Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

15 Ayat Alkitab Menyentuh tentang Berbagi kepada Sesama

Jangan lupa berbagi kepada sesama, ya!

2 Desember 2022

15 Ayat Alkitab Menyentuh tentang Berbagi kepada Sesama
Pexels/fauxels

Berbagi menjadi salah satu kegiatan baik dan mulia yang dapat dilakukan dengan mudah. Bahkan kegiatan baik ini sangat berkenan bagi Tuhan.

Dalam melakukannya, berbagi tidak hanya terbatas pada materi, tetapi juga bisa melalui makanan, atau pakaian. Dengan melakukan kegiatan ini, maka rasa persaudaraan di antara sesama juga semakin erat..

Di dalam Alkitab, terdapat beberapa ayat yang membahas tentang berbagi kepada sesama. Nah, menurut Alkitab, kegiatan berbagi hendaknya tidak perlu diketahui oleh orang lain, dan dilakukan dengan rasa senang hati.

Firman Tuhan dalam Alkitab juga menuliskan bahwa orang yang sering melakukan tindakan berbagi tidak akan pernah merasa kekurangan, sebab Tuhan selalu memberikan balasan berupa berkat yang melimpah. Jadi, Mama jangan lupa untuk berbagi kepada sesama, ya.

Yuk disimak, kali ini Popmama.com telah merangkum 15 ayat Alkitab tentang berbagi kepada sesama yang bisa jadi inspirasi!

1. Ayat Alkitab tentang berbagi dengan rahasia

1. Ayat Alkitab tentang berbagi rahasia
Pexels/RODNAE Production

Sebagai umat percaya akan kuasa Tuhan, sudah seharusnya saling tolong menolong satu sama lain dengan cara berbagi.

Namun alangkah lebih baik ketika berbagi, tidak ada orang lain yang mengetahui, ya. Jangan menjadi orang fasik yang ingin dipuji karena sudah berbagi.

Sebab, Tuhan telah mengkehendaki bahwa apa yang diberikan oleh tangan kanan tidak boleh diketahui oleh tangan kiri. Berikut ini ayat Alkitab tentang berbagi dengan rahasia, antara lain:

Matius 6:1-2

Ingatlah, jangan kamu melakukan kewajiban agamamu di hadapan orang supaya dilihat mereka, karena jika demikian, kamu tidak beroleh upah dari Bapamu yang di sorga. Jadi apabila engkau memberi sedekah, janganlah engkau mencanangkan hal itu, seperti yang dilakukan orang munafik di rumah-rumah ibadat dan di lorong-lorong, supaya mereka dipuji orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.

Matius 6:3-4

Tetapi jika engkau memberi sedekah, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu.Hendaklah sedekahmu itu diberikan dengan tersembunyi, maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.

2. Ayat Alkitab tentang berbagi dengan senang hati

2. Ayat Alkitab tentang berbagi senang hati
Pexels/PNW Production

Selain berbagi dengan rahasia, hal berikutnya yang perlu dilakukan ialah berbagi dengan senang hati. Sebab, Tuhan sangat menyukai pemberian yang dilakukan dengan rasa senang hati, Ma.

Berikut ayat Alkitab yang membahas tentang berbagi dengan senang hati, antara lain:

Ulangan 15:7-8

Jika sekiranya ada di antaramu seorang miskin, salah seorang saudaramu di dalam salah satu tempatmu, di negeri yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, maka janganlah engkau menegarkan hati ataupun menggenggam tangan terhadap saudaramu yang miskin itu,tetapi engkau harus membuka tangan lebar-lebar baginya dan memberi pinjaman kepadanya dengan limpahnya, cukup untuk keperluannya, seberapa ia perlukan.

Ulangan 15:10-11

Engkau harus memberi kepadanya dengan limpahnya dan janganlah hatimu berdukacita, apabila engkau memberi kepadanya, sebab oleh karena hal itulah TUHAN, Allahmu, akan memberkati engkau dalam segala pekerjaanmu dan dalam segala usahamu.Sebab orang-orang miskin tidak hentinya akan ada di dalam negeri itu; itulah sebabnya aku memberi perintah kepadamu, demikian: Haruslah engkau membuka tangan lebar-lebar bagi saudaramu, yang tertindas dan yang miskin di negerimu.

2 Korintus 9:6-7

Camkanlah ini: Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga.Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita.

3. Ayat Alkitab tentang orang baik yang diberkati karena berbagi

3. Ayat Alkitab tentang orang baik diberkati karena berbagi
Pexels/ ANTONI SHKRABA

Berbagi merupakan salah satu tindakan yang dikehendaki oleh Tuhan untuk dilakukan. Maka tak heran, orang yang baik hati karena berbagi akan diberkati oleh Tuhan.

