Kembali WFH dan SFH, Ini 5 Cara Santai Bareng Anak

Meredakan ketegangan bekerja dan belajar di rumah dengan menyenangkan

13 September 2020

Kembali WFH SFH, Ini 5 Cara Santai Bareng Anak
Freepik

Mulai Senin besok, Jakarta kembali memberlakukan PSBB. Dengan begitu, akan banyak karyawan kembali WFH, sedangkan anak-anak masih tetap dengan SFH atau PJJ. 

Kembali karantina mandiri di rumah berarti akan ada banyak sekali kegiatan yang harus dilakukan bersama di rumah saja. 

Banyak orangtua yang merasa stres dengan hal ini sehingga berpengaruh pada cara pendampingan mereka saat anak Pembelajaran Jarak Jauh atau PJJ. 

Untuk mengurangi ketegangan, berikut Popmama.com berikan ide untuk bersantai bareng buah hati tersayang. 

1. Nonton film bareng si Kecil

1. Nonton film bareng si Kecil
Freepik

Memberikan tontonan pada si Kecil dan menonton bareng si Kecil akan memberi kesan yang berbeda. Mama dan si Kecil bisa membentuk bonding yang lebih baik dan nyaman saat menghabiskan waktu bersama, meski itu adalah nonton film bareng. 

Saat ini, sudah banyak film anak yang berkualitas di Netflix atau Disney+, tinggal pilih yang mana yang disukai si Kecil. 

Namun, menurut seorang praktisi pendidikan dan komunikasi, dr Vivid F Argarini, semua film harus sesuai dengan parental guidance. Jangan memaksakan nonton film yang tidak sesuai dengan umur si Kecil karena bisa mengganggu perkembangannya. 

Editors' Picks

2. Menghabiskan waktu dengan main bersama

2. Menghabiskan waktu main bersama
freepik.com/freepik

Jika selama ini membiarkan anak bermain sendiri di rumah, saatnya menghabiskan waktu dengan bermain bersama. Isolasi mandiri di rumah tak hanya berat bagi orang dewasa, namun juga untuk anak-anak. 

Bayangkan betapa campur aduk perasaannya saat mendapati bahwa ia tak bisa bermain dengan teman-temannya. Semua permainan pun terasa hambar. 

Untuk sedikit mengobati perasaannya, Mama bisa menyisihkan waktu dan bermain bersamanya. Tanyakan padanya apakah Mama boleh ikut bermain dengannya. 

Kemudian, tanya lagi jenis permainan apa yang ingin dimainkan bersama Mama. Ia pasti dengan senang hati akan menyambutnya. 

Satu hal yang penting, pastikan fokus hanya untuk si Kecil. Letakkan dahulu gadget dan pekerjaan yang menumpuk. Maksimalkan waktu berkualitas bersama buah hati tersayang. 

3. Membuat video atau TikTokan bareng

3. Membuat video atau TikTokan bareng
thefashionablehousewife.com

Hampir setiap anak-anak senang bermain TikTok. Tak sekadar ingin diposting, mereka lebih senang menghabiskan waktu dengan mengikuti tarian yang ada di sana. 

Salah satu cara meningkatkan kedekatan sekaligus bersantai bersama anak adalah dengan membuat video bareng atau TikTokan bareng. 

Dr Vivid pun menganggap hal ini sangat baik untuk mengurangi ketegangan setelah mendampingi anak PJJ. Tak perlu semua diposting, sekadar merekam untuk dilihat lagi nanti juga tak kalah seru. 

4. Masak menu sederhana bersama

4. Masak menu sederhana bersama
Freepik/bearfotos

Makanan selalu berhasil untuk menaklukkan siapa saja, termasuk anak-anak. Setelah selesai bekerja dan sekolah dari rumah, cobalah membuat kegiatan seru dan santai bersama anak, salah satunya masak bersama. 

Tak perlu menu yang repot dan rumit. Cukup pilih salah satu camilan favorit si Kecil dan ajak ia untuk membuatnya bersama. Seperti contoh, ajak si Kecil membuat roti bakar bersama. 

Biarkan ia mengoles mentega dan menabur topping kesukaannya. 

Setelahnya, Mama dan si Kecil bisa menikmati hasil masakan bersama. Waktu yang terhabiskan bersama anak mampu meredakan ketegangan dan meningkatkan kedekatan hubungan. 

5. Membacakan buku akan jadi penutup hari yang menyenangkan

5. Membacakan buku akan jadi penutup hari menyenangkan
huffingtonpost.com

Di akhir hari, saatnya untuk menutup hari dengan menyenangkan yaitu membacakan buku atau mendongeng. Jika ada buku yang sedang jadi favoritnya, ajak ia untuk membaca bersama. 

Ingin yang lebih seru? Ajak si Kecil membentuk cerita dengan karakter-karakter pilihannya. 

Jalan cerita bisa disesuaikan dengan keinginan si anak atau keinginan Mama. Terutama jika Mama ingin "menasihati" anak tentang sikapnya yang kurang berkenan. 

Menurut dr Vivid, story telling adalah salah satu cara paling ampuh untuk menyampaikan sesuatu. Dengan menggunakan cerita dan hadirnya tokoh, semua materi bisa lebih mudah tertanam di pikiran anak.

Yang tak kalah penting adalah, sesi ini bisa meningkatkan kedekatan Mama dan si Kecil dan meredakan ketegangan setelah mendampinginya belajar di rumah. 

Itulah beberapa cara bersantai bersama anak yang bisa dicoba. Pilih melakukan yang mana?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.