TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

15 Foto Jadul Maia Estianty dan Mulan Jameela

Maia Estianty dan Mulan Jameela sempat menjadi rekan duet yang populer

4 November 2022

15 Foto Jadul Maia Estianty Mulan Jameela
Dok. Internet

Nama Maia Estianty dan Mulan Jameela dulunya dikenal sebagai rekan duet dalam grup musik yang bernama Ratu. Kala itu mereka sempat terlibat konflik karena Mulan disebut sebagai orang ketiga diantara hubungan Maia dan Ahmad Dhani. 

Meskipun sudah 10 tahun berlalu, hubungan antara Maia dan Mulan masih menjadi sorotan publik. Baru-baru ini beredar video pertemuan Maia Estianty dan Mulan Jameela. Hal ini tentunya menjadi perbincangan mengingat rekan duet itu sudah lama tak bertemu.

Dalam video yang diunggah oleh akun @lambee.pedes nampak Maia dan Mulan saling menyapa dan ada juga foto kebersamaan mereka dengan para suaminya. Dalam video yang diunggah itu menyebutkan Maia telah memberi maaf kepada Mulan.

Maia dan Mulan sempat menjadi musisi yang populer pada masanya, berikut Popmama.com bagikan foto jadul Maia Estianty dan Mulan Jameela melalui berbagai sumber.

Yuk Ma, disimak!

1. Mulai menjadi rekan duet pada tahun 2005

1. Mulai menjadi rekan duet tahun 2005
Dok. Internet

Pada tahun 2005, Mulan yang saat itu dikenal dengan nama Mulan Kwok bergabung dengan grup musik Ratu yang dibentuk oleh Maia Estianty. Mulan sendiri menjadi vokalis baru yang menggantikan posisi Pinkan Mambo. 

Saat bersama Mulan, konsep Ratu yang awalnya elegan berubah menjadi centil dan seksi. Jalur musik juga ikut diubah, yang awalnya kental dengan unsur R&B menjadi lebih rock dengan dominasi alunan gitar. 

2. 'Teman Tapi Mesra' menjadi hit pada masanya

2. 'Teman Tapi Mesra' menjadi hit masanya
Youtube.com/ratuVEVO

Saat single pertama Maia dan Mulan yang berjudul 'Teman Tapi Mesra' dirilis, lagu itu langsung populer dan disukai oleh banyak penikmat musik. Di tahun yang sama mereka juga mengeluarkan album bertajuk 'Ratu & Friends'.

Tercatat, kurang lebih 400 ribu keping penjualan album laris di pasaran. Hal ini menjadi langkah awal Ratu menuju kesuksesannya. 

3. Berhasil menggelar tur konser di 40 kota di Indonesia

3. Berhasil menggelar tur konser 40 kota Indonesia
Dok. Internet

Usai sukses pada album 'Ratu & Friends', mereka mendapatkan penghargaan double platinum. Kemudian duo Ratu menggelar tur konser di 40 kota di Indonesia bersama band Radja. 

Pada konsernya itu bertajuk Rock in Love dan dimulai dengan konser di Jakarta Convention Center pada 20 Februari 2006.

4. Album selanjutnya juga menghasilkan lagu-lagu populer

4. Album selanjut juga menghasilkan lagu-lagu populer
Youtube.com/ratuVEVO

Tak berhenti sampai di situ, pada 22 Mei 2006 mereka kembali mengeluarkan album 'No. Satu'. Album tersebut juga mengeluarkan beberapa lagu populer, seperti 'Dear Diary' dan 'Lelaki Buaya Darat'. 

Album keduanya itu berhasil dijual hingga 500 ribu kopi saat minggu pertama dirilis. Foto di atas merupakan tangkapan layar video klip lagu 'Lelaki Buaya Darat' dengan penampilan nyentrik ala rockstar.

5. Lagu ciptaan duo Ratu sempat dicekal Malaysia

5. Lagu ciptaan duo Ratu sempat dicekal Malaysia
Dok. Internet

Lagu-lagu yang dirilis oleh duo Ratu ini tak hanya didengar oleh penikmat musik yang ada di Indonesia, tetapi hingga Malaysia dan Singapura. Namun, lagu 'Lelaki Buaya Darat' sempat dicekal Malaysia karena dinilai berkonotasi negatif. 

Sempat ingin mengganti lagu, tetapi dibatalkan. Walau dicekal, namun lagu tersebut akhirnya tetap diputar oleh stasiun radio Malaysia.

6. Gaya berbusana Ratu menjadi tren di Indonesia

6. Gaya berbusana Ratu menjadi tren Indonesia
Dok. Internet

Sepanjang tahun 2005 hingga 2006, Ratu menjadi salah satu grup yang mendominasi panggung hiburan Indonesia. Mereka berhasil menjadi grup musik perempuan terlaris dalam dekade tersebut. 

Uniknya, mereka berdua juga menjadi salah satu pencetus tren busana di Indonesia. Kala itu, kalangan anak muda tertarik dengan gaya berbusana harajuku yang diusung Ratu. 

Editors' Picks

7. Beda penampilan antara Maia dan Mulan

7. Beda penampilan antara Maia Mulan
Dok. Internet

Mengusung pakaian harujuku, penampilan antara Maia dan Mulan memiliki ciri khasnya tersendiri. Jika dilihat, penampilan Maia Estianty terlihat lebih tomboi dengan kemeja yang dilengkapi dengan dasi putih. 