Berikut ayat Alkitab yang membahas tentang orang baik yang diberkati karena berbagi, antara lain:

Amsal 22:9

Orang yang baik hati akan diberkati, karena ia membagi rezekinya dengan si miskin. 

Editors' Picks

4. Ayat Alkitab tentang balasan yang didapat dari berbagi

4. Ayat Alkitab tentang balasan didapat dari berbagi
Pexels/Porapak Apichodilok

Jangan pernah berhenti untuk berbagi ya, Ma. Sebab dari berbagi, kita sebagai manusia akan mendapat balasan berupa kebaikan di masa mendatang. Hal ini sudah dikehendaki oleh Tuhan dan tertulis dalam firman-Nya pada Alkitab.

Berikut ayat Alkitab yang membahas tentang balasan dari berbagi, antara lain:

Lukas 6:38

Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu.

Galatia 6:9-10

Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah. Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman.

Amsal 11:24-25

Ada yang menyebar harta, tetapi bertambah kaya, ada yang menghemat secara luar biasa, namun selalu berkekurangan.Siapa banyak memberi berkat, diberi kelimpahan, siapa memberi minum, ia sendiri akan diberi minum.

Lukas 12:33

Juallah segala milikmu dan berikanlah sedekah! Buatlah bagimu pundi-pundi yang tidak dapat menjadi tua, suatu harta di sorga yang tidak akan habis, yang tidak dapat didekati pencuri dan yang tidak dirusakkan ngengat.

5. Ayat Alkitab tentang berbagi tidak akan kekurangan apapun

5. Ayat Alkitab tentang berbagi tidak akan kekurangan apapun
Unsplash/ Sharon McCutcheon

Berbagi dengan memberi kepada sesama ternyata tidak akan membuat kita menjadi kekurangan, lho. Hal ini tercatat dalam firman Tuhan.

Berikut ayat Alkitab yang mencatat tentang berbagi tidak akan membuat kita merasa kekurangan.

Amsal 28:27

Siapa memberi kepada orang miskin tak akan berkekurangan, tetapi orang yang menutup matanya akan sangat dikutuki.

6. Ayat Alkitab tentang larangan meminta kepada orang yang kita beri

6. Ayat Alkitab tentang larangan meminta kepada orang kita beri
Pexels/Pixabay

Saat berbagi, Mama jangan sampai meminta kembali padanya, ya. Sebab, Tuhan melarang dan tidak menyukai hal tersebut.

Meminta kembali kepada orang yang kita beri sama saja seperti sifat orang munafik. Jadi sebaiknya jangan lakukan hal tersebut. Berikut ayat Alkitab tentang larangan meminta kepada orang yang kita beri:

Lukas 6:30

Berilah kepada setiap orang yang meminta kepadamu; dan janganlah meminta kembali kepada orang yang mengambil kepunyaanmu.

7. Ayat Alkitab tentang lebih bahagia memberi daripada menerima

7. Ayat Alkitab tentang lebih bahagia memberi daripada menerima
Pexels/Nicole Michalou

Konsep berbagi selalu ditekankan di dalam ayat-ayat Alkitab. Bahkan menurut firman-Nya, Mama akan lebih merasa bahagia ketika memberi daripada menerima bantuan dari orang lain.

Berikut ayat Alkitab yang membahas tentang lebih bahagia memberi daripada menerima:

Kisah Para Rasul 20:35

Dalam segala sesuatu telah kuberikan contoh kepada kamu, bahwa dengan bekerja demikian kita harus membantu orang-orang yang lemah dan harus mengingat perkataan Tuhan Yesus, sebab Ia sendiri telah mengatakan: Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima.”

8. Ayat Alkitab tentang jangan lupa untuk berbagi

8. Ayat Alkitab tentang jangan lupa berbagi
Pexels/ ANTONI SHKRABA

Berbagi menjadi hal yang sederhana dan sangat berdampak positif. Untuk itu, Tuhan tidak pernah lupa mengingatkan Mama untuk selalu berbuat baik dan berbagi kepada sesama.

Berikut ayat Alkitab tentang jangan lupa untuk berbagi, antara lain:

Ibrani 13:16

Dan janganlah kamu lupa berbuat baik dan memberi bantuan, sebab korban-korban yang demikianlah yang berkenan kepada Allah.

Amsal 3:27

Janganlah menahan kebaikan dari pada orang-orang yang berhak menerimanya, padahal engkau mampu melakukannya.

Ma, itulah 15 ayat Alkitab yang membahas tentang berbagi. Adanya ayat Alkitab ini hendaknya menjadi pedoman dan mengingatkan kita sebagai manusia untuk selalu berbagi kepada sesama. Jadi, jangan lupa untuk selalu berbagi, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk