Eksklusif: Sentuhan Fisik, Cara Cisca Becker Memberikan Bahasa Cinta pada Anak 

Cisca Becker selalu memberikan peluk dan cium mulai dari ketiga anaknya bangun tidur hingga kembali tertidur di malam hari

10 November 2020

Eksklusif Sentuhan Fisik, Cara Cisca Becker Memberikan Bahasa Cinta Anak 
Popmama.com/Michael Andrew

Sentuhan sayang yang penuh cinta dari orangtua kepada anak-anaknya bisa menciptakan momen berharga untuk mereka nanti di masa mendatang. Perlu dipahami bahwa kurangnya sentuhan kasih sayang tanpa disadari mampu menimbulkan masalah pada perkembangan anak. 

Bukan hanya sekadar memperkuat hubungan emosional antara orangtua dan anak saja, namun sentuhan fisik mampu memberikan manfaat positif di dalam keluarga. Sentuhan fisik ini bisa berupa pelukan, ciuman atau mungkin sebatas membelai rambut anak-anak.  

Walau masih banyak kesibukan terkait pekerjaan yang harus dijalani selama pandemi Covid-19, Cisca Becker selalu berbagi peran untuk tetap mengurus ketiga anaknya. Kehadiran Cisca pun turut memberikan momen tersendiri di keluarga, apalagi mama tiga orang anak ini memberikan bahasa cinta melalui sentuhan fisik. 

Menurut Cisca, sentuhan fisik yang diberikan untuk Lilou, Filippa dan Noomi bisa membuat anak-anaknya semakin merasakan dicintai serta berharga. 

Jika Mama ingin mengetahui pembahasan menarik terkait bahasa cinta yang diciptakan oleh Cisca untuk ketiga putrinya, kali ini Popmama.com telah merangkum secara detail. 

Simak hasil wawancara eksklusif bersama Cisca Becker disela-sela virtual photoshoot sebagai Millennial Family of the Month November 2020 yuk, Ma!

Editors' Picks

1. Bahasa cinta melalui sentuhan fisik menjadi sesuatu yang ditanamkan oleh Cisca Becker ke anak-anaknya

1. Bahasa cinta melalui sentuhan fisik menjadi sesuatu ditanamkan oleh Cisca Becker ke anak-anaknya
Popmama.com/Michael Andrew

Bahasa cinta bisa menjadi salah satu akar pembentukan karakter anak, bahkan ini perlu konsisten diciptakan oleh orangtua sejak sedini mungkin. 

Dari pembentukan karakter yang diterapkan melalui bahasa cinta antara orangtua kepada anak, secara tidak langsung akan melatih anak-anak untuk belajar banyak hal. 

Melalui buku berjudul The 5 Love Languages of Children yang ditulis oleh Gary Chapman, ada lima bahasa cinta yang bisa diberikan orangtua kepada anak-anak mereka. 

Perlu Mama ketahui bahwa bahasa cinta yang diberikan kepada anak-anak bisa berupa sentuhan fisik (pelukan, ciuman atau sentuhan lembut), pemberian hadiah, kata-kata pujian, memiliki waktu berkualitas bersama hingga ingin selalu dimanja atau dilayani dengan penuh kesabaran. 

Dari kelima bahasa cinta tersebut, setiap orangtua memiliki cara masing-masing yang disampaikan kepada anaknya.

Terkait dengan bahasa cinta, Cisca Becker pun memiliki caranya sendiri melalui sentuhan fisik untuk ketiga putrinya. 

"Kebetulan kalau saya pribadi, bahasa cinta saya itu sentuhan fisik. Pada dasarnya saya senang dipeluk, jadi senang juga memeluk anak-anak dengan penuh cinta kasih," ucap Cisca. 

Menurut Cisca, sentuhan fisik melalui pelukan dan ciuman menjadi bentuk kasih sayang yang telah diberikan ke anak-anaknya sejak kecil. Tidak hanya mencintai, namun Cisca menerapkan sentuhan fisik sebagai bahasa cinta untuk menghargai Lilou, Filippa dan Noomi. 