Berbeda dengan Mulan Jameela yang tampil lebih feminin dengan strapless dress

8. Maia dan Mulan di video klip 'Di Dadaku Ada Kamu'

8. Maia Mulan video klip 'Di Dadaku Ada Kamu'
Youtube.com/Sonny Music Entertainment

Duo Ratu juga menyanyikan kembali lagu 'Di Dadaku Ada Kamu' yang merupakan lagu lama milik penyanyi legendaris Vina Panduwinata. Mereka juga membuat video klip lagu tersebut dengan tema animasi yang unik. 

Pada video klip ini menjadi kali pertama Ahmad Dhani sebagai model dalam video klip Ratu.

9. Berhasil meraih berbagai penghargaan

9. Berhasil meraih berbagai penghargaan
Dok. Internet

Kekompakan Maia dan Mulan mengantarkan mereka sebagai nominator di berbagai ajang penghargaan. Salah satunya pada acara Anugerah Musik Indonesia mereka memenangkan kategori Karya Produksi Terbaik pada single 'Teman Tapi Mesra'.

Pada ajang penghargaan MTV Ampuh, mereka berdua menyabet dua piala penghargaan sekaligus dengan kategori Artist of the Year dan Group/Duo Artist of The Year. 

10. Semakin populer, Maia dan Mulan merambah ke industri lain

10. Semakin populer, Maia Mulan merambah ke industri lain
Dok. Internet

Popularitas Maia dan Mulan semakin melejit semenjak menapaki karier di dunia musik. Mereka juga mulai terjun di industri lain, Maia terjun sebagai pemain sketsa komedi di salah satu stasiun televisi. 

Mulan juga merambah ke dunia seni peran dengan membintangi beberapa film televisi. Kesuksesan ini juga diikuti dengan perkembangan gosip kedekatan Ahmad Dhani dan Mulan Jameela yang cukup ramai saat itu.

11. Aksi Maia dan Mulan mampu menghidupkan suasana panggung

11. Aksi Maia Mulan mampu menghidupkan suasana panggung
Dok. Internet

Sejak awal Maia mengaku sangat cocok dengan Mulan dalam bermusik, tanpa ragu dia memilih Mulan untuk menggantikan posisi Pinkan. Aksi kompak mereka saat bernyanyi disebut-sebut mampu menghidupkan suasana panggung lho, Ma.

Dari foto di atas juga nampak kalau keduanya memiliki chemistry yang kuat.

12. Kebersamaan mereka berakhir di awal 2007

12. Kebersamaan mereka berakhir awal 2007
Dok. Internet

Usai sampai di puncak popularitasnya, Ratu justru menuai perpecahan dengan berbagai konflik. Dimulai saat Ahmad Dhani mengancam untuk membubarkan Ratu karena jadwal yang terlalu padat, sehingga Maia dinilai menelantarkan anak-anaknya. 

Mulan resmi meninggalkan Ratu pada 30 Januari 2007, namun sepeninggalannya Ratu masih sempat tampil di atas panggung mengikuti rangkaian tur A Mild Live Soundrenaline. 

13. Maia dan Mulan juga tampil dalam video klip 'Selimut Hati'

13. Maia Mulan juga tampil dalam video klip 'Selimut Hati'
Youtube.com/GP Records

Maia dan Mulan juga sempat mengejutkan saat tampil sebagai salah satu model dalam video klip grup musik Dewa 19 yang berjudul 'Selimut Hati'. Dalam video klip tersebut, keduanya tampil memesona dengan pakaian berwarna putih bersama sejumlah model lain. 

Jika melihat dari foto, Maia dengan rambut merahnya berada di sebelah kanan, sedangkan Mulan dengan rambut cokelatnya berada di sebelah kiri.

14. Konflik internal Maia dan Mulan

14. Konflik internal Maia Mulan
Dok. Internet

Dengan dukungan dan bantuan Ahmad Dhani, Mulan bersolo karier dan mengganti namanya menjadi Mulan Jameela. Sangat disayangkan, hubungan keduanya mulai memburuk karena Mulan disebut-sebut menjadi orang ketiga di dalam rumah tangga Maia dan Dhani. 

Padahal mereka tak hanya menjadi rekan duet saja, melainkan bersahabat sangat dekat. 

Rumah tangga Maia dan Ahmad Dhani cukup tersorot publik. Proses perceraian pun berjalan cukup panjang dan rumit, hingga akhirnya pada 23 September 2008 Maia dan Ahmad Dhani telah resmi bercerai. 

15. Maia dan Mulan sukses dengan kehidupannya masing-masing

15. Maia Mulan sukses kehidupan masing-masing
Dok. Internet

Perceraiannya dengan Ahmad Dhani tentunya membuat hati Maia sangat hancur. Tetapi, dengan ketegarannya Maia mencoba untuk bangkit dan melanjutkan kehidupannya. Di sisi lain, tak lama menikah, Mulan pun melahirkan anak pertamanya dengan Dhani yakni Safeaa Ahmad. 

Usai 10 tahun menjanda, Maia Estianty kembali membuka hatinya dan menikah dengan pengusaha tajir bernama Irwan Mussry pada Oktober 2018. 

Sempat enggan memaafkan Mulan, kini beredar kabar bahwa keduanya telah kembali bertemu. Dalam video yang diunggah di Instagram @lambee.pedes, Maia disebut telah memaafkan rekan duetnya itu terkait konflik yang terjadi puluhan tahun yang lalu.

Itulah 15 foto jadul Maia Estianty dan Mulan Jameela yang merupakan rekan duet populer pada masanya. Sampai saat ini lagu mereka masih banyak didengar oleh penikmat musik, lho.

Apakah Mama juga mendengarkan lagu-lagu mereka?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk