Bukan Perkara Keturunan, Rey Mbayang Ungkap 3 Makna Sebuah Pernikahan 

Menurut Rey Mbayang, menikah termasuk menyempurnakan iman 

30 Maret 2021

Bukan Perkara Keturunan, Rey Mbayang Ungkap 3 Makna Sebuah Pernikahan 
Instagram.com/rey_mbayang

Pasangan Rey Mbayang dan Dinda Hauw yang telah resmi menikah pada 10 Juli 2020 ini sedang menantikan kelahiran anak pertama. Pernikahan mereka berdua pun terlihat harmonis dengan berbagai cerita di dalamnya. 

Ketika sedang menantikan kehadiran anak pertama, Rey sempat mengunggah sebuah tulisan di Instagram pribadinya terkait pernikahan. Walau sebelum satu tahun membangun bahtera rumah tangga, namun Rey memiliki pandangan tersendiri terkait makna sekaligus beragam pembelajaran yang bisa diambil ketika sudah menikah. 

Jika Mama ingin mengetahui beberapa makna terkait sebuah pernikahan menurut Rey Mbayang, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Disimak yuk, Ma!

Editors' Picks

1. Menikah itu termasuk menyempurnakan iman 

1. Menikah itu termasuk menyempurnakan iman 
Instagram.com/rey_mbayang

Menikah adalah menyempurnakan iman dan yang paling penting itu adalah ibadah atau perintah Allah dan Rasul kita. 

Sebagai seorang suami yang sudah menjalani sebuah pernikahan selama hampir satu tahun, Rey menuliskan pemahamannya terkait sebuah pernikahan di Instagram. Sesuai dengan ajaran agama Islam, Rey mengatakan bahwa menikah termasuk ibadah dan mampu menyempurnakan iman manusia. 

"Karena dengan menikah, salah satunya kita bisa mendapatkan keturunan yang insya Allah akan banyak membawa kebaikan," tulis Rey dalam unggahannya. 

2. Menikah bukan perkara keturunan saja 

2. Menikah bukan perkara keturunan saja 
Instagram.com/rey_mbayang

Walau setiap pasangan suami istri mendambakan kehadiran anak sebagai penerus keluarganya, namun perlu diingat bahwa menikah bukan perkara keturunan saja. Pernyataan tersebut sempat dituliskan oleh suami dari Dinda Hauw ini di media sosial. 

"Tapi, menikah bukan hanya perkara 'reproduksi atau keturunan', karena tidak sedikit juga pasangan di luar sana yang bertahun-tahun belum dikaruniai keturunan dari Allah, bahkan sampai ada yang meninggal dalam keadaan yang sama tetapi mereka tetap memilih untuk terus bersama," jelas Rey. 

Melalui Instagram pribadinya, Rey seolah ingin membuka pikiran banyak orang terkait arti sebuah pernikahan. 

Kenapa begitu?
Mari kita open minded:

Perkara soal menikah bukan hanya tentang sebuah keturunan, tetapi dari menikah kita banyak belajar tentang hidup bersama.

Segala puji dengan kebesaran Allah “menyatukan dua orang asing tanpa ikatan darah dan menjadikannya mereka sedekat nadi” dalam ikatan halal, untuk saling membangun rasa “menyesuaikan, mengalah, mengerti, mengajari, mengasihi, berkorban” dan lain-lain.

Termasuk kita jadi belajar mengetahui sekaligus “merasakan” semua fase yang orangtua kita sudah lalui sampai akhirnya adanya “kita”. Dan masih banyak lagi anugerah dari sebuah pernikahan.

Statusnya yang sudah menjadi seorang suami pun mengajarkan Rey banyak hal, terutama tentang kehidupan dan sebuah hubungan rumah tangga. 

3. Setiap pernikahan pasti ada ujian

3. Setiap pernikahan pasti ada ujian
Instagram.com/dindahw

Selain membahas bahwa pernikahan bukan hanya soal menyempurnakan iman dan belajar semua fase menjadi orangtua saja, namun Rey juga mengingatkan bahwa setiap pernikahan pasti ada saja ujiannya. 

Itu semua bukan berarti dalam pernikahan tidak ada ujian.
Justru karena ini adalah ibadah terpanjang, ada banyak setan yang akan menguji dan hadir dalam bentuk macam macam masalah.

Semua bukan karena apa, semata hanya untuk menguji iman sekaligus niat menikah kita dan sejauh apa tingkat “pengertian, penyesuaian, pengorbanan dan apapun yang kita bangun. 

Rey pun mengingatkan bahwa makna pernikahan itu sangat luas, sehingga berharap tidak ada orang yang seolah mempersempit makna tersebut. 

"Pernikahan itu luas banget pemahamannya, jadi jangan di persempit ya Untuk yang belum di pertemukan dengan jodohnya, semoga Allah pertemukan di waktu terbaik menurutnya. Semangat! Kita sama-sama belajar ya," ucap Rey. 

Nah, itulah beberapa rangkuman terkait pandangan Rey Mbayang terkait makna sebuah pernikahan

Semoga bisa ada kalimat yang bisa menjadi pengingat serta pembelajaran dalam membangun bahtera rumah tangga ya, Ma. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.