7 Tanaman Rempah Sederhana untuk Toga Keluarga

Yuk mulai tanam rempah berikut sebagai obat pertama pilihan keluarga!

4 Januari 2019

7 Tanaman Rempah Sederhana Toga Keluarga
Pexels/Pixabay

Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang kaya rempah dan tanaman. Dulu saat sekolah mungkin kamu mengenal yang namanya Apotek Hidup. Tapi seiring berjalannya waktu, nama ini bergeser menjadi Tanaman obat keluarga atau disingkat Toga.

Kamu bisa menanam Toga di rumah. Toga ini terdiri dari jenis rempah, bunga maupun buah. Kali ini kita akan membahas Toga jenis rempah apa saja yang dapat ditanam dan apa manfaatnya bagi keluarga.

Yuk simak ulasan Popmama.com berikut ini:

1. Kunyit

1. Kunyit
idntimes.com

Kunyit dikenal sebagai disinfektan alami. Selain itu kunyit juga bermanfaat untuk menambah warna kuning saat membuat nasi kuning. Kunyit juga sering digunakan sebagai salah satu bahan dalam pembuatan jamu kunir asem.

Dalam bahasa Inggris kunyit disebut dengan nama turmeric. Fungsi obat dari tanaman ini adalah untuk menghilangkan bau badan, sebagai anti virus, menurunkan tekanan darah tinggi, meredakan demam, menyembuhkan radang dan sebagai obat menstruasi.

Baca juga: Mitos atau Fakta? Kunyit Untuk Menambah Nafsu Makan Anak

2. Kencur

2. Kencur
idntimes.com

Kencur merupakan tanaman herbal yang sering digunakan untuk pembuatan jamu. Salah satu jamu yang terkenal dengan bahan utama kencur adalah jamu beras kencur. Rasanya enak dan dapat menghangatkan tubuh.

Manfaat jamu ini untuk meredakan masuk angin, membersihkan darah, batu ginjal, dan mengurangi batuk serta flu. Kalau kamu sakit kepala atau diare, kencur juga dapat menjadi obatnya.

3. Kayu Manis

3. Kayu Manis
idntimes.com

Tanaman rempah yang satu ini yang dipanen adalah kulitnya. Biasa digunakan untuk menambah aroma kue dan masakan lain untuk menambah selera.

Selain digunakan untuk menyedapkan masakan, ternyata kayu manis juga bisa digunakan sebagai campuran minuman seperti wedang jahe dan teh manis. Bau minuman akan menjadi jauh lebih harum.

Manfaat kayu manis adalah sebagai anti inflamasi, anti infeksi, anti mikroba dan antioksidan. Dengan kandungan polifenol, zat besi, kalsium, dan juga mangan.

Kandungan diatas membuat kayu manis digunakan untuk mencegah penyakit jantung, mencegah kanker, mengurangi peradangan, meringankan perut kembung, mengurangi rasa nyeri akibat rematik dan mengobati infeksi saluran pernafasan.

Baca juga: 5 Rahasia Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan Tubuh

Editors' Picks

4. Jintan Hitam

4. Jintan Hitam
idntimes.com

Kamu tentu sudah tahu tentang habbatusauda kan? Rempah yang banyak terdapat di negeri Arab ini juga dapat ditemui di Indonesia dengan nama jintan hitam.

Habbatusauda ini dahulu sering digunakan oleh Nabi Muhammad untuk pengobatan. Sekarang banyak ditemukan dalam bentuk kapsul yang berisi jintan hitam dan minyak. Manfaat dari tanaman jintan hitam adalah sebagai obat analgesik untuk meredakan nyeri, anti bakteri, anti radang, anti bakteri, anti virus, anti jamur, maag, dan hipertensi.

Jintan hitam juga dapat menguatkan imun tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Selain itu baik untuk saluran cerna, obat diabetes, kanker kolon, mengobati alergi dan asma.

5. Kapulaga

5. Kapulaga
idntimes.com

Buah kapulaga berwana putih dengan biji didalam yang berwarna hitam kecoklatan. Rempah jenis ini sering digunakan oleh perempuan Indonesia untuk membuat bumbu masak ala timur tengah.

Tidak hanya dapat digunakan untuk memasak, kapulaga juga bisa menjadi obat ginjal karena kemampuannya melancarkan air seni.

Biji kapulaga didapuk mampu melancarkan sirkulasi darah dan mengobati hipertensi, membantu masalah susah buang air besar dan diare serta baik bagi kesehatan pencernaan.

6. Jahe

6. Jahe

Kalau musim dingin tiba, meminum wedang jahe tentu mampu menghangatkan tubuh supaya tidak mudah masuk angin. Selain itu juga berguna mengurangi sakit menstruasi, gangguan pencernaan, dan mengatasi mual bagi ibu hamil. Kalau kamu merasakan sakit dan nyeri otot, jahe juga bisa meredakan nyeri yang kamu rasakan tersebut.

7. Temulawak

7. Temulawak
idntimes.com

Temulawak dikenal dapat menambah nafsu makan pada anak. Rempah ini memiliki bentuk menyerupai kunyit akan tetapi memiliki warna kulit yang berbeda. Jika jahe memiliki kulit cenderung kekuningan maka temulawak memiliki kulit agak putih dan berukuran lebih besar.

Tanaman yang dalam bahasa Inggris bernama curcuma ini selain bisa menambah nafsu makan juga dapat mengatasi masalah pencernaan seperti diare, kembung dan maag serta mengatasi badan pegal linu, obat anti radang dan sakit kuning.

Nah, itulah 7 tanaman rempah sederhana untuk Toga keluarga.

Yuk mulai menanam tumbuhan tersebut di halaman rumah. Kembali ke alam dan memanfaatkan khasiatnya lebih baik dibandingkan menggunakan bahan-bahan kimia sintetis yang tidak berasal dari alam.

Baca juga: Tak Hanya Meningkatkan Nafsu Makan Anak, Ini Manfaat Lain Temulawak

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!