak sia-sia.

Mama mungkin sebaiknya mengganti spons sekitar seminggu sekali dan keringkan setiap selesai menggunakannya.

Untuk mencuci spons dapat menggunakan sabun, bilas, lalu peras dan keringkan. Academy of Nutrition and Dietetics mengatakan serbet juga perlu dicuci.

6. Botol air yang dapat digunakan kembali karena sering berpindah tempat menaruhnya

6. Botol air dapat digunakan kembali karena sering berpindah tempat menaruhnya
Pixabay/Evitaochel

Botol air yang dapat digunakan kembalimenjadi salah satu bagian paling kotor di dapur yang harus dibersihkan setiap hari.

Botol tersebut sering dibawa ke manapun kita pergi dan berpindah-pindah tempat yang kemungkinan menempel banyak bakteri. Biofilm atau komunitas bakteri resisten antibiotik dapat menumpuk di dalamnya.

Mama dapat membersihkan bagian luar botol dengan pembersih serbaguna. Sementara, bagian dalam, penutup, dan mulut botol dapat dibersihkan dengan sabun dan air.

Ingat untuk selalu membersihkan bagian paling kotor di dapur setiap hari ya, Ma. Supaya bakteri dan virus Covid-19 tidak menempel dan keluarga terjaga kesehatannya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.