Biar Makin Lengket, Ini 5 Hal yang Perlu Dimiliki Semua Pasangan

Kamu dan pasangan sudah melakukan ini belum?

27 Februari 2019

Biar Makin Lengket, Ini 5 Hal Perlu Dimiliki Semua Pasangan
Freepik

Ini dia cara agar relationship kamu dan pasangan bisa semakin kuat.

Jika tahun ini bukanlah usia tahun pertama pernikahan kamu dan suami, maka ini adalah waktu yang tepat untuk lebih fokus. 

Lebih fokus berpikir tentang kebiasaan baru yang sehat, perbaikan diri dan kemajuan secara profesional. Pertimbangkan untuk menyalurkan energi positif dan menghabiskan lebih banyak waktu bersama.

Dengan cara seperti ini, itu sama saja kamu bersedia untuk menjadi lebih komunikatif. 

Supaya usaha ini lebih efektif, jangan hanya kamu saja yang memperbaiki kualitas hubungan ini. Libatkan pasangan kamu juga ya.

1. Lebih banyak bertanya

1. Lebih banyak bertanya
Freepik/pressfoto

Lebih banyak memberikan pertanyaan dan perhatikan jawabannya. Dengan cara ini kamu bisa lebih mengenal pasangan kamu. 

“Sangat mudah untuk mencapai akhir hari dan berkata satu sama lain, 'Saya tidak tahu, hari saya baik-baik saja. Saya lelah,'” jelas ahli terapi dan hubungan Esther Boykin.

"Tapi tunjukkan kamu ingin tahu tentang pasangan kamu dan kamu  menjadi sedikit lebih reflektif, ini membuka pintu untuk menjadi lebih terhubung."

2. Ubahlah keluhan menjadi pertanyaan dan pernyataan

2. Ubahlah keluhan menjadi pertanyaan pernyataan
Freepik

Sebelum kamu mengatakan apa yang ada di pikiran kamu, "kamu bekerja terus, saya tidak pernah melihat kamu!" - pikirkan tentang niat kamu. Apa yang sebenarnya kamu inginkan? Apa yang kamu coba nyatakan? Dalam hal ini, katakan kamu ingin menghabiskan lebih banyak waktu dengan si Papa. Kemudian katakan 'I miss you. Bagaimana kita bisa menghabiskan lebih banyak waktu bersama? Bagaimana perasaan kamu setelah bekerja selama berjam-jam ini?' ” Ia tidak dapat segera menyelesaikan masalah kerja lembur, tetapi menanyakan lebih banyak tentang situasinya, dan membagikan perasaan kamu maka ini akan jadi jauh lebih baik.

Editors' Picks

3. Sedikit kurangi bicara dan berikan banyak sentuhan

3. Sedikit kurangi bicara berikan banyak sentuhan
Freepik

Suara yang berlawanan dengan intuisi? Masalahnya, bagi pasangan yang memiliki kesulitan untuk mengkomunikasikan emosi mereka, pelukan bisa jadi jauh lebih bermanfaat.

"Menyentuh satu sama lain lebih banyak dengan cara-cara yang hanya berhubungan, bukan tentang memulai seks," kata Boykin. 

4. Bergantian memikirkan untuk pergi kencan di malam hari

4. Bergantian memikirkan pergi kencan malam hari
Unsplash/Harli Marten

Jadi ketika tiba waktunya untuk memutuskan apa yang harus dilakukan, kencan malam berdua pada Sabtu malam maka pergilah hanya berdua saja tanpa ada teman atau saudara lainnya.

Bergiliran merencanakan tanggal dan tempat yang dituju. Boykin juga menjelaskan akan lebih menyenangkan jika kita merencanakan sesuatu bersama pasangan dibanding hanya sendiri.

5. Kencan malam yang berkualitas

5. Kencan malam berkualitas
Freepik/v.ivash

Restoran, bar atau bioskop. Lokasinya tidak penting, tentu kamu dan pasangan memiliki alasan tersendiri mengapa pergi ke tempat itu.

Mungkin sesekali perlu juga pergi ke tempat yang bisa mengingat kembali ketika kamu dan pasangan pertama kali saling mengenal satu sama lain, itu penting. 

"Rasanya lebih romantis untuk bertemu," kata Joanna Goddard, pencipta Cup of Jo. 

Jika kamu memikirkan si Kecil, titipkan dulu ke pengasuhnya atau ke rumah orangtuamu agar kencan kali ini bisa berjalan dengan baik. 

Saat pergi bersama, jaga mood masing-masing. Jangan isi percakapan dengan sibuk mengkritik pasangan kamu. Ceritakan hal menyenangkan yang bisa membawa mood positif. Kamu juga bisa mengingat hal lucu dan menyenangkan yang pernah kalian lalui bersama.

Buatlah waktu ini menjadi momen yang berharga dan berkualitas. Pastinya kamu akan selalu menunggu momen kencan malam seperti ini jika semua berjapan sesuai harapan.

Itulah 5 hal yang perlu dimiliki pasangan. Bagi kamu yang sudah menikah tapi masih tinggal bersama mertua atau pasangan yang sudah memiliki beberapa anak, tetaplah melakukan hal di atas demi kebahagiaan kamu dan pasangan. Jangan lupa Ma, kencan berdua saja itu penting lho!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!