Tren Papa Milenial: Rela 'Menyusui' Bayi yang Sedang Jauh dari Mamanya

Sudah pernah dengar yang ini belum Ma?

13 Agustus 2018

Tren Papa Milenial Rela 'Menyusui' Bayi Sedang Jauh dari Mamanya
breastfeeding.support

Dry nursing atau istilah yang familiar adalah 'mentil' atau 'pura-pura nenen' adalah tren baru yang dilakukan oleh papa kepada bayi yang sedang jauh dari Mamanya.

Kegiatan ini memang kedengaran aneh ya Ma! Tapi ini baik untuk membangun bonding antara papa dan bayi. Terutama karena si Papa melakukannya demi menenangkan bayi sekaligus untuk membantu Mama kapan pun saat sedang tidak bersama bayinya.

Dengan kata lain, si Papa rela berpura-pura menyusui sebagai trik untuk menenangkan bayi yang baru lahir. Tidak lazim, tapi ini patut dicoba.

Editors' Picks

Meski terdengan kurang wajar tapi untuk beberapa keluarga berhasil dalam melakukan cara ini

Meski terdengan kurang wajar tapi beberapa keluarga berhasil dalam melakukan cara ini
breastfeeding.support

Pura-pura menyusui adalah fenomena baru yang membuat bayi menempel pada puting papa mereka, maksudnya adalah agar bayi merasa sibuk sampai mamanya datang. Banyak Papa yang membuka tentang pengalaman mereka di Reddit.

Seperti yang kita semua ketahui, menyusui dapat menjadi ikatan khusus mereka antara Mama dan bayinya. Seorang papa tentu saja lebih memilih memberi susu botol tetapi beberapa orang akan menunjukkan bahwa pemberian susu botol tidak sama dengan menyusui.

Banyak orang akan berpendapat bahwa seorang papa pada umumnya tidak bisa menyamai sifat keibuan seorang Mama. Mama memang tidak bisa dilawan, pasti tetap yang paling dicari oleh bayinya.

Meski begitu, ada juga papa yang mengupayakan dry nursing untuk bayinya.

Mencoba dry nursing dan berbagi pengalaman secara online

Mencoba dry nursing berbagi pengalaman secara online
Freepik/katemangostar

Dry nursing menjadi sangat umum sehingga banyak papa yang menceritakan tentang pengalamannya dengan terbuka. Pikiran dan perasaan mereka disampaikan secara online tentang hal itu.

Seorang papa mengungkapkan ceritanya melalui Reddit, “Kadang-kadang ketika bayi saya menangis di malam hari dan giliranku untuk menenangkannya, dalam keputusasaan saya akan mencoba untuk membuatnya menyusu di puting saya.”

Sang Papa mengatakan bahwa sementara dia menikmati berpura-pura menyusui, dia mengakui bahwa itu adalah cara yang tidak konvensional untuk berhubungan dengan putrinya.

Dia kemudian melanjutkan dengan berkata, "Biasanya bayi tidak menginginkan puting yang terlalu berbulu, Tapi kadang-kadang dia menempel, dan saya menemukan diri saya mengalami perasaan campur aduk, membingungkan, sukacita di hubungan antara papa dan anak, dan mengerikan juga ya dengan apa yang saya lakukan. Apakah papa lain juga melakukan ini? Ada tips untuk membuatnya menempel jika dia tidak menginginkan empeng atau dot?”

Akhirnya tren pura-pura menyusui atau dry nursing ini menjadi obrolan dan dianggap hal yang biasa terjadi.

Baca juga: Viral, Foto Seorang Papa Menyusui Bayinya yang Baru Lahir

Cara baru untuk mendapatkan bonding antara papa dan putrinya

Cara baru mendapatkan bonding antara papa putrinya
launiondigital.com.ar

Siapa yang melarang seorang papa melakukan dry nursing? Tidak ada.

Sepanjang papa melakukannya dengan cara yang baik, tetap menjaga kebersihan, dan berusaha memberikan kelembutan yang sama seperti yang seorang mama lakukan, rasanya ini bisa membuat bayi merasa nyaman.

Bayi sangat peka sehingga dia bisa merasakan saat kamu menggendongnya dengan rasa gelisah, maka ia akan ikut gelisah. Tapi ketika kamu mendekapnya penuh keyakinan dan ketenangan, maka bayi juga akan merasa tenang dan nyaman. 

Dekapan seperti ini dibutuhkan ketika seorang papa mencoba memberikan dry nursing kepada bayinya. Setidaknya papa bisa mencoba sampai si Mama tiba di rumah.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.