"Ini juga menjadi pengingat anak-anak, bahwa mereka merupakan manusia-manusia yang penting sekali di hidup saya," jelas Cisca. 

2. Cisca Becker ingin anak-anaknya memiliki self-worth melalui hadirnya kebiasaan peluk dan cium

2. Cisca Becker ingin anak-anak memiliki self-worth melalui hadir kebiasaan peluk cium
Popmama.com/Michael Andrew

Cisca Becker termasuk sosok mama yang konsisten menghadirkan bahasa cinta melalui sentuhan fisik kepada anak-anak di setiap harinya. Cisca mengatakan bahwa saat bangun tidur pun, ketiga anaknya akan disambut dengan sebuah pelukan hangat. 

"Saya biasanya mengatakan selamat pagi ke anak-anak sambil memberikan cium dan pelukan. Bahasa cinta ini diberikan untuk mengingatkan anak-anak kalau saya sangat sayang dan membuat membuat mereka menjadi pribadi yang berharga," kata Cisca. 

Ketika diwawancarai oleh Popmama.com secara eksklusif, bahasa cinta melalui sentuhan fisik bisa membantu anak-anak memiliki self-worth. Dengan kasih sayang yang berlimpah dari kedua orangnya tentu akan membantu anak-anak merasa punya hubungan yang baik karena terus dicintai. 

"Peluk dan cium menjadi sesuatu yang sering terjadi di rumah. Kebiasaan positif tersebut menjadi momen yang benar-benar berkualitas," ujarnya. 

Peluk dan cium sudah menjadi sesuatu yang tidak lagi asing dilakukan di keluarga Cisca, bahkan mulai dari bangun tidur hingga kembali pamit untuk istirahat ketika malam sudah tiba. 

3. Sentuhan fisik yang konsisten diberikan orangtua kepada anak-anaknya membantu mereka lebih cerdas

3. Sentuhan fisik konsisten diberikan orangtua kepada anak-anak membantu mereka lebih cerdas
Popmama.com/Michael Andrew

Bahasa cinta melalui sebuah sentuhan fisik dilakukan oleh Cisca Becker kepada anak-anaknya setiap kali memiliki kesempatan. 

Perlu diingat kembali bahwa orangtua bisa menerapkan kelima bahasa cinta yang ada sesuai dengan kebutuhan anak. Maka dari itu, orangtua perlu memahami karakter anak dan bentuk cinta yang dibutuhkan olehnya sesuai dengan perkembangan usia. 

"Setiap orang memang memiliki bahasa cinta yang berbeda-beda, tetapi buat saya pribadi sentuhan fisik itu bukan hanya menjadi momen bonding antara anak dengan orangtua saja," kata Cisca. 

Menurut mama tiga anak ini, sentuhan fisik juga ada stimulasi indra perasa yang membuat anak-anak sensitivitasnya bertambah dan memengaruhi pertumbuhan sel-sel otak mereka. 

"Ini tanpa disadari bisa membuat anak menjadi lebih pintar dan tanggap untuk menghadapi lingkungan yang ada di sekitarnya," tutupnya. 

Nah, itulah cerita menarik dari Cisca Becker terkait bahasa cinta yang diterapkan kepada kedua anaknya. 

Semoga dari pengalaman menarik yang diceritakan oleh Cisca Becker dalam menjaga kualitas hubungan bersama anak-anak bisa menginspirasi ya, Ma!

#MillennialMama of the Month Edisi November 2020 – Cisca Becker

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Lifestyle Editor - Onic Metheany  
Reporter – FX Dimas Prasetyo, Putri Syifa Nurfadilah
Social Media - Gaby Elradha
Art Designer – Aristika Medinasari
Photographer - Michael Andrew

Baca juga: 

#MillennialMama of the Month

Cisca Becker
Millennial Mama

Cisca Becker

"Saya ingin anak-anak bisa mengerti nilai mereka sebagai perempuan"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.